Plat Nomor Kendaraan AA dari Mana? Cek Asal Daerahnya dan Arti Kode Belakangnya

metodegames.com – Apakah anda mencari informasi plat nomor kendaraan AA berasal dari daerah mana? Untuk lebih jelasnya anda bisa informasi lengkapnya dibawah beserta arti asal wilayah dari kode plat belakang.

Sudah menjadi kewajiban setiap kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, truk, maupun bus wajib kode plat nomor, baik itu untuk pemakaian pribadi, kendaraan dibidang bisnis tranportasi, hingga kendaraan dinas milik lembaga pemerintah maupun swasta.

Penggunaan plat kendaraan juga telah di atur oleh undang-undang baik itu bentuknya dan penempatannya dimana plat kendaraan di larang untuk dilakukan modifikasi dari bentuk aslinya dan juga isi kode platnya dan apabila pemilik plat kendaraan tetap bersikeras melakukan modifikasi pada plat, maka sanksi tilang dari kepolisian pun harus siap diterima sebagai konsikuensinya. Selain itu penempatan plat juga harus di tempatkan pada bagian depan dan bagian belakang kendaraan. Penempatan ini harus sepaket dan tidak bisa hanya didepan saja atau dibelakang saja.

Adapun pengaturan hal tersebut bertujuan untuk mempermudah identifikasi pihak berwenang akan usul kendaraan, administrasi kendaraan dan lain sebagainya. Hal ini penting untuk melakukan pelacakan apabila terjadi pelanggaran lalu lintas, perbuatan kejatahatan menggunakan kendaraan bermotor, hingga mengetahui kewajiban pajak kendaraan.

Plat Nomor Kendaraan AA dari Mana?

Plat Nomor Kendaraan AA dari Mana

Bagi anda yang memiliki pertanyaan plat nomor kendraan AA berasal dari mana? maka perlu anda ketahui bahwa awalan huruf pada plat kendaraan merujuk pada asal wilayah provinsi atau kota asal plat, dimana setiap provinsi atau kota di tanah air memiliki kode masing-masing untuk mempermudah proses identifikasi.

Adapun untuk kode plat kendaraan AA ini merupakan plat kendaraan yang berasal dari wilayah area dan kode antara Kebumen, Magelang, dan sekitarnya, Jawa Tengah. Sedangkan untuk kode belakang dari plat AA menandakan wilayah asal plat dari daerah sekitarnya.

Baca Juga:  Cara Cek Kuota XL Go Dengan Aplikasi myXL dan Website

Untuk lebih jelasnya simak arti asal wilayah dari kode plat belakang AA.

  • Kota Magelang memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *A/*H/*S/*U.
  • Temanggung memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *E/*N/*Y.
  • Kabupaten Wonosobo memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *F/*P/*Z.
  • Kabupaten Magelang memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *B/*G/*K/*O/*T.
  • Purworejo memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *C/*L/*Q/*V.
  • Kabupaten Kebumen memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *D/*J/*M/*W.

Warna Plat Nomor Kendaraan

Sekedar informasi warna dasar dari plat nomor kendaraan juga memberikan informasi tentang peruntukan dari kendaraan tersebut yang mana sesuai dengan peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 45 menjabarkan apa saja warna-warna dasar plat nomor serta peruntukkannya.

  • Putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing dan Badan Internasional
  • Kuning dengan tulisan hitam untuk kendaraan umum
  • Merah dengan tulisan putih untuk kendaraan milik instantsi pemerintah
  • Hijau dengan tulisan hitam untuk kendaraan di Kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan

Demikian informasi mengenai pertanyaan informasi plat nomor kendaraan AA berasal dari daerah mana. Semoga berguna dan bermanfaat serta memberikan anda informasi yang anda inginkan.