Plat K Dari Daerah Mana? Cek Asal Daerah dan Cara Cek Pajak

metodegames.com – Bagi anda yang penasaran ingin mengetahui Plat K dari daerah mana? maka anda bisa menyimak asal daerah Plat K dan Cara Cek Pajaknya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, plat kendaraan berfungsi sebagai identitas kendaraan yang bertujuan untuk membedakan satu kendaraan dengan kendaraan lainnya dan penggunaan plat kendaraan adalah wajib yang tidak bisa ditawar bagi setiap pemilik kendaraan ditanah air.

Hukum yang wajib lainnya bagi pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat tentang plat nomor kendaraan ini adalah anda tidak bisa asal memasang hingga modifikasi plat tersebut tanpa mengacu pada aturan yang berlaku sebab akan terdapat sanksi tegas bagi pengguna kendaraan yang melanggar.

Adapun plat nomor kendaraan ini disusun oleh serangkaian seri nomor dan huruf unik sesuai dengan wilayah kendaraan itu berasal jadi bukan asal sembarangan kode saja. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang yang mengatur tentang penggunaaan plat kendaraan.

Dalam pasal 68 ayat 1 sendiri, tertulis: “Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan surat TNKB dan TNKB“. Bagi yang belum tahu, dijelaskan dalam pasal 68 ayat 2, surat TNKB umumnya memuat identitas pemilik kendaraan, nomor registrasi, serta masa berlaku.

Sementara itu, pada pasal 68 ayat 3, disebutkan bahwa TNKB memuat nomor registrasi dan masa berlaku, serta kode wilayah. Untuk TNKB ini, wajib memenuhi syarat ukuran, bentuk, hingga cara pemasangan. Untuk pemasangannya sendiri terdapat aturan khusus tersendiri yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 tahun 2012 yang disebutkan di peraturan tersebut bahwa kendaraan harus mempunyai lampu penerangan untuk plat nomor dengan tujuan agar dapat dibaca pada jarak minimal 50 meter dari belakang.

Baca Juga:  Cara Cek Resi J&T dengan Mudah

Adapun aturan dan larangan tentang modifikasi plat kendaraan tercantum dalam Dalam Undang-Undang (UU) No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, ditegaskan setiap kendaraan wajib dipasang plat nomor, Tidak hanya itu, pada UU ini juga, tertulis plat nomor kendaraan dilarang dimodifikasi, seperti mengubah warna, bentuk, tulisan, ataupun ditempeli logo dan stiker yang tidak resmi alias ilegal.

Namun apabila modifikasi ini hanya mengubah tempat plat nomor atau aksen cahaya pada kendaraan, diperbolehkan. Adapun sanksi bagi pengguna kendaraan yang tidak dipasang plat nomor.

Hal ini diatur dalam UU No. 29 pasal 280 tahun 2009 yang berbunyi “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak dipasang TNKB yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam pasal 68 ayat 1 dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu”.

Plat K Dari Daerah Mana?

Plat K Dari Daerah Mana

Seperti yang kami sebutkan diatas, plat nomor kendaraan terdiri deretan huruf dan angka tersebut untuk bisa mengetahui nomor registrasi, informasi pajak, hingga asal wilayahnya. Begitu pula dengan plat K, dimana penggunaan plat ini berasal dari wilayah Jawa Tengah yang meliputi wilayah Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora dan Grobogan.

Arti Huruf di Belakang Plat Nomor K

Sekedar informasi, plat nomor kendaraan memiliki format yaitu kode huruf depan, angka, dan kode huruf di bagian belakang. Masing-masing kode tersebut memiliki fungsi berbeda yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Kode huruf depan: menginformasikan asal wilayah kendaraan bermotor.
  • Kode angka: menginformasikan nomor pendaftaran kendaraan bermotor.
  • Kode huruf belakang : menginformasikan asal kota/kabupaten kendaraan bermotor.
Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Ajaib

Untuk plat nomor K sendiri, terdapat beberapa huruf yang dipergunakan untuk mengidentifikasikan daerah/ kabupaten tempat kendaraan bermotor diregistrasikan. Berikut ini adalah daftar kode di belakang plat nomor K sekaligus asal kota/kabupatennya:

  • Pati
  • Wilayah Pati menggunakan huruf belakang *A/*G/*H/*S/*U.
  • Kudus
  • Kabupaten Kudus menggunakan huruf belakang *T/*B/*O/*R/*K/.
  • Rembang
  • Kabupaten menggunakan huruf belakang *D/*I/*M/*W.
  • Blora
  • Wilayah Blora menggunakan huruf belakang *E/*N/*X/*Y.
  • Grobogan
  • Kabupaten Grobogan menggunakan huruf belakang **F/*J/*P/*Z.
  • Jepara
  • Wilayah Jepara menggunakan huruf belakang **C/*L/*Q/*V.

Cara Cek Pajak Online dengan Website Samsat

Bagi anda yang ingin mengecek pajak kendaraan anda dengan mudah tanpa harus ke kantor Samsat adalah dengan dengan memanfaatkan website resmi Samsat. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka situs https://e-samsat.id
  • Lalu anda bisa pilih kode plat
  • Isi nomor plat, seri, dan no rangka (5 digit terakhir) pada kolom yang tersedia
  • Pilih provinsi
  • Klik tombol “Cek Sekarang”

Informasi terkait besaran nominal pajak yang harus dibayar nantinya akan muncul di layar. Termasuk informasi mengenai rincian kendaraan meliputi, merek, model, tahun, nomor mesin, warna dan nomor angka juga akan ditampilan untuk anda catat.

Demikian informasi mengenai asal daerah Plat K dan Cara Cek Pajaknya. Semoga berguna dan bermanfaat.