Plat Nomor N Dari Mana? dan Arti Kode Belakang Wilayah

metodegames.com – Bagi anda yang mencari informasi mengenai plat nomor N dari mana, maka anda tepat menemukan artikel ini dimana anda bisa menemukan jawabannya lengkap dengan arti kode belakang wilayahnya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, plat nomor dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan sebagai tanda identifikasi dan bukti bahwa kendaraan tersebut sudah memiliki izin untuk beroperasi di jalanan dan juga sebagai data untuk membayar pajak dan juga memperpanjang STNK. Hal ini telah diatur dalam Undang-undang begitu pula dengan larangan modifikasi dari bentuk dan isi dari plat kendaraan.

Dalam pasal 68 ayat 1 dituliskan bahwa “Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan surat TNKB dan TNKB“. Bagi yang anda yang belum mengetahui apa itu TNKB, maka perlu anda ketahui dimana surat TNKB umumnya memuat identitas pemilik kendaraan, nomor registrasi, serta masa berlaku.

Penggunaan plat juga diatur pada pasal 68 ayat 3 yang menyebutkan bahwa TNKB memuat nomor registrasi dan masa berlaku, serta kode wilayah. Untuk TNKB ini, wajib memenuhi syarat ukuran, bentuk, hingga cara pemasangan. Untuk pemasangannya sendiri terdapat aturan khusus tersendiri yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 tahun 2012 yang disebutkan di peraturan tersebut bahwa kendaraan harus mempunyai lampu penerangan untuk plat nomor dengan tujuan agar dapat dibaca pada jarak minimal 50 meter dari belakang.

Sedangkan aturan dan larangan tentang modifikasi plat kendaraan tercantum dalam Dalam Undang-Undang (UU) No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang mana ditegaskan dimana setiap kendaraan wajib dipasang plat nomor. Selain itu, tertulis plat nomor kendaraan dilarang dimodifikasi, seperti mengubah tulisan, warna, bentuk ataupun ditempeli logo dan stiker yang tidak resmi alias ilegal yang semuanya diatur dalam Undang-undang ini.

Isi Artikel

Plat Nomor N Dari Mana?

Plat Nomor N Dari Mana?

Huruf dan angka yang tercantum pada plat kendaraan tentunya bukan tanpa alasan dan asal-asalan saja, dimana setiap huruf dan angka memiliki artinya sendiri. Sepeti pada huruf awal pada plat yang menandakan asal wilayah plat dimana setiap wilayah provinsi atau kota di Indonesia memiliki kodenya masing-masing.

Baca Juga:  Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP

Jika anda memiliki pertanyaan tentang plat nomor N berasal dari mana, maka anda perlu mengetahui plat nomor N merupakan identitas bagi kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah Malang dan sekitarnya. Apabila dijumlahkan, terdapat 8 kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor N tersebut.

Kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor N diantaranya adalah Kota Malang, Kab. Malang, Kota Batu, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Kab. Lumajang, Kota Pasuruan, dan Kab. Pasuruan. Adapun untuk membedakan asal kabupaten dan kota dari plat N adalah ditandai dengan kode belakang pada akhir plat. Berikut daftar kode belakang plat nomor N.

  • Kota Malang A/B/C/E N 1234 ER
  • Kab. Malang D/F/G/H/I/J N 1234 JL
  • Kota Batu K/L N 1234 LI
  • Kab. Probolinggo M/N/P N 1234 MP
  • Kota Probolinggo Q/R/S N 1234 RF
  • Kab. Lumajang U/Y/Z N 1234 ZK
  • Kota Pasuruan V/X N 1234 VL
  • Kab. Pasuruan O/T/W N 1234 WT

Cara Cek Plat Nomor N

Saat ini, anda dapat cek informasi tentang kendaraan Anda dengan mudah. Bahkan anda bisa melakukannya melalui HP tanpa harus meninggalkan tempat duduk anda. Simak panduannya sebagai berikut.

Dengan aplikasi E-Samsat

Cara pertama untuk cek plat nomor N adalah dengan menggunakan aplikasi E-Smart Samsat Jatim. Aplikasi ini bisa anda download secara gratis di Play Store. Namun, sebelum bisa menggunakan aplikasi ini untuk cek plat nomor N, maka anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah registrasi berhasil, maka anda bisa cek plat nomor N dengan memasukkan seri plat nomor secara lengkap.

Melalui Website

Selanjutnya, anda juga bisa cek plat nomor N melalui website https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/. Anda bisa memasukkan plat nomor kendaraan anda secara lengkap. Kemudian masukkan juga NIK anda dan lakukan verifikasi. Setelah itu, akan ditampilkan informasi lengkap tentang kendaraan bermotor plat nomor N yang anda miliki beserta dengan pajaknya.

Baca Juga:  Cara Download MP3 dari YouTube

Demikian informasi mengenai informasi mengenai plat nomor N dari mana lengkap dengan cara cek plat nomor N secara aplikasi baik itu dengan aplikasi maupun website. Semoga berguna dan bermanfaat.