Begini Cara Mengatasi Download Play Store yang Gagal, Tertunda atau Error

metodegames.com – Bagi anda yang sedang ingin mendownload aplikasi android di playstore tetapi terus gagal, maka anda harus menyimak cara mengatasi download playstore yang gagal, tertunda atau error yang akan kami bagikan pada artikel kami kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, google playstore merupakan toko aplikasi resmi bagi pengguna android untuk mengunduh beragama aplikasi mulai dari yang gratis hingga berbayar. Google playstore sendiri memiliki ribuan koleksi aplikasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tidak heran, sebab semua pengembang aplikasi pastinya memasukkan daftar aplikasinya di playstore mengingat pengguna android yang merupakan pengguna terbanyak didunia sehingga aplikasi mereka menjadi mudah ditemukan, didownload serta digunakan oleh pengguna android.

Namun ketika playstore bermasalah pastinya akan membuat anda bingung bukan? apalagi jika anda ingin mendownload aplikasi tetapi proses download anda terus gagal, tertunda atau error. Namun jangan panik dulu sebab permasalahan ini umum terjadi dirasakan pengguna android. Dan juga masalah ini bukan berarti HP android anda rusak. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal untuk membuat playstore anda normal kembali untuk mendownload aplikasi yang anda inginkan.

Namun sebelum kita membahas cara mengatasi download playstore yang gagal, tertunda atau error maka anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Download Play Store yang Gagal, Tertunda atau Error

Cara Mengatasi Download Play Store yang Gagal

Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama yang paling umum dan kerap terjadi dan menyebabkan download aplikasi di playstore selalu tertunda atau gagal adalah karena koneksi internet yang lambat dan tidak stabil dimana koneksi internet yang lancar dan stabil diperlukan ketika mendownload aplikasi.

Baca Juga:  Download Kinemaster Diamond Mod APK Terbaru 2023 (Fitur Premium Tanpa Watermark)

Ketika sinyal lemah dan kecepatan internet rendah, biasanya proses download aplikasi tidak akan berjalan dan akan muncul tulisan download pending atau download tertunda.

Memori Internal Penuh

Perlu anda ketahui bahwa semakin banyak aplikasi dan file yang ada di HP maka akan memenuhi memori internalnya. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa proses download aplikasi di Play Store tertunda. Proses download tertunda karena sistem mendeteksi bahwa memori penyimpanan tidak bisa menampung ukuran file yang didownload ketika update.

Ada Aplikasi Lain yang di Download

Perlu anda ketahui bahwa terkadang Play Store juga mendownload atau update aplikasi secara otomatis, terutama ketika Android terhubung dengan WiFi dan hal ini sering tidak disadari oleh pengguna Android sehingga download aplikasi yang diinginkan menjadi tertunda sebab Play Store tidak bisa mendownload dua aplikasi sekaligus.

Adapun ketika Play Store sedang mengupdate aplikasi secara otomatis, maka aplikasi berikutnya pun akan tertunda proses downloadnya. Proses download aplikasi selanjutnya akan berjalan secara otomatis ketika aplikasi pertama sudah selesai diinstall. Jadi, pastikan apakah ada aplikasi lain yang sedang di download di waktu yang sama.

Pengaturan Koneksi WiFi

Download yang tertunda di Play Store juga bisa disebabkan oleh pengaturan koneksi WiFi. Apabila pengguna mengatur opsi WiFi Only, maka proses download hanya akan bisa berlangsung ketika smartphone terhubung dengan koneksi WiFi.

Ketika HP mencoba mendownload aplikasi menggunakan koneksi data seluler, maka prosesnya akan tertunda. Walaupun mungkin terkesan sepele, akan tetapi hal ini adalah penyebab download tertunda di play store yang kerap terjadi.

Cara Mengatasi Download Play Store yang Tertunda atau Gagal

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab mengapa download playstore yang gagal, tertunda atau error, maka simak langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya sebagai berikut

Baca Juga:  X8 Speeder Apk

Merubah Pengaturan Jaringan

Sebagai langkah pertama apabila penyebab download gagal karena sinyal internet yang lemot maka anda bisa merubah koneksi anda menggunakan WiFi.  Adapun tujuannya adalah untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik. Jaringan WiFi umumnya bisa anda temukan tersedia di tempat umum seperti kafe, WiFi corner, atau hotel.

Merubah Pengaturan Download

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas dimana download tertunda juga bisa disebabkan oleh pengaturan jaringan di playstore. Hal ini terjadi karena secara default play store mengatur agar hanya bisa download aplikasi melalui jaringan WiFi, maka anda harus mengubah pengaturannya.

Setelah mengubah pengaturan play store seperti di atas, anda bisa mencoba mengecek kembali aplikasi yang tadi akan di download. Jika bisa berjalan, berarti permasalahan anda selesai. Namun apabila belum, anda bisa beralih ke langkah selanjutnya dibawah ini.

Bersihkan Cache Play Store

Sering mendownload game atau aplikasi di Play Store akan menyebabkan ukuran file cache bertambah banyak. Ketika kapasitas cache penuh, kinerja Play Store akan melambat, bahkan tidak bisa untuk install aplikasi.

Update Play Store ke Versi Terbaru

Sebagai aplikasi, google playstore juga perlu diupdate sebab versi aplikasi yang terlalu lawas bisa menghambat kinerjanya. Jadi, anda bisa update play store untuk mengatasi download tertunda apabila tersedia versi terbaru.

Memeriksa Penyimpanan Android

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana pada beberapa HP Android memiliki kapasitas memori internal yang terbatas, contohnya 16GB atau 32GB dan seterusnya. Anda bisa memeriksa sisa kapasitas memori internal apabila anda mengalami masalah download tertunda di Play Store.

Caranya pun sangat mudah dimana anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi pengelola file. Apabila penuh, anda bisa menghapus beberapa file terlebih dahulu untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Setelah sudah menghapus beberapa file sehingga penyimpanan tersedia, anda bisa membuka kembali Playstore dan download aplikasi yang diinginkan seperti biasa karena anda sudah mengatasi play store download tertunda.

Baca Juga:  Gas Station Simulator Mod Apk

Reset Android

Dan langkah terakhir yang harus anda lakukan apabila semua langkah diatas telah anda lakukan tetapi download atau update aplikasi di playstore tetap tertunda atau gagal, maka anda bisa melakukan reset Android anda dengan cara mengakses menu Settings, lalu pilih System, kemudian pilih Advance lalu Reset.

Namun sebagai catatan, sebelum melakukan reset android maka sebaiknya anda telah membackup data anda terlebih dahulu karena dengan cara ini  akan menghapus semua data yang ada di memori internal di HP anda.

Sekian informasi mengenai cara mengatasi download playstore yang gagal, tertunda atau error. Kini anda tidak perlu panik atau bingung lagi ketika mendapatkan permasalahan tersebut dengan mengikuti langkah-langkah cara mengatasinya yang kami sebutkan diatas. Semoga berguna dan berhasil.

Tinggalkan komentar