Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Bagaimana cara cek pajak kendaraan online? Buat yang belum tahu, sebenarnya pajak kendaraan bisa kamu cek secara online dengan menggunakan HP atau PC. Berikut penjelasannya.

Seperti yang kita tahu, pajak kendaraan merupakan sebuah pajak yang wajib dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan baik itu mobil dan motor setiap tahunnya di Indonesia.

Berbeda dengan dulu, sekarang kamu bisa dengan mudah melakukan pengecekan maupun pembayaran secara online. Hal ini sangat membantu seseorang jika ingin membayar pajak kendaraan tanpa harus datang ke kantor samsat dan antre.

cara cek pajak kendaraan online 2

Namun meskipun begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui cara cek pajak kendaraan online. Hal ini wajar karena, layanan ini termasuk baru dan semua orang pasti belum mengetahuinya.

Jika kamu ingin tahu cara cek kendaraan dan cara membayarnya, kali ini Metodegames akan membagikan kepada kalian cara melakukan cek pajak kendaraan secara online berikut ini.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek pajak kendaraan secara online, yaitu melalui Aplikasi, Website, dan SMS. Untuk mengetahui caranya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

1. Cara Cek Melalui Aplikasi

Untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan, dapat dilakukan melalui layanan aplikasi e-Samsat atau Samsat Online Nasional. Didalam aplikasi, kamu akan menemukan banyak menu sehingga akan menemukan informasi secara jelas.

Berikut adalah cara cek menggunakan aplikasi e-Samsat:

  1. Unduh aplikasi Samsat Online Nasional di Playstore.
  2. Setelah mengunduh, masukkan data diri dan data kendaraan.
  3. Untuk mengetahui nilai pajak kendaraan bermotor, tekan menu Pendaftaran.
  4. Ikuti instruksi pengisian formulir yang terdapat pada aplikasi.
  5. Setelah selesai mengisi formulir, Anda akan menerima informasi nilai pajak, tanggal jatuh tempo pajak, dan jatuh tempo STNK.
  6. Lalu Anda akan menerima kode bayar perbankan yang telah bekerja sama dalam pembayaran.
Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Selain mendapatkan informasi mengenai pajak kendaraan, kamu juga akan diberikan pilihan pembayaran. Kamu dapat melakukan pembayaran melalui bank BUMN seperti (BNI, BRI, Mandiri, BTN), dan bank swasta (BCA, Permata, CIMB Niaga).

2. Cara Cek Melalui Website

Cara mengecek melalui website ini termasuk mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi samsat. Didalam situs ini, kamu akan mendapatkan berbagai informasi, seperti jumlah pajak yang harus dibayarkan serta tanggal jatuh temponya.

Untuk caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs samsat.id.
  2. Masukkan kode plat nomor kendaraan.
  3. Kemudian masukan nomor seri dan lima digit terakhir nomor rangka.
  4. Pada bagian provinsi, pilih sesuai dengan daerah kalian.
  5. Klik ‘CEK SEKARANG’.
  6. Tunggu hingga informasi mengenai identitas dan besaran pajak kendaraan yang harus dibayar muncul.

3. Cara Cek Melalui SMS

Selain mengecek menggunakan aplikasi dan website, kamu juga bisa mengecek pajak kendaraan melalui SMS. Kamu bisa dengan mudah mengetahui detail pajak kendaraan, mulai dari jumlah pajak hingga tanggal jatuh temponya.

cara cek pajak kendaraan online 3

Untuk caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu SMS.
  2. Ketik pesan dengan format: info (spasi) nomor polisi/kode plat/kode seri plat motor/warna motor
    Contoh: Info E/9079/FG Hitam.
  3. Kirim ke 08112119211.
  4. Jika sudah, tunggu balasan SMS untuk mengetahui informasi nominal pajak kendaraan yang perlu dibayar.

Penutup

Mengecek dan membayar pajak kendaraan secara online adalah cara yang nyaman dan efisien untuk memenuhi kewajiban pajak kamu sebagai pemilik kendaraan.

Ini juga membantu mengurangi kerumitan kunjungan ke kantor Samsat yang dapat menghabiskan waktu dan tenaga kamu. Dengan teknologi yang terus berkembang, proses ini akan semakin mudah dan terjangkau, memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk tetap patuh terhadap peraturan pajak kendaraan.

Baca Juga:  Cara Mengirim Pulsa Indosat ke Indosat

Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas online ini dan pastikan pajak kendaraan kamu selalu terbayar dengan tepat waktu. Semua ini dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah kamu.

Itulah penjelasan mengenai cara cek pajak kendaraan online. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian, terima kasih dan selamat mencoba.