Cara Mengatasi Penyimpanan Samsung J2 Prime Penuh

cara mengatasi penyimpanan samsung j2 prime penuh

Cara Mengatasi Penyimpanan Samsung J2 Prime Penuh – Bagi semua orang yang menggunakan Hp Samsung dengan tipe j2 prime pastinya sering sekali mengalami kendala memori internal penuh. Dimana hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor tertentu.

Salah satu yang sangat umum di akibatkan oleh banyaknya aplikasi yang ter-install sehingga menyebabkan ruang penyimpanan habis. Maka dari itu, di pertemuan ini kami ingin membagikan 5 cara mengatasi ruang penyimpanan penuh samsung j2 prime yang bisa anda ikuti.

Namun sebelum kita melihat tutorialnya, lebih baik anda harus ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Agar ketika anda ingin mengatasinya lebih mudah. Nah di bawah ini kami akan memberitahu kepada anda semuanya penyebab terjadinya memori internal habis atau penuh.

Penyebab Memori Internal Samsung J2 Prime Penuh

Alasan yang sangat kuat ruang penyimpanan hp samsung j2 prime anda penuh adalah adanya sebuah file berkas yang cukup besar. Sehingga sistem operasi hp anda akan menjadi lemot, selain itu tipe samsung j2 prime ini memiliki spesifikasi rendah yaitu RAM 1,5 GB dan ROM 8 GB.

  • Banyaknya Aplikasi Yang Ter-install
  • Terdapat File Cache
  • File Kamera (foto dan video)

Semua penyebab yang ada di atas merupakan sangat umum terjadi, karena seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Hp samsung j2 prime ini hanya di bekali ruang penyimpanan yang cukup kecil. Dimana ini sangat kurang memadai untuk menyimpan file dengan ukuran yang besar.

Cara Mengatasi Penyimpanan Samsung J2 Prime Penuh

Nah sebetulnya ada beberapa tips yang bisa anda lakukan di saat ingin mengatasi ruang penyimpanan hp samsung j2 prime anda penuh. Ingin tahu ? yuk mari kita langsung saja lihat langkah-langkah tentang cara mengatasi memori internal samsung j2 prime habis.

1. Hapus File Sampah

Solusi pertama adalah anda bisa menghapus file sampah atau cache yang ada di ruang penyimpanan hp anda, karena ini akan menyebabkan kinerja hp samsung j2 prime yang digunakan menjadi lemot. Meskipun file ini ukurannya sangat kecil, berikut cara menghapusnya :

penyimpanan internal samsung j2 prime penuh

  1. Pertama silahkan masuk pada Pengaturan
  2. Setelah itu pilih menu Pemeliharaan Perangkat (RAM, Baterai, Keamanan)
  3. Kemudian klik Optimalkan Sekarang, pada proses ini semua file sampah akan terhapus
  4. Jika sudah maka memori internal akan menjadi longgar dan tidak penuh lagi

Walaupun terbilang sepele, tetapi jika anda membiarkannya maka file tersebut akan menumpuk sehingga akan memakan ruang penyimpanan. Maka dari itu, menghapus file cache maupun sampah tentunya harus anda lakukan setiap minggunya agar kinerja hp menjadi lancar.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Jika pada hp anda terdapat aplikasi yang jarang terpakai dan tidak digunakan, maka kami menyarankan untuk menghapusnya. Karena ini akan menguras ruang penyimpanan anda, oleh sebab itu dengan hapus aplikasi maka memori internal akan menjadi kosong.

cara mengatasi ruang penyimpanan penuh hp samsung j2 prime

  1. Masuk ke bagian Pengaturan
  2. Silahkan scroll ke bawah dan pilih Aplikasi
  3. Selanjutnya cari aplikasi yang tidak digunakan
  4. Lalu Data Aplikasi
  5. Terakhir tinggal Uninstall saja

Sebenarnya dengan anda mengikuti langkah-langkah di atas tadi tentunya semua file dan berkas pada aplikasi yang akan di uninstall akan terhapus semuanya. Dibandingkan anda menghapusnya dengan cara langsung menggesernya ke tempat sampah.

3. Pindahkan Semua File Micro SD

Jika anda semua suka foto dan membuat video dengan menggunakan hp samsung j2 prime tentunya ini sangat berbahaya untuk memori internal hp anda. Dimana seperti yang diketahui bahwa file foto maupun video mempunyai ukuran yang sangat besar. Solusinya yaitu anda bisa pindahkan file tersebut ke kartu SD

Untuk memindahkan filenya kita bisa memanfaatkan aplikasi bawaan dari hp samsung j2 prime ini yaitu File Saya. Silahkan anda masuk dan pilih file yang ingin di pindahkan misalnya seperti foto, video, ataupun file whatsapp dan kemudian anda tinggal pindahkan saja ke Kartu SD (memori eksternal).

4. Mengubah Penyimpanan Kamera (Foto & Video)

Selain memindahkannya, anda juga bisa ubah ruang penyimpanan file foto dan video pada kartu SD. Dimana cara ini sangatlah ampuh kita mengatasi memori internal hp samsung j2 prime anda penuh. Bagaimana caranya ? lihat saja langkah-langkahnya berikut ini.

cara mengatasi memori hp samsung j2 prime penuh

  1. Buka terlebih dahulu Aplikasi Kamera
  2. Lalu klik icon Roda Gigi yang ada di bagian atas
  3. Kemudian pilih Lokasi Penyimpanan
  4. Setelah ubah dan pilih Kartu SD

Dengan sendirinya hasil foto yang anda lakukan akan langsung tersimpan pada Kartu SD, sehingga ruang internal hp anda akan menjadi longgar dari pada sebelumnya. Selain itu, banyak sekali pengguna lain yang menggunakan metode ini untuk mengatasi ruang penyimpanan penuh.

5. Restart Ulang Bawaan Pabrik

Apabila semua solusi yang kami berikan di atas masih belum berhasil, tentunya anda bisa meresestart ulang hp samsung j2 prime anda ke setelan bawan pabrik. Karena pada umumnya, setiap hp yang di restart ulang semua file akan terhapus sehingga ruang penyimpanan akan menjadi kosong.

  1. Langkah awal silahkan masuk ke Pengaturan
  2. Lalu scroll ke bawah dan klik menu Backup and Reset
  3. Berikutnya akan terdapat beberapa menu pilihan, silahkan pilih Factory Reset
  4. Setelah baca beberapa kebijakan yang ada
  5. Apabila sudah membaca kebijakan tadi, barulah klik Reset Perangkat
  6. Terakhir yaitu Hapus Data dan tunggu sampai hp menyala kembali

Dengan anda mengikuti langkah-langkah tadi maka secara otomatis ruang penyimpanan kosong seperti semula, dan kinerja hp anda akan lancar seperti bawaan pabrik. Ohh iya, sebelum melakukan reset ulang kami menyarankan untuk back up terlebih dahulu file-file pentingnya.

Penutup

Kayanya sekian dulu ulasan terbaru yang sudah kami bagikan tentang 5 Cara Mengatasi Penyimpanan Samsung J2 Prime Penuh. Semoga dapat bermanfaat dan membatu bagi semuanya, jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada kami maka bisa berkomentar di bawah ini. by Metodegames.com

You May Also Like

About the Author: Admin

Hobby bermain game serta menulis artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *