Kendaraan Motor Plat F Daerah Mana? Simak Asalnya

metodegames.com – Bagi anda yang memiliki pertanyaan mengenai kendaraan motor plat F daerah mana, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak jawabannya dibawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap kendaraan beroda dua atau yang beroperasi di Indonesia maka wajib memiliki plat nomor kendaraan yang telah diatur penggunaannya oleh undang-undang. Tidak hanya motor, kendaraan roda empat atau mobil pun wajib juga memiliki plat nomor kendaraan yang legal dan telah memiliki ijin resmi untuk beroperasi di jalan.

Plat nomor kendaraan sendiri bukannya hanya sekedar kombinasi huruf dan angkat saja tetapi setiap huruf dan angka yang tertera memiliki kode pengenal tersendiri dan tidak boleh diganti atau dimodikasi tanpa izin resmi dari pihak Kepolisian yang bertanggung jawab akan nomor plat kendaraan di tanah air.

Adapun spesikasi umum dari plat nomor kendaraan yang telah diatur oleh undang-undang adalah sebagai berikut.

Spesifikasi Plat Nomor Kendaraan

Motor Plat F Daerah Mana

Sesuai dengan sejarah penggunaan plat nomor, terdapat beberapa spesifikasi teknis dari sebuah plat nomor untuk segala jenis kendaraan yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah spesifikasi teknis tersebut yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berbentuk plat aluminium dengan cetakan yang terdiri dari dua baris.
  • Baris Pertama terdiri atas kode wilayah yang biasanya terdiri atas “Huruf”, kemudian diikuti dengan nomor polisi yang terdiri atas “Angka”, dan diakhiri dengan seri akhir wilayah dengan menggunakan “Huruf”.
  • Baris Kedua terdiri atas masa berlaku plat tersebut. Contohnya, “04.23” yang menandakan bahwa plat tersebut berlaku sampai bulan April tahun 2023.

Kendaraan Motor Plat F Daerah Mana?

Bagi anda yang memiliki pertanyaan kendaraan motor plat F daerah mana? maka seperti yang kami sebutkan diatas, dimana huruf pada awal plat nomor kendaraan mewakili asal daerah izin kendaraan tersebut dikeluarkan dimana setiap daerah di Indonesia memiliki kode plat kendaraan bermotor yang berbeda dan dtandai dengan huruf pertama pada plat.

Baca Juga:  Cara Memasukan Kode Undangan Snack Video

Adapun plat F pada plat kendaraan motor menandakan motor tersebut berasal dari wilayah eks karesidenan Kota Bogor dan sekitarnya serta mencakup beberapa daerah lain yang masuk dalam wilayah tersebut, mulai dari kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Masing-masing kemudian dapat dikenali dengan melihat huruf pertama yang letaknya setelah 4 digit nomor plat.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai kode plat F ini, maka anda bisa menyimak penjelasan kode huruf yang menjadi penanda sub-wilayah yang termasuk eks karesidenan Bogor sebagai berikut.

  • Nama Kota/Kabupaten Kode Plat Nomor Depan Kode Plat Nomor Belakang
  • Kota Bogor F A*/B*/D*/C*/E*
  • Kota Sukabumi F T*/S*
  • Kabupaten Bogor F F**/G*/H*/I*/K*/J*/L*N*/M*/O*/P*/R*
  • Kabupaten Sukabumi F U**/Q*/V*
  • Kabupaten Cianjur F X*/W*/Y*/Z*

Dari tabel di atas diketahui bahwa plat nomor F merupakan kode untuk wilayah eks karesidenan Bogor, yang mana didalamnya termasuk 5 kabupaten dan kota di atas. Adapun plat nomor ini berlaku selama 5 tahun, sama dengan STNK, dan harus diperbarui sebelum masa berlakunya tersebut habis.

Demikian informasi mengenai jawaban atau pertanyaan kendaraan motor plat F daerah mana, bagi anda yang penasaran asal plat nomor tersebut. Semoga berguna dan bermanfaat.