Cara Setting Set Top Box dengan Mudah

Bagaimana cara setting set top box? Apabila kamu baru membeli set top box dan belum tahu cara menyettingnya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

TV Digital mulai diberlakukan pada tahun 2022, hal ini membuat banyak masyarakat mau tidak mau harus mengalihkan siaran TV dari dari sistem analog ke sistem digital.

Alat pendukung agar bisa berjalan pada sistem digital ini adalah set top box. Dengan alat ini, kamu tidak perlu membeli TV baru, melainkan bisa menambahkan STB di TV tabung mereka.

Cara Setting Set Top Box 2

Lalu bagaimana cara setting set top box? Jika kamu belum tahu caranya, silahkan simak penjelasan yang akan Metodegames bahas kali ini.

Cara Setting Set Top Box

Sebelum melakukan penyettingan set top box pada TV tabung, kamu harus memastikan antena UHF yang digunakan sudah menghadapa ke posisi yang tepat.

Untuk mencari posisinya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi sinyalTVdigital yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Jika sudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah setting set top box pada TV tabung berikut ini:

1. Menghubungkan STB ke TV dan Antena

Langkah pertama adalah menghubungkan STB ke televisi kamu serta antena eksternal untuk mendapatkan siaran digital. Lakukan langkah berikut:

  1. Ambil kabel RCA yang disertakan dengan STB kamu (atau kabel HDMI jika STB dan TV mendukungnya).
  2. Sambungkan satu ujung kabel RCA (atau HDMI) ke port keluar STB.
  3. Sambungkan ujung lainnya ke port masukan pada televisi tabung kamu.
  4. Pastikan juga untuk menghubungkan antena eksternal ke port antena yang tersedia pada STB.
Baca Juga:  Cara Mendownload Video Dari YouTube

2. Menyalakan TV dan Mengubah Sumber ke AV

Selanjutnya, nyalakan televisi tabung kamu dan pastikan untuk mengubah sumber inputnya ke mode AV. Ini memungkinkan TV untuk menerima sinyal dari STB. kamu dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ambil remote kontrol TV kamu.
  2. Tekan tombol “Input” atau “Source” pada remote kontrol.
  3. Pilih opsi “AV” atau “Input” yang sesuai hingga kamu melihat gambar dan suara dari STB di layar TV.

3. Menyalakan STB

Setelah TV kamu diatur untuk menerima sinyal dari STB, langkah selanjutnya adalah menyalakan STB itu sendiri. Lakukan seperti ini:

  1. Ambil remote kontrol STB atau tekan tombol daya pada perangkat STB itu sendiri.
  2. Ketika STB menyala, kamu mungkin akan diminta untuk memasukkan informasi tertentu, seperti kode pos kamu. Isilah informasi ini sesuai dengan lokasi kamu saat ini. Ini membantu STB menemukan saluran lokal dengan benar.

4. Mencari Siaran TV Digital

Setelah STB dinyalakan dan diatur dengan benar, sekarang saatnya untuk mencari siaran TV digital. Ikuti langkah-langkah ini:

  1. Gunakan remote kontrol STB untuk mengakses menu.
  2. Pilih opsi “Pencarian Saluran” atau serupa.
  3. Pilih “Pencarian Saluran Secara Otomatis” atau pilihan serupa.
  4. Biarkan STB melakukan pencarian otomatis. Ini akan memindai saluran digital yang tersedia di daerah kamu.
  5. Setelah pencarian selesai, saluran-saluran yang ditemukan akan disimpan secara otomatis.

5. Menikmati Siaran TV Digital

Setelah saluran-saluran digital berhasil ditemukan dan disimpan, kamu sekarang bisa menikmati siaran TV digital terbaru langsung dari televisi tabung kamu dengan bantuan STB. Gunakan remote kontrol STB untuk mengganti saluran, mengatur volume, dan menavigasi menu.

Kelebihan TV Digital Dibanding TV Analog

Cara Setting Set Top Box 3

TV digital memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan TV analog. Berikut adalah beberapa kelebihan yang membuatnya lebih menarik:

Baca Juga:  Cara Membuat Sound Of Text Wanita Cantik

1. Kualitas Gambar dan Suara Lebih Jernih dan Jelas

Salah satu keunggulan utama TV digital adalah kualitas gambar dan suara yang lebih baik. Gambar pada TV digital memiliki resolusi yang lebih tinggi dan tidak ada gangguan seperti gambar buram atau saluran yang kabur seperti pada TV analog. Suara juga lebih jelas, menghadirkan pengalaman menonton yang lebih memuaskan.

2. Fasilitas Tambahan dengan Teknologi Canggih

TV digital menawarkan canggihnya teknologi dengan berbagai fasilitas tambahan. Salah satunya adalah Electronic Program Guide (EPG), yang memungkinkan pemirsa untuk melihat jadwal acara yang telah ditayangkan dan yang akan datang.

3. Layanan Interaktif

TV digital juga membawa konsep layanan interaktif. Pemirsa dapat berpartisipasi dalam program dengan memberikan rating langsung terhadap program siaran. Ini memberikan pemirsa lebih banyak kontrol atas pengalaman menonton mereka dan interaksi dengan acara televisi.

4. Teknologi Parental Lock

Untuk menjaga konten yang sesuai dengan usia anak, TV digital memiliki fitur parental lock. Orangtua dapat mengatur program acara yang sesuai dengan usia anak mereka, sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang konten yang tidak pantas.

5. Banyak Pilihan Saluran

Salah satu kelebihan besar dari TV digital adalah beragamnya pilihan saluran. Kamu dapat mengakses ratusan saluran dengan berbagai jenis konten, mulai dari berita dan hiburan hingga olahraga dan acara pendidikan.

6. Program Bermutu untuk Masyarakat

TV digital juga memungkinkan penyiaran program yang lebih bermutu untuk masyarakat. Dengan teknologi yang lebih baik, program-produk bermutu tinggi dapat disiarkan dengan lebih baik, memberikan manfaat yang lebih besar bagi pemirsa.

7. Gratis dan Tidak Memerlukan Kuota Internet

Salah satu keunggulan terbesar TV digital adalah bahwa ini adalah layanan gratis (free to air). Tidak seperti layanan streaming yang memerlukan kuota internet atau berlangganan berbayar setiap bulan, TV digital dapat dinikmati tanpa biaya tambahan.

Baca Juga:  Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Itulah penjelasan mengenai cara setting set top box. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang belum bisa menyettingnya set top box. Terima Kasih dan Selamat Mencoba.