Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dan Offline

Apakah kamu ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara online namun tidak tahu caranya? Apabila ingin mengetahui caranya, silahkan baca cara daftar BPJS Kesehatan online berikut ini sampai selesai.

BPJS Kesehatan merupakan sebuah lembaga yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan nasional dari pemerintah Indonesia. Menjadi anggota BPJS Kesehatan akan memberikan banyak manfaat kepada diri kita.

Ini merupakan sebuah program jaminan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan adanya program ini, pemerintah berharap masyarakat bisa mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang dibutuhkan.

Nah apabila ingin menjadi anggota BPJS Kesehatan, kamu harus melakukan pendaftaran baik secara online maupun offline. Kedua cara tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah.

Apabila kamu ingin mendaftar namun belum tahu caranya, kali ini Metodegames akan membagikan caranya kepada kalian. Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Sebelum melakukan pendaftaran kamu harus mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar BPJS Kesehatan.

cara daftar BPJS Kesehatan online 2

Syarat tersebut adalah Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, NPWP, Nomor handphone aktif, Buku rekening bank, Pas foto ukuran 3×4 dengan ukuran digital maksimal 50 kb, Email.

Kemudian ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendaftar BPJS, kamu bisa melakukan secara online maupun offline. Nah berikut adalah penjelasan mengenai kedua cara tersebut.

Melakukan Pendaftaran Secara Online

Untuk melakukan pendaftaran secara online, silahkan download aplikasi Mobile JKN di Google Play Store atau Apps Store terlebih dulu. Kemudian ikuti langkah dibawah ini:

1. Buka Aplikasi Mobile JKN

Baca Juga:  Cara Menyadap WA Tanpa Brandcode

Pertama, pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi Mobile JKN pada perangkat HP Android. Setelah itu, buka aplikasi tersebut.

2. Klik “Daftar”

Di layar awal aplikasi, cari dan klik opsi “Daftar” untuk memulai proses pendaftaran.

3. Pendaftaran Peserta Baru

Pilih opsi “Pendaftaran Peserta Baru” untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

4. Setujui Ketentuan dan Persyaratan

Muncul laman yang berisi ketentuan dan persyaratan pendaftaran. Bacalah dengan seksama dan jika kamu setuju, klik “Setuju”.

5. Isi Data Pribadi

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi. Mulailah dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) kamu. Setelah itu, ketikkan kode captcha yang muncul untuk verifikasi. Klik “Lanjut” setelah memasukkan informasi ini.

6. Verifikasi Data Peserta

Aplikasi akan menampilkan data peserta BPJS Kesehatan yang terkait dengan NIK yang telah dimasukkan sebelumnya. Pastikan data ini benar, lalu klik “Selanjutnya”.

7. Isi Data Diri

Lanjutkan dengan mengisi data diri kamu, seperti nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Jika terdapat kesalahan, kamu bisa mengeditnya dengan mengklik “Sebelumnya”.

8. Pilih Fasilitas Kesehatan dan Dokter Gigi

Setelah mengisi data diri, kamu akan diminta untuk memilih fasilitas kesehatan (faskes) dan dokter gigi yang diinginkan. Pilihlah sesuai dengan preferensimu.

9. Masukkan Email dan Nomor Handphone

Masukkan alamat email dan nomor handphone yang aktif. Informasi ini akan digunakan untuk mengirimkan kode verifikasi. Klik “Simpan” setelah selesai.

10. Verifikasi Email

Buka kotak masuk email kamu dan salin kode verifikasi yang telah diterima. Tempelkan kode tersebut di kolom yang tersedia di aplikasi Mobile JKN.

11. Pilih Kelas BPJS Kesehatan

Baca Juga:  Cara Top Up DANA Lewat BCA dengan Mudah dan Cepat

Pilih kelas BPJS Kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan.

12. Pembayaran

Setelah memilih kelas, peserta akan mendapatkan virtual account melalui email yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

13. Terdaftar Sebagai Anggota BPJS Kesehatan

Setelah pembayaran iuran dilakukan, kamu akan secara resmi terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan. Dengan ini, kamu telah mengakses perlindungan kesehatan yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Melakukan Pendaftaran Secara Offline

cara daftar BPJS Kesehatan online 3

Apabila kamu ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara offline, kamu bisa mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Dokumen Persyaratan

Sebelum kamu pergi ke kantor BPJS Kesehatan, pastikan kamu telah menyiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan. Dokumen yang diperlukan termasuk fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK), dan satu foto terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 1 lembar.

2. Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan Terdekat

Selanjutnya, cari dan kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota atau wilayah kamu. Pastikan kamu datang selama jam kerja kantor BPJS.

3. Ambil Nomor Antrian

Di kantor BPJS, biasanya terdapat petugas yang akan membantu kamu. Kamu dapat mengambil nomor antrian di pintu masuk atau menanyakan kepada petugas yang berjaga untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

4. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah mendapatkan nomor antrian, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Formulir ini berisi data pribadi yang diperlukan untuk mendaftar ke BPJS Kesehatan. Isilah formulir dengan teliti dan lengkapi dengan dokumen-dokumen yang telah kamu siapkan.

5. Serahkan Persyaratan

Setelah mengisi formulir, serahkan formulir pendaftaran dan dokumen persyaratan lainnya kepada petugas di kantor BPJS Kesehatan. Petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen dan memberikan informasi lebih lanjut.

Baca Juga:  Cara Menyimpan Video TikTok Tanpa Watermark

6. Dapatkan Nomor Virtual Account

Setelah proses pendaftaran selesai, kamu akan diberikan nomor virtual account. Nomor ini akan digunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan sesuai dengan kelas yang kamu pilih.

7. Lakukan Pembayaran Iuran

Pembayaran iuran dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti di loket teller, melalui ATM, mobile banking, atau internet banking. Pastikan kamu mengikuti petunjuk pembayaran yang diberikan oleh petugas.

8. Serahkan Bukti Transfer

Setelah melakukan pembayaran, serahkan bukti transfer kepada petugas di kantor BPJS Kesehatan sebagai bukti bahwa kamu telah membayar iuran.

9. Tunggu Pengiriman Kartu BPJS Kesehatan

Setelah proses pembayaran selesai, kamu perlu menunggu beberapa waktu hingga kartu BPJS Kesehatan kamu dicetak dan siap diambil.

10. Verifikasi Pendaftaran

Setelah menerima kartu BPJS Kesehatan, pastikan untuk memeriksa nomor kartu kamu di website resmi BPJS Kesehatan. Ini akan memastikan bahwa kamu telah terdaftar dengan sukses.

Itulah penjelasan mengenai cara daftar BPJS Kesehatan online. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan baik secaa online maupun offline.