Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Banyak orang sedang tidak tahu bagaimana cara daftar kartu prakerja online, padahal ini merupakan sebuah kesempatan buat kamu untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Nah berikut adalah pembahasannya.

Buat yang ingin mendapat informasi mengenai program kartu prakerja, kamu bisa melihatnya melalui instagram resmi kartu prakerja. Karena disana kamu akan menemukan informasi mengenai program prakerja.

Jika kamu sudah membuat akun pendaftaran silahkan cek dashboard di website Prakerja.go.id. Buat pendaftar yang sudah memiliki akun tinggal klik gabung untuk mengikuti seleksi gelombang.

Selanjutnya pendaftar tinggal menunggu informasi mengenai lolos tidaknya mengikuti prakerja. Namun buat pendaftar baru, silahkan simak langkah-langkah yang akan Metodegames bahas dalam artikel ini.

Sebelum mendaftar silahkan persiapkan syarat-syarat untuk bisa mendaftar kartu prakerja. Apa saja syarat-syaratnya?

Syarat Daftar Kartu Prakerja

cara daftar kartu prakerja online 2

Buat kamu yang ingin tahu apa saja syarat yang dibutuhkan sebelum mendaftar kartu prakerja, berikut adalah syarat-syaratnya:

  1. Asli Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama masa pandemi COVID-19.
  5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi penerima kartu prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Buat kamu yang sudah memenuhi persyaratan diatas, bisa langsung mendaftarkan diri melalui website resminya di prakerja.go.id.

Baca Juga:  Cara Membuka Situs yang Diblokir

Berikut adalah cara daftar kartu prakerja:

  1. Langkah pertama, kunjungi situs resmi prakerja di prakerja.go.id.
  2. Lakukan pendaftaran akun apabila belum memiliki akun Kartu Prakerja.
  3. Masukkan email dan password akun untuk mendaftar Kartu Prakerja.
  4. Silahkan lengkapi Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK) dan tanggal lahir.
  5. Jika sudah klik “Lanjut”, kemudian mengisis data diri kamu dengan benar.
  6. Masukkan alamat sesuai dengan yang ada di KTP. Bagi yang alamat domisilinya tidak sesuai KTP juga terdapat pilihan Selanjutnya, lakukan verifikasi e-KTP dari ponsel/handphone.
  7. Lalu, klik “Gunakan Foto”.
  8. Kemudian, lakukan verifikasi wajah dengan cara klik “Scan Wajah”. Saat memindai wajah, kamu perlu berkedip sesuai dengan arahan yang diberikan oleh sistem.
  9. Langkah berikutnya adalah menjawab alasan mengikuti Kartu Prakerja.
  10. Isi pertanyaan mengenai minat dan keterampilan pelatihan.
  11. Lengkapi juga pertanyaan tentang status pekerjaan, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan dan keterampilan yang diminati.
  12. Kemudian, lakukan verifikasi nomor handphone dengan memasukkan nomor 6 digit kode OTP yang dikirimkan.
  13. Lalu, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi pendaftar.
  14. Klik “Lanjut” jika sudah selesai.
  15. Selanjutnya, kerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD) atau Soal Kemampuan Belajar (SKB), lalu klik “Lanjut”.
  16. Selanjutnya, klik konfirmasi pilihan gelombang Kartu Prakerja, klik “Gabung”.
  17. Halaman akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan, klik “Saya Menyetujui” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  18. Tahapan pendaftaran telah selesai.

Sekarang kamu sudah terdaftar dan tinggal menunggu gelombang akan dibuka. Supaya bisa mengetahui kapan dibukanya gelombang, kamu bisa memantau nya lewat instagram resminya.

Manfaat Kartu Prakerja

Bisa dilihat dari antusiasme masyarakat mengenai program ini, pastinya memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja, manfaat dan kegunaan kartu prakerja? Simak penjelasan dibawah ini.

Baca Juga:  Begini Cara Download dan Memasang Aplikasi di TV android

cara daftar kartu prakerja online 3

1. Mendapat insentif setiap bulan

Penerima program kartu prakerja, akan menerima bantuan dana sebesar Rp3.550.000. Dari semua dana tersebut, sebanyak 1 juta nya tidak dapat diuangkan. Karena akan digunakan untuk membeli kelas pelatihan dari lembaga-lembaga pelatihan yang menjadi mitra Kartu Prakerja.

Namun penerima akan menerima Rp2.400.000 yang bisa diuangkan dan akan dikirimkan sebesar Rp600.000 setiap bulannya selama 4 bulan. Dan jika kamu mengisi survei sebanyak 3 kali, kamu akan mendapatkan tambahan insentif sebesar Rp150.000.

2. Menambah skill dan meningkatkan keterampilan

Dengan mengikuti program kartu prakerja ini, kamu memiliki kesempatan untuk ikut program pelatihan dari mitra kartu prakerja. Kamu bisa mempelaji skill dan keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang kamu miliki agar lebih mantap lagi.

3. Mendapatkan potongan harga pelatihan

Sekarang biaya pelatihan online terbilang sangat mahal, tidak semua tidak semua orang mampu mengikuti pelatihan meskipun mereka membutuhkan. Melalui program Kartu Prakerja ini, pemerintah akan menanggung biaya pelatihan sebesar 1 juta untuk 1 orang sesuai jumlah kuota yang diberikan.

4. Menjadi pelengkap pendidikan formal

Tidak semua hal bisa kamu dapat di sekolah, seperti ilmu yang kamu perlukan untuk masa depan namun tidak didapatkan di sekolahan. Dengan mengikuti program kartu prakerja, kamu bisa mengikuti pelajaran yang tidak diajarkan di sekolahan dan dibayarin pemerintah.

Nah itulah, penjelasan mengenai cara daftar kartu prakerja online. Silahkan daftar sekarang mumpung masih ada kesempatan untuk mengikuti program ini. Terima kasih!