Cara Cek BPJS Kesehatan di HP

Buat yang belum tahu, ternyata BPJS bisa kalian cek lewat HP. Daripada penasaran berikut adalah pembahasan mengenai cara cek BPJS kesehatan di HP dengan sangat mudah dan cepat. Berikut adalah penjelasannya.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan adalah sebuah lembaga yang berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan untuk semua masyarakat yang kurang mampu maupun tidak mampu.

Tujuan dibuat lembaga ini adalah untuk menjamin pesertanya memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar khususnya kesehatan.

Untuk selalu memberikan kemudahan bagi masyarakat, BPJS terus mengembangkan diri dengan memberikan layanan-layanan terbaik. Salah satunya menyediakan layanan BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

Dengan adanya aplikasi tersebut, kamu dapat memanfaatkan bebagai layanan sacara online tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS. Salah satu layanan yang bisa kamu coba adalah mengecek status BPJS Kesehatan Anda aktif atau tidak.

cara cek BPJS kesehatan di HP 2

Nah buat kamu yang masih bingung bagaimana menggunakan layanan aplikasi tersebut, Metodegames telah membuatkan tutorial yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan.

Cara Cek BPJS Kesehatan di HP

Dilansir dari situs resminya, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek status keanggotaan pada HP kalian. Simak caranya berikut ini:

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Untuk mengecek status di BPJS kesehatan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi JKN yang sudah di sediakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan status BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN:

  1. Silahkan mengunduh aplikasi Mobile JKN di Play Store atau App Store.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Mobile JKN, lakukan pendaftaran akun jika belum memiliki akun.
  3. Jika sudah, silakan masuk menggunakan NIK/nomor kartu dan password.
  4. Sebelum itu, masukan captcha pada kolom telah disediakan sesuai dengan yang tertera di Aplikasi, lalu klik “Login”.
  5. Jika sudah masuk, lanjut pilih menu “Peserta” pada aplikasi.
  6. Halaman akan menampilkan informasi status keaktifan kepesertaan JKN-KIS dan data identitas.
Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

2. Melalui CHIKA

Selanjutnya kamu bisa menggunakan layanan CHIKA (Chat Assistant JKN), untuk mengecek status BPJS Kesehatan.

Layanan CHIKA ini dapat kamu akses melalui beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400.

Berikut adalah cara cek Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS melalui CHIKA:

  1. Langkah pertama, kamu bisa mengirim Chat dengan menuliskan “CHIKA” melalui Facebook Messenger, Telegram, atau Whatsapp
  2. Pilih menu “Cek status peserta”
  3. Ketik nomor peserta atau NIK
  4. Ketik tanggal lahir sesuai format yang diminta
  5. CHIKA akan menampilkan informasi status keaktifan kepesertaan JKN-KIS Anda.

3. Melalui Care Center 165

Selanjutnya peserta juga dapat melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan aktif tidaknya melalui BPJS Kesehatan Care Center 165. Pengecekan melalui Care Center ini bisa dilakukan lewat telepon rumah atau telepon seluler setiap hari selama 24 jam.

Berikut adalah cara cek status keaktifan BPJS Kesehatan melalui care center:

  1. Hubungi BPJS Kesehatan Care Center di nomor 165
  2. Memilih jenis layanan “1” (satu)
  3. Memilih layanan status kepesertaan
  4. Ketik nomor peserta atau NIK
  5. Ketik tanggal lahir Anda
  6. Voice Interactive JKN akan menyampaikan informasi status keaktifan kepesertaan JKN-KIS Anda.

4. Melalui Layanan Mobile Customer Service (MCS)

Selain cara diatas, BPJS juga memberikan layanan pengecekan status kepesertaan dengan cara tatap muka. Dengan adanya layanan ini memudahkan para peserta yang mengalami keterbatasan jaringan dan sulit mengakses layanan online di daerahnya.

cara cek BPJS kesehatan di HP 3

Perlu diketahui, layanan MCS dilakukan di sejumlah daerah terpencil yang ada di Indonesia. Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) akan melakukan penjemputan ke daerah-daerah pelosok.

5. Melalui Kantor Cabang

Cara mengecek BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Berikut adalah tahapan cek status BPJS Kesehatan di kantor cabang:

  1. Mendatangi langsung kantor cabang terdekat.
  2. Mengambil nomor antrean dan tunggu.
  3. Menyampaikan ke petugas bahwa ingin mengecek nomor BPJS kesehatan dengan nomor NIK.
  4. Menyebutkan nomor NIK ke petugas dan petugas akan menginformasikan nomor BPJS Kesehatan.
Baca Juga:  Cara Memasukan Kode Undangan Snack Video

Nah itulah beberapa cara cek BPJS kesehatan di HP. Selain itu kamu juga bisa datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk bisa langsung bertanya ke petugasnya. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih dan Selamat mencoba!