Cara Melamar Kerja Lewat Email

Buat kalian yang ingin melamar kerja lewat email namun belum tahu caranya, kalian haru membaca artikel ini. Karena disini akan dijelas bagaimana cara melamar kerja lewat email yang benar. Berikut adalah ulasannya.

Adanya teknologi di zaman sekarang, sangat memudahkan segalah urusan manusia. Sekarang semua urusan bisa dilakukan secara digital dengan mudah dan cepat, termasuk melamar kerja lewat email

Cara melamar kerja lewat email bisa kamu lakukan dengam mudah melalui perangkat elektronik seperti HP atau komputer. Melamar kerja lewat email merupakan cara yang paling efisien jika dibandingkan datang langsung.

cara melamar kerja lewat email 2

Meskipun bisa dibilang lebih mudah dan praktis, kamu wajib memperhatikan beberapa hal sebelum melamar. Banyak orang yang tidak mengetahui cara mengirim lamaran kerja dengan benar.

Lalu, bagaimana cara melamar kerja lewat email yang benar? Kali ini Metodegames telah merangkum beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan melalui email.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan ketika melamar kerja lewat email.

Cara Melamar Kerja Lewat Email

1. Siapkan Semua Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama adalah menyiapkan semua dokumen yang dokumen. Hal ini sangat penting, karena semua dokumen tersebut nantinya akan diminta oleh pihak perusahaan sebagai syarat.

Diantara semua dokumen tersebut adalah:

  1. Surat lamaran kerja
  2. CV yang baik dan menarik
  3. Scan ijazah
  4. Daftar nilai
  5. Kartu identitas
  6. Sertifikat
  7. Pasfoto terbaru
Baca Juga:  Cara login WA Web di Hp & Laptop Tanpa Scan Barcode

Agar lamaran kamu diterima oleh perusahaan, kamu juga perlu menyiapkan berkas lamaran dalam format .doc atau .pdf. Selain itu, pastikan dokumen kamu telah diarsipkan dalam bentuk format .rar. dan .zip agar ukuran filenya jadi lebih kecil.

Sehingga pihak HRD dapat mengaksesnya lebih mudah. Selain itu dokumen yang tersusun rapi dapat memudahkan pihak recruiter dalam membaca semua berkas-berkas tersebut.

2. Tulis Surat Pengantar Email

Apa kamu tahu surat pengantar email dan surat lamaran kerja adalah dua hal yang berbeda. Bedanya sepert ini, meskipun kamu menulis beberapa kalimat pada bodyemail, tulisan tersebut tidak bisa menggantikan fungsi surat lamaran kerja.

Ada beberap cara yang bisa kamu lakukan untuk menyusun surat perngatar email. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  1. Tuliskan salam dan kalimat pembuka.
  2. Kemudian berikan alasan mengapa kamu tertarik untuk melamar kerja lewat email.
  3. Jelaskan juga mengapa kamu yakin dengan posisi yang ditawarkan.
  4. Uraikan keunggulan dan kelebihan kamu untuk posisi tersebut.
  5. Cantumkan kontak dan akun media sosial yang dapat dihubungi.
  6. Tuliskan kalimat dan salam penutup.

3. Tambahkan Subjek Email

Ketika ingin melamar kerja lewat email, subjek email merupakan bagian yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan, karena bisa membantu kamu agar diterima oleh perusahaan.

Pihak HRD biasanya akan membaca email calon pelamar kerja melihat subjek email yang ditulis. Untuk mengantisipasi, kamu harus menuliskan subjek email dengan jelas.

Biasanya penulisan format subjek emailhanya mencantumkan “Lamaran Kerja – posisi yang dilamar”. Kamu bisa memakai format “(nama) – (Lamaran Kerja) – (posisi yang dilamar).

4. Koreksi Kembali Isi Email

Setelah selesai menulis surat pengantar dan melampirkan beberapa dokumen lainnya. Kamu juga perlu mengoreksi dan mengecek kembali kelengkapan dokumen tersebut.

Baca Juga:  Cara Membuat Garis di Word

Pastikan semuanya lengkap dan tidak ada tulisan yang typo, kamu bisa langsung mengirim surat lamaran tersebut lewat email.

5. Mengirim dengan Alamat Email yang Profesional

Setelah kamu selesai mengoreksi isi surat lamaran kerja, langkah selanjutnya adalah memastikan email yang kamu gunakan untuk mengirim surat menggunakan nama dan alamat email yang sesuai dengan nama lengkap kamu saat melamar pekerjaan.

cara melamar kerja lewat email 3

Hindari penggunaan nama alias atau kata tambahan pada email. Jika kamu belum memiliki email kamu bisa membuat email baru yang menggunakan nama asli kamu. Kamu bisa membuatnya dengan mudah lewat HP.

6. Menentukan Waktu untuk Mengirim Surat Lamaran

Setelah semuanya sudah selesai dan siap untuk dikirim, kamu juga perlu memperhatikan waktu pengiriman. Waktu yang pas untuk mengirimnya adalah ketika jam kerja seperti jam 07.00-17.00 WIB.

Pada jam-jam tersebut, pihak HRD akan mengecek dan melihat setiap email masuk yang dikirim oleh jobseeker. Apabila kamu mengirimnya di jam tersebut, maka peluang surat lamaran akan dibaca oleh pihak recruiter akan semakin besar.

7. Jangan Mengirim Surat Lamaran ke Banyak Perusahaan

Terakhir kamu harus memperhatikan etika, dalam artian hindari untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan.

Nah itulah penjelasan mengenai cara melamar kerja lewat email yang bisa kamu coba. Kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk berbagai kepentingan lainnya seperti mencari pekerjaan.

Nah semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang ingin melamar pekerjaan melalui emai. Terima Kasih dan Selamt Mencoba!