Cara Memblokir Kontak di Telegram dengan mudah

Apakah kamu sering diganggu dengan kontak yang tidak dikenal? Untuk mengatasinya kamu bisa memblokir kontak tersebut, lalu bagaimana cara memblokir kontak di Telegram? Baca artikel ini sampai selesai.

Telegram merupakan salah satu platform yang menyediakan layanan pengirim pesan singkat sama seperti WhatsApp dan lainnya. Kamu bisa mengakses aplikasi ini secara gratis.

Aplikasi Telegram dikenal dengan sistem keamanan yang cukup tinggi. Namun meskipun begitu, hal tersebut tidak menjadikan aplikasi ini bebasa dari akun atau kontak yang mengganggu.

Sama seperti WhatsApp, kamu bisa memblokir kontak yang mengganggu tersebut secara manual. Dengan cara ini maka kamu sudah aman dari kontak yang sering melakukan spam chat.

cara memblokir kontak di Telegram 2

Lalu bagaimana cara melakukan pemblokiran kontak pada Telegram? Nah kali ini Metodegames telah mengumpulkan beberapa cara yang bisa kamu coba.

Cara Memblokir Kontak di Telegram

Apabila kamu sering menggunakan Telegram, cara memblokir kontak di Telegram wajib kamu ketahui. Karena dengan memblokir kontak yang tidak dikenal, maka kamu bisa mencegah orang tersebut untuk melakukan spam baik itu pesan maupun video.

Setelah kamu memblokir kontak tersebut, pihak Telegram tidak akan mengirimkan pemberitahuan ke kontak yang diblokir. Sehingga kamu tidak perlu takut menyinggung siapapun.

Untuk memblokir kontak di Telegram, kamu bisa melakukan beberapa cara yang cukup mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

Memblokir di HP Android

Jika kamu menggunakan HP Android, berikut adalah beberapa metode praktis untuk memblokir kontak di Telegram.

Baca Juga:  Bot Pacar Telegram

1. Metode Manual di Daftar Kontak

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk memblokir kontak di Telegram adalah dengan cara manual melalui daftar kontak. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Telegram di HP Android kamu dan pastikan sudah login.
  2. Di layar utama Telegram, ketuk menu tiga garis horizontal yang terletak di sudut kiri atas layar.
  3. Pilih opsi “Contact” untuk membuka daftar kontak kamu.
  4. Gulir ke bawah hingga mencapai bagian paling bawah daftar kontak.
  5. Pilih kontak yang ingin kamu blokir.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kamu berhasil memblokir kontak secara manual. Namun, ada metode lain yang juga bisa kamu coba.

2. Blokir Kontak Melalui Profil

Metode kedua melibatkan pemblokiran kontak melalui profil. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi Telegram di HP Android dan pastikan sudah login.
  2. Di layar utama, temukan atau cari profil kontak yang ingin kamu blokir.
  3. Pada profil kontak, cari opsi yang menyediakan kemungkinan untuk memblokir kontak.
  4. Ketuk opsi tersebut untuk mengonfirmasi pemblokiran.

Memblokir di iPhone

Untuk pengguna iPhone, melindungi privasi mereka di aplikasi Telegram bisa dilakukan dengan mudah. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk memblokir kontak pada Telegram:

  1. Mulailah dengan membuka layar kunci HP iPhone kamu. Pastikan kamu dapat mengakses aplikasi Telegram dengan aman.
  2. Setelah membuka layar kunci, buka aplikasi Telegram dan pastikan kamu sudah login ke akun kamu.
  3. Di dalam aplikasi Telegram, cari ikon tiga garis horizontal yang terletak di sudut kiri atas layar. Ketuk ikon tersebut untuk mengakses menu utama.
  4. Dalam menu utama, temukan dan ketuk opsi “Kontak”. Selanjutnya, pilih kontak yang ingin kamu blokir dari daftar kontak kamu.
  5. Setelah memilih kontak, ketuk nama atau foto profil mereka. Kemudian, cari dan ketuk ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas layar.
  6. Gulir ke bawah dalam menu yang muncul dan pilih opsi “Blokir”. Ini akan membawa kamu ke langkah berikutnya dalam proses pemblokiran.
  7. Saat diminta konfirmasi untuk memblokir kontak tersebut, ketuk opsi “OK” untuk menyelesaikan proses. Dengan ini, kontak tersebut berhasil diblokir di aplikasi Telegram pada perangkat iPhone kamu.
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Suara di Video dengan Mudah

Menggunakan Fitur Block Unknown Users di Pengaturan Privasi

Selain cara manual dalam daftar kontak, Telegram juga menyediakan fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memblokir kontak yang dianggap mengganggu.

cara memblokir kontak di Telegram 3

Jika seseorang yang melanggar privasi kamu tidak terdaftar dalam daftar kontak kamu, tidak perlu khawatir. Gunakan pengaturan Privasi Telegram untuk melakukan tindakan pemblokiran ini.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Telegram di perangkat kamu. Setelah itu, buka menu utama dan ketuk opsi “Pengaturan”.
  2. Setelah berada di menu Pengaturan, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Privasi dan Keamanan”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.
  3. Di dalam menu Privasi dan Keamanan, cari opsi “Pengguna yang Diblokir” dan ketuk untuk membuka daftar pengguna yang telah kamu blokir sebelumnya.
  4. Selanjutnya, di dalam daftar Pengguna yang Diblokir, ketuk tombol “Blokir pengguna”. Dengan langkah ini, kamu akan memulai proses pemblokiran pengguna yang tidak diinginkan.
  5. Ikuti petunjuk selanjutnya hingga kamu dapat memilih obrolan atau kontak yang ingin kamu blokir. Setelah memilih, konfirmasikan tindakan pemblokiran tersebut.

Dengan menggunakan fitur Privasi Telegram, kamu dapat dengan mudah mengelola dan memblokir kontak yang mungkin mengganggu tanpa perlu menambahkannya ke dalam daftar kontak HP kamu.

Itulah penjelasan mengenaui cara memblokir kontak di Telegram. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk memblokir kontak yang selalu melalukan spam dan mengganggu.