Cara Mengambil Uang di ATM BNI dengan Mudah

Cara mengambil uang di ATM BNI harus diketahui, apabila kamu nasabah baru bank BNI. Nah untuk itu, silahkan baca artikel ini sampai selesai agar paham.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau yang lebih dikenal dengan singkatan BNI, adalah sebuah perusahaan milik negara Indonesia yang memiliki peran penting dalam sektor keuangan.

BNI menyediakan beragam layanan keuangan kepada masyarakat Indonesia dan pelanggan internasional. Hingga akhir tahun 2022, BNI telah membangun kehadiran melalui 195 kantor cabang dan jaringan ATM yang mencapai 16.125 unit, tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kehadiran yang begitu luas ini menjadikan BNI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. Dengan cakupan geografis yang mencakup pulau-pulau terpencil hingga kota-kota besar.

Bank ini memastikan akses mudah ke layanan keuangan bagi masyarakat Indonesia. Jaringan ATM yang luas juga mempermudah transaksi perbankan, baik bagi perorangan maupun bisnis.

cara mengambil uang di ATM BNI 2

Namun meskipun begitu masih banyak orang yang belum tahu caranya mengambil uang di ATM. Hal ini sering terjadi khususnya nasabah baru bank BNI.

Meskipun begitu kamu tidak perlu khawatir, kali ini Metodegames akan membagikan kepada kamu bagaimana cara mengambil uang di ATM BNI. Simak penjlasan berikut ini.

Cara Mengambil Uang di ATM BNI

Sebelum melakukan transaksi, nasabah harus memastikan dulu suasana di sekitar mesin ATM tidak sepi, namun juga tidak terlalu ramai.

Silahkan cari mesin ATM yang memiliki tingkat keamanannya lengkap seperti CCTV dan satpam. Hal ini bertujuan untuk menghindari tindak kejahatan atau kejadian lain yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Download Spotify Premium Mod Apk (Android & IOS Terbaru)

Nah untuk pengambilan uang di ATM atau tarik tunai di ATM BNI, bisa kamu lakukan dengan dua cara yakni menggunakan kartu dan tanpa kartu. Berikut masing-masing disetiap caranya:

Mengambil Uang Menggunakan Kartu Debit

1. Datang ke ATM BNI Terdekat atau ATM Bersama

Pertama, pastikan kamu berada di dekat mesin ATM BNI atau mesin ATM Bersama yang tersedia di berbagai lokasi. kamu dapat dengan mudah menemukan ATM BNI di berbagai cabang bank atau pusat perbelanjaan.

2. Pilih Nominal Uang yang Diinginkan

Ketika kamu berada di depan mesin ATM BNI, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih nominal uang yang ingin kamu tarik. ATM BNI biasanya memiliki opsi nominal Rp50.000 dan Rp100.000. Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Masukkan Kartu Debit ATM BNI

Selanjutnya, masukkan kartu debit ATM BNI kamu ke dalam slot kartu ATM yang tersedia di mesin.

4. Pilih Bahasa

Kamu akan diminta untuk memilih bahasa yang kamu inginkan, yaitu Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

5. Ketik PIN ATM BNI

Ketiklah 6 digit PIN ATM BNI kamu dengan hati-hati. Penting untuk memastikan kamu tidak melakukan kesalahan, karena jika kamu salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali, kartu ATM BNI kamu akan terblokir.

6. Pilih “Tarik Tunai”

Setelah berhasil memasukkan PIN yang benar, pilih opsi “Tarik Tunai” pada layar mesin ATM.

7. Pilih Nominal Uang

kamu akan diberikan pilihan nominal uang yang tersedia di layar mesin. Pilih sesuai dengan jumlah yang ingin kamu tarik.

Jika jumlah yang kamu inginkan tidak tertera, kamu dapat memilih “Cancel” dan memulai transaksi dari awal. Kemudian, pilih “Transaksi Lainnya” dan masukkan jumlah yang diinginkan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam

8. Pilih “Rekening Tabungan”

Selanjutnya, pilih opsi “Rekening Tabungan” sebagai sumber dana untuk penarikan uang.

9. Tunggu Hingga Uang Keluar

Mesin ATM akan memproses permintaan kamu, dan dalam beberapa saat, uang yang kamu pilih akan dikeluarkan.

10. Periksa Jumlah Uang

Sebelum meninggalkan mesin ATM, pastikan untuk memeriksa jumlah uang yang dikeluarkan sesuai dengan permintaan kamu.

11. Tunggu Kartu ATM BNI Keluar

Setelah selesai bertransaksi, tunggu hingga kartu debit ATM BNI kamu keluar dari mesin.

Mengambil Uang Tanpa Kartu

cara mengambil uang di ATM BNI 3

1. Buka Aplikasi BNI Mobile Banking

Pertama-tama, pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi BNI Mobile Banking di ponsel pintar kamu. Buka aplikasi ini untuk memulai proses penarikan uang.

2. Pilih “Mobile Tunai”

Pada tampilan awal aplikasi, cari opsi “Mobile Tunai” yang biasanya terletak di bagian kanan bawah layar. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

3. Baca dan Setujui Syarat dan Ketentuan

Sebelum melanjutkan, kamu akan diminta untuk membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan kamu memahami persyaratan tersebut. Jika kamu setuju, klik “Setuju”, lalu lanjutkan dengan mengeklik “Lanjut”.

4. Pilih Rekening Sumber Dana

Selanjutnya, pilih rekening sumber dana yang akan kamu gunakan untuk melakukan penarikan tunai.

5. Pilih Nomor Handphone Tujuan

Masukkan nomor handphone tujuan yang akan digunakan oleh penerima uang. Pastikan nomor ini benar dan dapat dihubungi.

6. Masukkan Nominal Tarik Tunai

Tentukan jumlah uang yang ingin kamu tarik melalui layar aplikasi. Pastikan nominal ini sesuai dengan kebutuhan kamu.

7. Jika Dibutuhkan, Masukkan Nama dan Nomor Handphone Tujuan

Jika kamu ingin seseorang lain (misalnya, anggota keluarga atau teman) yang akan mengambil uang, kamu dapat memasukkan nama dan nomor handphone tujuan mereka.

Baca Juga:  Cara Mabar di ML Buat Pemula

8. Cek Validasi Data Tarik Tunai

Pastikan untuk memeriksa dengan teliti data yang telah kamu masukkan, termasuk nomor rekening, nomor handphone, dan nama penerima. Keakuratan informasi ini sangat penting.

9. Masukkan Password Transaksi

Setelah semua data diverifikasi, kamu akan diminta untuk memasukkan password transaksi kamu sebagai langkah keamanan tambahan.

10. Terima Kode Transaksi

Setelah semua informasi dimasukkan, sebuah kode transaksi akan dikirimkan ke nomor handphone yang kamu pilih sebelumnya. Kode ini akan berlaku selama 2 jam.

Dengan kode transaksi ini, penerima uang dapat mengunjungi mesin ATM BNI mana pun yang mendukung layanan ini. Mereka dapat memasukkan kode tersebut di mesin ATM untuk menarik uang sesuai dengan permintaan kamu.

Nah itulah penjelasan mengenai cara mengambil uang di ATM BNI. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang belum bisa mengambil uang di ATM BNI.