Cara Beli Tiket Kereta Api Online dengan Mudah

Apakah kamu ingin membeli tiket kereta api secara online, namun tidak tahu caranya? Apabila kamu penasaran, silahkan simak cara beli tiket kereta api online berikut ini sampai selesai.

Sekarang pembelian tiket kereta api bisa kamu lakukan secara online lho, jadi kamu sudah tidak perlu lagi datang ke stasiun untuk membelinya.

Kamu cukup membeli dirumah melalui HP atau perangkat komputer yang kamu miliki. Proses pembeliannya juga cukup mudah, semua orang bisa melakukannya kok.

cara beli tiket kereta api online 2

Nah jika kamu belum tahu caranya, kali ini Metodegames akan memberikan kalian tutorial lengkap bagaimana cara beli tiket kereta api online secara cepat mudah tanpa harus datang ke stasiun.

Cara Beli Tiket Kereta Api Online

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membeli tiket kereta api secara online, kamu bis melakukannya lewat apliikasi maupun situs website penyedia tiket.

Nah daripada bikin bingung, berikut cara-cara yang bisa kamu coba untuk membeli tiket secara online.

1. Beli Tiket Melalui Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membeli tiket kereta api secara online adalah melalui aplikasi KAI Access. Kamu bisa mengduhnya secara gratis di Play Store maupun App Store.

Nah berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membeli tiket kereta api adalah mengunduh dan menginstal aplikasi KAI Access. Aplikasi ini tersedia di platform Android dan iOS.
  2. Setelah aplikasi terinstal, buatlah akun KAI Access jika belum memiliki. Jika sudah memiliki akun, cukup masuk dengan menggunakan informasi login yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Setelah masuk ke dalam aplikasi, pilih stasiun asal dan stasiun tujuan, serta tentukan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Tekan tombol “cari”, dan aplikasi akan menampilkan daftar kereta beserta jadwal keberangkatan yang tersedia.
  4. Pilih kereta yang sesuai dengan preferensi perjalanan kamu. Setelah memilih kereta, kamu dapat memilih tempat duduk dengan mengklik “Pilih Kursi” dan menyimpan pilihan kamu.
  5. Isilah data diri kamu, termasuk data pemesan dan data penumpang. Pastikan informasi yang diisi akurat dan sesuai dengan identitas kamu.
  6. Selanjutnya, lakukan pengecekan ulang atas informasi yang telah diisi, terutama nama-nama penumpang. Jika sudah benar, lanjutkan ke proses pembayaran dengan menekan tombol “Bayar Sekarang”. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  7. Setelah pembayaran berhasil, kamu akan diberikan kode booking (pemesanan). Kode ini nantinya akan digunakan untuk menukarkan tiket di stasiun keberangkatan.
  8. Jika kamu tidak ingin mencetak tiket fisik di stasiun, kamu dapat memilih opsi cetak e-boarding pass melalui aplikasi. Ini memungkinkan kamu untuk memiliki tiket digital yang dapat ditunjukkan saat melakukan perjalanan.
Baca Juga:  Cara Menyimpan Video TikTok Tanpa Watermark

2. Beli Tiket Melalui Situs Resmi KAI

Selain melalui apliikasi KAI Access, calon penumpang juga bisa melakukan pembelian tiket melalui situs website resmi KAI. Nah berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  1. Langkah pertama adalah membuka situs resmi pemesanan tiket KAI. Pastikan kamu mengakses situs yang terpercaya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama proses pembelian.
  2. Setelah masuk ke situs, masukkan informasi perjalanan seperti stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang. Tekan tombol “Cari & Pesan Tiket” untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Pada halaman selanjutnya, situs akan menampilkan daftar kereta dengan berbagai jadwal keberangkatan. Pilih kereta yang sesuai dengan preferensi perjalanan kamu, dan klik tombol “Pesan”.
  4. Setelah memilih kereta, kamu dapat memilih kursi yang diinginkan. Selanjutnya, tentukan metode pembayaran yang akan kamu gunakan untuk melunasi pembelian tiket.
  5. Klik tombol untuk melanjutkan ke proses pembayaran sesuai dengan metode yang kamu pilih. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan pembayaran dengan lancar.
  6. Setelah berhasil melakukan pembayaran, tiket kereta api kamu akan segera muncul dan siap digunakan. Pastikan untuk menyimpan atau mencatat informasi tiket yang diberikan, seperti kode booking, sebagai bukti pembelian.

Cara Beli Tiket Kereta Api Offline

Nah sebagai bonus dalam pembahasan ini, kali ini kami akan memberikan juga tutorial bagaimana cara membeli tiket kereta api secara offline.

cara beli tiket kereta api online 3

Cara ini bisa kamu coba apabila tidak ingin melakukan pembelian tiket secara online. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Langkah pertama adalah mencari stasiun kereta api terdekat yang melayani penjualan tiket. Pastikan untuk memilih stasiun yang memiliki layanan penjualan tiket agar proses pembelian berjalan lancar.
  2. Setelah menemukan stasiun yang cocok, datangilah petugas loket. Sampaikan stasiun keberangkatan, tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang kepada petugas. Mereka akan membantu Anda dalam proses pembelian tiket.
  3. Petugas loket akan memberikan informasi tentang harga tiket dan jadwal keberangkatan yang masih tersedia. Anda dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan rencana perjalanan Anda.
  4. Untuk mempersingkat waktu dan menghindari antrian panjang, sebaiknya siapkan jadwal keberangkatan sebelum datang ke stasiun. Hal ini memudahkan Anda dalam memilih opsi tiket yang diinginkan.
  5. Setelah memilih jadwal keberangkatan, lanjutkan ke proses pembayaran. Pastikan untuk membayar dengan uang pas agar transaksi berlangsung lebih cepat.
  6. Setelah pembayaran selesai, pastikan untuk menerima bukti pembayaran atau kode booking dari petugas loket.
Baca Juga:  Cara Membuat Nada Dering WA Suara Google Tanpa Aplikasi

Itulah penjelasan mengenai bagaimana cara beli tiket kereta api online. Kamu bisa mencoba beberapa cara diatas untuk melakukan pembelian tiket kereta api. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih.