Tempat Download Aplikasi APK Android yang Aman dan Terpercaya

metodegames.com – Apakah anda mencari referensi tempat download aplikasi selain google playstore? Maka simak tempat download aplikasi APK android yang aman dan terpercaya sebagai referensi anda.

Apa itu aplikasi APK? Sekedar informasi APK merupakan sebuah ekstensi yang artinya Android Package Kit. Format ini merupakan format berkas yang digunakan untuk memasang aplikasi Android dimana cara kerjanya mirip berkas instalasi dengan format .EXE yang mungkin sudah akrab bagi anda para pengguna PC atau laptop Windows. Jadi apabila anda memasang sebuah aplikasi Android di luar Google Play Store, yang artinya anda menjalankan proses ‘sideloading’ sehingga anda harus mengunduh dan menjalankan APK secara manual.

Walaupun download file APK memiliki risiko yang rentan dari virus atau malware karena didownload dari aplikasi diluar playstore yang disarankan untuk pengguna HP android, namun tidak semua file APK bersifat “jahat” yang perlu anda perhatikan adalah berhati-hati dalam memilih tempat download aplikasi APK android yang aman dan terpercaya.

Umumnya tempat terpercaya melakukan semacam filter dan scan khusus sebelum membuat aplikasi bisa didownload pengguna umum dan memiliki persyaratan khusus bagi para pengunggah file aplikasi APK untuk benar-benar memastikan keamanan aplikasi.

Adapun salah satu hal yang menarik mendownload file apk selain dari playstore adalah dimana terdapat beragam aplikasi yang tidak ditemukan di playstore. Dan juga terdapat banyak aplikasi pihak ketiga dengan fitur istimewa dibandingkan versi aslinya di playstore. Maka dari itu tidak heran apabila banyak orang berburu aplikasi APK.

Bagi anda yang mencari tempat download aplikasi APK android yang aman dan terpercaya, maka kali ini kami akan memberikan daftarnya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tempat Download Aplikasi APK Android yang Aman

Tempat Download Aplikasi APK Android

APKPure

Rekomendasi tempat download aplikasi apk android yang pertama adalah situs dan aplikasi bernama APKPure dimana layanan ini menerapkan kebijakan yang cukup ketat mengenai keamanan untuk memastikan semua file APK yang diunggah ke situsnya aman dan bebas virus.

Baca Juga:  Yallalive.io Apk

Adapun cara kerja APKPure adalah dnegan memverifikasi legalitas semua aplikasi dan aspek lainnya untuk memastikan keamanan. Ketika sebuah APK diragukan keamanan atau asal usulnya, maka aplikasi tersebut tidak akan dipublikasikan di situsnya.

Selain tersedia sebagai aplikasi, APKPure juga bisa anda akses melalui browser dengan langsung menuju ke situs resminya. Ketika anda menginstal aplikasinya, maka aplikasi APKPure akan berjalan seperti Google Play Store.

APKMirror

Selanjutnya adalah situs bernama APKMirror yang dimiliki dan dioperasikan oleh tim yang sama dengan tim yang membuat situs berita Android Police. Dengan demikian, situs ini bisa diandalkan untuk mengunduh aplikasi APK. Situs ini juga tidak kalah populer dan aman dibandingkan APKPure.

Untuk menjaga keamanan pengguna, APKMirror menerapkan beberapa kebijakan termasuk verifikasi semua APK yang diunggah ke situsnya sebelum dipublikasikan hingga memverifikasi kecocokannya dengan aplikasi lain.

Apabila APKMirror tidak bisa memverifikasi validitas file APK terkait, maka aplikasi tersebut tidak akan dipublikasikan di situsnya. Maka dari itu anda tidak akan menemukan APK yang dimodifikasi atau aplikasi bajakan di situs ini sehingga bisa dipastikan layanan ini aman.

APK Downloader

APK Downloader menarik semua APK yang ada di Play Store, sehingga keamanannya cukup bisa diandalkan. Seperti situs download APK yang sudah disebut sebelumnya, situs APK Downloader menyediakan banyak aplikasi dengan katalog yang cukup lengkap, sehingga anda bisa mengandalkan layanan ini sebagai alternatif pengganti google playstore.

Aptoide

Selanjutnya adalah layanan situs bernama Aptoide yang juga merupakan situs download APK yang aman dengan lebih dari 200 juta pengguna. Situs ini juga menjadi yang pertama yang mendukung teknologi blockchain dan cryptocurrency. Dengan dukungan tersebut, Aptoide memungkinkan pengembang berbagi hasil menggunakan token dalam situs yang disebut AppCoins.

Baca Juga:  Mod Coin DLS

Selain itu, Aptoide juga memungkinkan pengguna atau pengembang untuk mengelola toko sendiri, sehingga aplikasi APK mod juga bisa diunggah dan tersedia untuk didownload pengguna android lainnya.

APKMonk

APKMonk sama seperti situs download APK lainnya, tetapi lebih fokus pada aplikasi game. Situs ini dinilai aman karena anda akan disuguhkan dengan semua versi aplikasi sebelumnya dan metadatanya diambil dari Play Store. Tdak hanya itu, APKMonk juga menerapkan pemeriksaan malware sebelum mengizinkan aplikasi APK tersedia di situsnya dan bisa digunakan pengguna android.

Yalp Store

Yalp Store tersedia dalam versi aplikasi dan tidak memiliki situs yang bisa diakses dengan browser. Jadi untuk mengaksesnya, anda harus mengunduh aplikasi Yalp Store terlebih dahulu melalui F-Droid, toko aplikasi alternatif Play Store. Apabila aplikasi sudah anda install, maka anda bisa menelusuri dan mendownload aneka aplikasi APK di Play Store melalui Yalp Store. Dengan sistem tersebut, anda tidak perlu khawatir soal keamanannya.

APKHere

Dan Rekomendasi tempat download aplikasi APK yang terakhir adalah situs bernama APKHere yang merupakan situs menyediakan file APK berbahasa asing yang mungkin tidak tersedia di Play Store pengguna di wilayah tertentu. Dengan situs ini, anda bisa menemukan APK Jerman, APK China, APK Rusia dan lainnya.

Situs ini terbilang aman, tetapi aplikasi yang ada di situs ini perlu dievaluasi dan dicek lagi oleh pengguna, khususnya untuk aplikasi asing tadi seperti aplikasi dari China atau Rusia untuk benar-benar memastikan keamanannya.

Sekian informasi mengenai tempat download aplikasi APK android yang aman dan terpecaya bagi anda pengguna perangkat HP android. Semoga berguna dan bermanfaat.