Cara Refund Game Steam

Apakah kalian sedang mengalami masalah pada game yang dibeli di Steam? Kali ini kamu bisa melakukan refund, lho! Gak percaya? Nah kali ini kami akan memberikan tutorial cara refund game Steam. Jadi simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu Steam? Bagi sebagian gamers yang sudah lama bermain game PC, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Steam. Steam adalah sebuah perangkat lunak atau sebuah layanan distribusi digital video game yang didirikan oleh Valve pada tahun 2003.

Steam menjadi tempat terlaris yang dikunjungi oleh para gamers, meskipun banyak platfrom yang menyediakan game seperti Origin milik EA, Uplay dari Ubisoft, Gog, Epic Games dan masih banyak lagi. Namun, Steam tetap menjadi tempat favorit para gamers untuk membeli game.

Selain tempat membeli game, kamu juga bisa mengembalikan game tersebut atau melakukan refund jika game yang kamu mainkan mengalami masalah atau tidak sesuai dengan keinginan.

Tentunya hal ini sangat membantu para gamers, yang merasa tidak puas ketika baru saja membeli game tersebut. Namun tetap harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara melakukan refund game Steam, Metodegames akan memberikan caranya disini. Namn sebelum itu kamu wajib membaca syarat dan ketentuannya. Jika sudah membaca silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara Refund Game Steam yang Benar

Seperti yang sudah kita bahas diatas, fitur ini bisa kamu gunakan jika game yang kamu beli tidak sesuai ekspetasi dan menyesal karena terlanjur membelinya.

Baca Juga:  Download Apex Racer Mod Apk Terbaru!

cara refund game Steam 2

Maka dari itu, fitur refund ada untuk membantu kamu mengembalikan uang yang kamu miliki. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Cara Refund

Jika kamu ingin melakukan refund simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situ atau aplikasi Steam, kemudian login ke akun masing-masing.
  2. Jika sudah berhasil masuk, silahkan masuk kebagian Support.
  3. Kemudian kamu bisa memilih menu Purchase.
  4. Selanjutnya, kamu bisa memilih game yang ingin di refund.
  5. Setelah memilih game yang ingin di refund, kamu bisa langsung memilih menu refund.
  6. Masukan alasan kalian kenapa ingin melakukan refund, jika sudah langsung submit request.
  7. Selesai, tinggal menunggu saja jika laporan kalian diterima Steam maka dana akan disalurkan dalam bentuk saldo di Steam.

Cara Batalkan Refund

Setelah mengetahui cara refund game Steam, berikutnya kamu bisa membatalkan proses refund. Cara ini bisa kamu gunakan apabila kamu berubah pikiran dan sudah terlanjur meminta untuk refund.

Maka untuk itu, simak langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama, Login kembali kedalam Steam jika sudah terlanjur logout.
  2. Selanjutnya, kalian bisa langsung menuju bagian Support.
  3. Berikutnya, kamu bisa memilih game yang ingin dibatalkan refundnya.
  4. Lalu setelah itu, kamu bisa memilih Cancel Refund Request untuk membatalkan refund.
  5. Sebelum mengeklik, kamu harus memastikan bahwa masih dalam proses menunggu dari pihak Steam.
  6. Sebelum nantinya game tersebut bisa untuk dibatalkan dalam melakukan refund.

Syarat dan Ketentuan Refund Steam

Penting untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku untuk proses pengembalian dana dalam game Steam. Untuk melakukan refund, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Waktu yang diberikan untuk melakukan refund adalah 2 minggu atau 14 hari setelah pembelian game.

Baca Juga:  Cara Top Up ML Pakai Pulsa dengan Mudah

Selain itu, jika waktu bermain game belum mencapai 2 jam, proses refund akan lebih cepat. Namun, jika waktu bermain melebihi batas tersebut, kemungkinan untuk mendapatkan refund akan menjadi lebih sulit.

Selain itu ada beberapa hal yang penting untuk diingat bahwa refund juga dapat dilakukan untuk DLC atau file tambahan, bukan hanya untuk game utama.

Lalu Berapa Lama Proses Refund?

Jika kamu bertanya berapa hari yang dibutuhkan untuk proses refund? Ada beberapa hal Penting yang wajib kamu ketahui mengenai proses dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan refund di Steam.

cara refund game Steam 3

Setelah kamu mengajukan permohonan refund dan mendapatkan konfirmasi dari Steam, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 7 hari kerja untuk proses pengembalian dana. Ketika refund telah selesai diproses, kamu akan menerima pengembalian dana dalam bentuk Saldo Steam.

Setelah membaca penjelasan diatas apakah kamu sudah paham bagaimana cara refund game Steam? Cara diatas bisa berubah kapan saja sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk itu kalian harus tetap berhati-hati ketika ingin membeli game, jangan sampai salah beli dam ingin melakukan refund lagi karena proses dan waktunya sangat lama.

Namun dengan membaca penjelasan diatas, kamu bisa mengetahui bagaimana cara refund game Steam dengan benar. Semoga penjelasan diatas bisa membantu kamu dalam mengalami masalah ingin melakukan refund game. Jangan lupa share ke teman-teman kalian dan Terima kasih sudah membaca.