Plat AB Dari Daerah Mana? Simak Asal Kota dan Cara Mengecek Plat Secara Online

metodegames.com – Bagi anda yang penasaran plat AB dari daerah mana, maka anda tepat menemukan artikel ini dimana anda bisa menyimak asal kota yang menggunakan plat AB dan juga cara mengecek plat secara online.

Ketika berada di jalan raya, pastinya kita bisa melihat penggunaan plat kendaraan yang digunakan oleh berbagai jenis kendaraan apapun merek dan keluaran tahunnya dimana plat kendaraan merupakan syarat wajib yang harus digunakan kendaraaan bermotor baik itu beroda dua dan beroda empat hingga mobil truk-truk atau mobil kontainer besar. Plat kendaraan sendiri juga wajib digunakan baik itu kendaraan baru dan maupun kendaraan lama bahkan kendaraan klasik (jadul) sekalipun selama kendaraan tersebut beroperasi di jalan-jalan umum.

Penggunaan plat tentu memiliki alasan dan tujuan yang mana biasanya plat di pasang di belakang kendaraan dan didepan kendaraan sebagaimana yang telah di atur di Undang-undang dimana tujuan plat kendaraan untuk memudahkan mengindetifikasi kendaraan. Jadi bisa dikatakan plat kendaraan sebagai “identitas” sebuah kendaraan mengenai asal usul, registrasi, administrasi, pajak, serta pelacakan apabila terdapat pelanggaran lalu lintas atau kegiatan yang merugikan orang lain. Maka dari itu penggunaan plat kendaraan tidak bisa sembarangan dan telah dilindungi undang-undang dimana yang melanggar akan dikenakan sanksi tilang hingga pidana.

Plat kendaraan sendiri umumnya terdiri atas kombinasi huruf depan, angka dan huruf belakang dimana masing-masing penempatannya memiliki arti dan makna masing-masing. Pada plat nomor terdapat kode huruf depan yang menunjukkan asal wilayah, dan kode huruf belakang menunjukkan asal Kota/Kab. Dan juga setiap plat kendaraan adalah unik untuk setiap kendaraan dan tidak ada plat kendaraan yang sama antara kendaraan lainnya dengan tujuan seperti yang kami sebutkan diatas yakni untuk memudahkan mengindetifikasi sebuah kendaraan.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Cache di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Plat AB Dari Daerah Mana?

Plat AB Dari Daerah Mana

Apakah anda ingin mengetahui plat AB dari daerah mana? mungkin anda ingin membeli kendaraan berplat AB, atau memiliki masalah atau kendala dengan pemilik kendaraan berplat AB, atau kebutuhan lainnya, maka perlu anda ketahui bahwa plat AB merupakan plat kendaraan yang menginformasikan plat tersebut berasal dari lima wilayah di DI Yogyakarta, yakni Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Kota Jogja, dan Bantul. Dari kelima wilayah tersebut, semuanya menggunakan huruf AB pada bagian depan plat kendaraan, dan kota dan kabupaten dibedakan dari huruf yang tertera di belakang pelat nomor.

Sebut saja contonya seperti AB 1234 KA, yang mana kendaraan tersebut berasal dari Kota Jogja karena huruf belakangnya adalah A. Sementara itu, untuk pelat nomor Kabupaten Sleman, huruf belakangnya bisa E, N, Q, U, Y, atau Z. Untuk lebih jelasnya untuk memahami asal kota atau kabupaten dari huruf dibelakang plat AB, anda bisa menyimaknya sebagai berikut.

  • Kota Jogja – A/F/H/I/S.
  • Bantul – B/G/J/K/T.
  • Gunung Kidul – D/M/W.
  • Kulon Progo – C/L/P/V.
  • Sleman – E/N/Q/U/Y/Z.

Contoh penggunaan plat masing-masing kota dan kabupaten bisa anda simak sebagai berikut.

  • Kota Yogyakarta
    Kode Plat: AB
    Huruf Belakang: A/F/H/I/S
    Contoh: AB 1234 KA
  • Kab. Kulon Progo
    Kode Plat: AB
    Huruf Belakang: C/L/P/V
    Contoh: AB 1234 CV
  • Kab. Sleman
    Kode Plat: AB
    Huruf Belakang: E/N/Q/U/Y/Z
    Contoh: AB 1234 FE
  • Kab. Bantul
    Kode Plat: AB
    Huruf Belakang: B/G/J/K/T
    Contoh: AB 1234 DB
  • Kab. Gunung Kidul
    Kode Plat: AB
    Huruf Belakang: D/M/W
    Contoh: AB 1234 WD

Cara Cek Plat Nomor AB Online

Bagi anda yang berdomisili di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya atau sebagai pemilik kendaraan dengan plat nomor AB, maka anda bisa mengetahui informasi pemilik, wilayah Samsat, hingga besar pajak dan masa berlaku pajak kendaraan tersebut hanya menggunakan HP. Anda cukup mengunduh dan memasang aplikasi Sambara. Dengan aplikasi ini anda dapat mengetahui besarnya pajak kendaraan, lokasi Samsat serta jadwal Samsat Keliling.

Baca Juga:  Cara Membuat Kop Surat di Word

Demikian informasi mengenai plat AB dari daerah mana beserta penjelasan penting lainnya yang perlu anda ketahui tentang plat kendaraan. Semoga berguna dan bermanfaat.