Cara Jual Foto di Internet untuk Mendapatkan Uang

Apakah kamu memiliki banyak foto dan ingin menjualnya di internet? Apabila kamu ingin ingin menjualnya foto di internet namun tidak tahu caranya, silahkan baca cara jual foto di internet berikut ini.

Apabila kamu memiliki skill fotografer yang mumpuni, kamu bisa dengan mudah mendapatkan uang. Selain mendapatkan uang dari jasa memotret, kamu juga bisa menjual foto tersebut di internet.

Ada banyak sekali situs atau website yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual foto yang kamu miliki. Setiap situs memiliki persyaratan yang harus dipenuhi.

cara jual foto di internet 3

 

Nah jika kamu ingin menjual foto di internet namun tidak tahu caranya, kali ini Metodegames akan membagikan cara jual foto di berbagai situs yang ada di internet.

Cara Jual Foto di Internet

Sebelum kamu menjual foto di beberapa platform di internet, kamu harus mengetahui dahulu syarat menjual foto di platform tersebut. Berikut beberapa persyaratan yang harus di penuhi:

  1. Kepemilikan Hak Cipta : Kepemilikan hak cipta adalah salah satu persyaratan paling mendasar untuk menjual foto secara legal di platform online. kamu harus sepenuhnya memiliki hak cipta atas foto-foto yang kamu jual.
  2. Kualitas Foto yang Tinggi : Kualitas foto adalah faktor kunci dalam menarik pembeli dan menjaga reputasi kamu sebagai penjual foto online. Pastikan bahwa foto-foto yang kamu jual memiliki kualitas yang baik, tajam, dan bebas dari buram.
  3. Kesesuaian Konten : Konten foto yang kamu jual harus sesuai dengan kategori atau tema yang ditawarkan oleh platform atau situs yang kamu gunakan.
  4. Persetujuan Model atau Property Release : Jika foto yang kamu jual memiliki orang atau properti yang dikenali di dalamnya, kamu harus memperoleh persetujuan tertulis dari pemilik atau model sebelum menjualnya.
  5. Pengisian Metadata : Metadata yang lengkap adalah kunci untuk membuat foto kamu mudah ditemukan oleh pembeli. Metadata termasuk judul, deskripsi, dan kata kunci yang relevan.
  6. Aktifkan Paypal : Beberapa platform atau klien dari luar negeri mungkin memerlukan fitur pembayaran melalui Paypal. Pastikan kamu memiliki akun Paypal yang aktif jika kamu berencana menjual foto ke pasar global.
Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Setelah kamu memenuhi semua persyaratan diatas, sekerang kamu sudah bisa menjual foto tersebut di internet. Berikut beberapa situs yang sering digunakan orang untuk menjual semua foto:

1. Situs Shutterstock

Jika kamu mencari pilihan foto yang memikat untuk meningkatkan desain kamu atau bahkan sekadar ingin mempercantik wallpaper di ponsel kamu, Shutterstock adalah tempat yang tepat untuk mencari solusinya.

Shutterstock bukan lagi rahasia, merupakan platform yang menyediakan beragam pilihan foto berkualitas tinggi yang dapat digunakan dalam berbagai proyek kreatif kamu.

Shutterstock adalah salah satu situs jual beli foto terbesar di internet, yang menghubungkan pemilik foto dari berbagai penjuru dunia dengan calon pembeli yang mencari gambar-gambar berkualitas

Dengan lebih dari dua dekade pengalaman, Shutterstock telah tumbuh menjadi salah satu platform terbesar dan paling terkemuka di industri ini.

Jika kamu memiliki minat dalam fotografi atau memiliki koleksi foto yang menarik, Shutterstock juga adalah tempat yang tepat untuk kamu menjual karya-karya kamu kepada audiens global.

Prosesnya sangat sederhana, kamu hanya perlu mendaftar sebagai kontributor dan mengikuti langkah-langkah selanjutnya. Setelah kamu mendaftar, kamu dapat mengunggah foto-foto kamu dan memulai perjalanan kamu sebagai kontributor Shutterstock.

2. Dreamstime

Dreamstime, sebuah situs jual beli konten visual, telah menjadi favorit di dunia internet sejak tahun 2000 hingga saat ini.

Dengan sejarah panjangnya, platform ini telah memenangkan hati jutaan pengguna dari seluruh penjuru dunia dan terus tumbuh secara impresif.

Platform Dreamstime telah membangun komunitas yang luar biasa, dengan lebih dari 34 juta pengguna aktif yang mempercayainya.

Tidak hanya menjadi sumber gambar berkualitas tinggi, Dreamstime juga memiliki lebih dari 700 ribu kontributor yang berperan penting dalam menambahkan beragam konten ke dalam platform ini.

Baca Juga:  Cara Daftar M-Banking BCA untuk Nasabah Baru

ni berarti bahwa tidak hanya fotografi, tetapi juga ilustrasi, vektor, video, dan bahkan audio dapat ditemukan dan dijual di Dreamstime.

Salah satu keunggulan Dreamstime adalah keragaman kontennya. Kamu dapat menemukan gambar foto yang memukau, ilustrasi yang unik, vektor yang profesional, video yang memikat, dan bahkan audio yang menambah dimensi suara dalam proyek-proyek kreatif kamu.

3. Alamy

Alamy, sebagai salah satu platform terkemuka dalam industri fotografi, menawarkan sistem royalti bayaran yang tinggi bagi para kontributornya, memberikan peluang besar bagi fotografer untuk menghasilkan penghasilan yang signifikan.

cara jual foto di internet 2

 

Bahkan dengan satu foto saja, kontributor dapat meraup keuntungan minimal sebesar 10 dolar. Ini adalah salah satu alasan mengapa Alamy telah menjadi destinasi utama bagi para fotografer yang ingin memonetisasi karya-karya mereka.

Salah satu jenis gambar yang paling dicari di Alamy adalah penangkapan gambar panorama 360 derajat. Jika kamu memiliki keahlian dalam menghasilkan foto-foto panorama yang menakjubkan, platform ini bisa menjadi tempat yang sangat menguntungkan bagi kamu.

Gambar-gambar panorama ini sering dicari oleh pengguna yang ingin menciptakan pengalaman visual yang mendalam dalam proyek-proyek mereka, seperti situs web interaktif, periklanan, dan banyak lagi.

Keuntungan lain yang diberikan oleh Alamy adalah sistem royalti hingga 50 persen, yang memberikan peluang besar bagi kontributor untuk mendapatkan bagian yang adil dari penjualan mereka.

Namun, yang lebih menarik lagi adalah kebijakan royalti 100 persen yang ditawarkan pada dua tahun pertama bagi kontributor yang masih pelajar.

Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa dan calon fotografer untuk memulai karier mereka dengan dukungan penuh dari Alamy.

Itulah penjelasan mengenai syarat dan cara jual foto di internet melalui beberapa situs populer. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima Kasih dan Selamat Mencoba.

Baca Juga:  Cara Hapus Kontak di iPhone dengan Mudah