Cara Mengeluarkan Air dari HP Android dan iPhone

Apakah HP kalian kemasukan air? Nah jangan panik, kamu bisa mengeluarkan air tersebut dengan mudah. Apabila ingin tahu caranya, silahkan simak cara mengeluarkan air dari HP berikut ini sampai selesai.

HP merupakan sebuah benda elektronik yang harus kita jauhkan dari air, karena air dapat merusak komponen penting dalam sebuah HP. Bahkan air bisa membuat HP tidak bisa digunakan lagi.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk berhati-hati ketika bermain HP di dekat air. Lalu bagaimana jika HP tersebut sudah masuk dalam air, dan bagaimana caranya?

cara mengeluarkan air dari HP 3

Jangan khawatir sekarang kamu bisa mengeluarkan air tersebut dengan sangat mudah melalui speaker HP. Speaker sendiri merupakan sebuah komponen HP yang berfungsi untuk mengubah gelombang elektrik menjadi audio atau suara.

Nah kamu bisa mengeluarkan air melalui speaker ini. Bagaimana caranya? Kali ini Metodegames akan membagikan caranya kepada kalian. Simak penjelasan dibawah ini.

Cara Mengeluarkan Air dari HP

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeluarkan air dari HP. Cara-cara ini bisa kamu lakukan dengan sangat mudah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Matikan HP dan Keluarkan SIM Card

Apabila HP kalian masih menyala ketika masuk kedalam air, segera matika HP dan keluarkan seluruh komponen HP seperti SIM card dan memori yang ada didalam HP tersebut.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan Bluetooth Laptop ke Speaker

Jangan lupa untuk memposisikan speaker HP mengarah kebawah, kemudian bersiah air yang keluar menggunakan kain lembut yang bisa meyerap air.

2. Mengeluarkan Air Menggunakan Suara Khusus

Cara berikutnya adalah dengan memutar suara khusus. Kamu bisa menggunakan suara atau lagu yang memiliki tempo cepat dan berisik, kemudian tambah volume speaker HP sampai full.

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mengeluarkan air yang masih ada didalam HP menggunakan suara yang berisik.

3. Menggunakan Hair Dryer

Cara berikutnya kamu bisa menggunakan hair dryer apabila cara diatas tidak berhasil. Kamu bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan speaker yang masih basah.

Alat ini bisa membantu untuk menguapkan kelembapan dengan baik dan sangat cepat, sehingga kemungkinan speaker kering dari air menjadi lebih tinggi.

Apabila kamu ingin menggunakan cara ini, jangan lupa untuk mengatur kecepatan hair dryer di angka yang paling kecil, lalu arahkan angin ke speaker HP dengan jarang yang tidak terlalu dekat, kemudian keringkan sekitar 2 menit.

4. Menggunakan Kipas Angin

Apabila kamu tidak memiliki hair dryer, kamu bisa memanfaatkan kipas angin untuk membantu kamu mengeringkan speaker yang basah.

Meskipun sedikit lama daripada menggunakan hair dryer, namun kipas angin cukup efektif untuk mengeluarkan air didalam HP.

Untuk caranya, kamu bisa meletakkan HP di depan kipas angin, kemudian hidupkan dengan kecepatan maksimal (paling tinggi). Tunggu sekitar 30-60 menit agar speaker benar-benar kering dari air.

5. Menggunakan Beras

cara mengeluarkan air dari HP 2

Sepertinya cara ini cukup aneh buat kamu, namun cara ini cukup ampuh untuk mengeluarkan air didalam HP terus mengeringkannya.

Beras dikenal mampu menyerap air dengan baik, sehingga komponen HP yang basah sepeti speaker bisa dikeringkan dengan cepat hanya menggunakan beras.

Baca Juga:  Cara Mengecek Nomor Kartu Smartfren dengan Mudah

Untuk melakukan cara ini, kamu cukup menyiapkan wadah berisi beras yang cukup muat untuk memasukkan HP. Kemudian, rendam HP tersebut didalam beras dan tunggu selama 2-3 hari sebelum digunakan kembali.

6. Mengeluarkan Air Menggunakan Aplikasi Khusus

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi khusus, dan cara ini hanya bisa dilakukan untuk pengguna iPhone.

Berikut adalah daftar aplikasi yang bisa kamu unduh untuk mengeluarkan air didalam HP melalui speaker di iPhone.

Aplikasi Shortcut Water Eject

Aplikasi Shortcut memiliki fitur “Water Eject” yang sudah terbukti mampu mengeluarkan air. Shortcut menggunakan gelombang suara frekuensi ultra rendah 165Hz yang memicu keluarnya air dari sistem speaker iPhone.

Aplikasi Sonic

Selain menggunakan aplikasi Shortcut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Sonic untuk mengeluarkan air dari speaker HP. Sonic memiliki cara kerja seperti aplikasi Shortcut yaitu dengan mengeluarkan gelombang suara.

Aplikasi Fix My Speaker

Selain itu pengguna iPhone untuk mengeluarkan air dari speaker HP adalah Fix My Speaker. Aplikasi ini bisa kamu unduh langsung di AppStore dan digunakan dengan cara yang sama seperti aplikasi lainnya.

7. Bawa ke Tempat Service

Apabila semua cara diatas tidak berhasil, kamu bisa membawa HP tersebut ke tempat service. Teknisi biasanya memiliki cara khusus untuk memastikan kondisi HP kalian.

Biasanya teknisi akan memastikan apakah HP tersebut masih bisa diperbaiki atau ada beberapa part yang harus diganti karena mengalami kerusakan.

Nah itulah penjelasan mengenai cara mengeluarkan air dari HP. Kamu bisa menggunakan salah satu cara diatas untuk mengeluarkan air di HP mu. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih dan Selamat Mencoba.