Plat Nomor W dari Daerah Mana? Simak Asal Dan Cara Ceknya

metodegames.com – Apakah anda memiliki pertanyaan mengenai plat nomor W dari daerah mana? maka anda bisa menyimak asal usul dan cara cek plat kendaraan pada artikel kami kali ini.

Setiap kendaraan yang beroperasi jalan raya pastinya identik dengan penggunaan plat nomor pada bagian depan dan belakang kendaran yang berlaku untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Dimana hal ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan para pemilik kendaraan sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku di Indonesia. Jadi apapun merek kendaraan, murah atau mahal, baru atau bekas, semuanya harus memiliki plat kendaraan selama akan dipergunakan pada jalan umum dan mendapatkan layanan lalu lintas yang disediakan negara.

Plat nomor kendaraan merupakan tanda nomor kendaraan bermotor atau TNKB yang mana setiap daerah atau wilayah di Indonesia memiliki kode plat nomor yang berbeda-beda dimana bertujuan untuk mempermudah identifikasi dan pengenalan kendaraan bermotor apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam berkendara seperti kecelakaan, pelanggaran lalu lintas, tabrak lari, dan berbagai hal lainnya.

Plat Nomor W dari Daerah Mana?

Plat Nomor W dari Daerah Mana

Bagi anda yang memiliki pertanyaan plat nomor WA dari daerah mana, maka perlu anda ketahui bahwa plat nomor W berasal dari Jawa Timur yaitu untuk wilayah Gresik, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto.

Pada awalnya, wilayah Jombang dan Mojokerto memiliki plat nomor kendaraan dengan huruf depan S. Namun sejak diberlakukan Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2021, wilayah Jombang dan Mojokerto berubah menjadi plat nomor kendaraan dengan huruf depan W. Anda juga dapat membedakan kota atau kabupaten kendaraan berasal berdasarkan kode huruf belakang.

Baca Juga:  Cara TF GoPay ke DANA dengan Cepat dan Mudah

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa menyimak kode huruf belakang untuk plat nomor kendaraan W sebagai berikut.

  • Kabupaten Gresik: A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*
  • Kabupaten Sidoarjo: N*/O*/P*/Q*/R*/S*/T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*
  • Kabupaten Mojokerto: S*/T*/U*/V*
  • Kabupaten Jombang: W*/X*/Y*/Z*

Peraturan Warna Plat Kendaraan Terbaru

Sekedar informasi, dimana mulai pada Juni tahun 2022 terdapat perubahan warna plat nomor kendaraan. Plat nomor kendaraan yang sebelumnya berwarna hitam dan tulisan putih akan diganti dengan warna plat nomor kendaraan baru yaitu dibalik menjadi plat nomor kendaraan berdasarkan putih dengan tulisan hitam.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah penerapan program tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement). Penggantian warna plat nomor ini diharapkan dapat mempermudah kinerja kamera ETLE sehingga tidak akan terjadi kekeliruan. Namun walaupun begitu, anda tidak kuatir bagi yang masih mengenakan plat hitam sebab anda tidak harus langsung mengganti plat nomor kendaraan anda dimana penerapan warna plat nomor kendaraan putih dengan tulisan hitam akan digunakan oleh kendaraan baru dan kendaraan yang TNKBnya sudah habis 5 tahun.

Cara Cek Pajak Kendaraan Jatim, Sidoarjo dan Gresik

Pemerintah Jawa Timur telah menyediakan layanan pembayaran pajak melalui online, sehingga anda tidak perlu ribet lagi untuk mendatangi kantor Samsat terdekat. Berikut informasi mengenai cek pajak kendaraan Jatim.

Melalui Website

Layanan e-samsat Jatim dapat anda gunakan untuk mengecek pajak kendaraan asal Sidoarjo dan sekitarnya secara online. Untuk cek pajak kendaraan asal Sidoarjo via e-samsat Jatim, silakan anda kunjungi website info.dipendajatim.go.id, dan masukkan nomor pelat kendaraan anda pada kolom yang disediakan.

Cek Via *368#

Selain SMS, anda bisa memanfaatkan Unstructure Supplementary Service Data (USSD) pada menu telepon di HP anda. Cukup anda ketik *368# lalu tekan enter atau telepon. Setelah itu, layar telepon akan menampilkan informasi seperti ini.

  • Info Ranmor
  • Info Pajak Ranmor
  • Pajak Reminder
  • Info SIMLING
  • Info SAMLINGING, info SAMLING.
Baca Juga:  Cara Buka Rekening BNI Online

Nantinya akan muncul informasi mengenai Merk, model, tahun, warna, No. rangka dan No. mesin. Informasi pajak kendaraan dan PNBP dengan rincian; PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB dan Total yang harus dibayarkan dilengkapi dengan tanggal pajak dan tanggal STNK serta keterangan lainnya.

Demikian informasi mengenai plat nomor W dari daerah mana? beserta penjelasan lainnya yang perlu anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.