Cara Membuka Situs yang Diblokir

Hayoo siapa yang ingin membuka situs yang diblokir oleh pemerintah? Ternyata membuka situs yang diblokir sangatlah mudah, kamu bisa menyimak cara membuka situs yang diblokir berikut ini:

Apakah kalian pernah ketika mengakses situs tertentu muncul pemberitahuan situs telah diblokir? Banyak sekali alasan mengapa situs tersebut diblokir oleh pemerintah.

Salah satunya adalah isi konten situs tersebut tidak layak diakses oleh masyarakat karena berlawanan dengan Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Selain itu Pemblokiran ini bertujuan untuk menjaga jaringan internet didalam negeri, sehingga akan lebih aman dari serangan virus yang dapat membocorkan data pengguna internet dan membahayakan masyarakat.

Namun ada suatu kondisi, dimana kamu sangat membutuh informasi dari situs tersebut namun sayangnya malah diblokir pemerintah. Meskipun begitu kamu tetap bisa membuka situs tersebut dengan beberapa cara mudah.

cara membuka situs yang diblokir 2

Jika kamu penasaran, Metodegames telah merangkum beberapa cara membuka situs yang diblokir yang bisa kamu coba. Cara ini termasuk legal, ya! Hampir semua orang memakai cara berikut ini:

Cara Membuka Situs yang Diblokir

Untuk membuka situs yang diblokir, kamu bisa menggunakan aplikasi lainnya atau menggunakan browser itu sendiri. Supaya lebih jelas, silahkan sima cara-cara dibawah ini.

1. Membuka Situs dengan VPN

VPN merupakan alat yang sering digunakan seseorang untuk membuka situs yang diblokir. Cara kerja alat ini seperti namanya virtual private network (VPN) yang mengenkripsi lalu lintas internet dan memungkinkan kamu memalsukan alamat protokol internet atau IP sehingga tidak ada yang bisa melihat lokasi yang sebenarnya.

Baca Juga:  Begini Cara Menggunakan Voice Spice, Aplikasi Pengubah Suara

Singkatnya begini, yang biasanya data lalu lintas dikirim langsung ke situs web dimana kamu kamu berada, maka VPN jadi ‘perantara’ yang mengambil data kamu dan mengirim ulang.

Jika alamat VPN kamu berada di Amerika atau Singapura, maka alamat protokol internet atau IP kamu juga akan berada disana. Jadi kamu bisa dengan bebas mengunjungi situs-situs yang diblokir pemerintah dengan mengganti alamat IP.

2. Membuka Situs dengan Proxy

Cara berikutnya adalah menggunakan Proxy. Cara kerja Proxy sama seperti VPN, Proxy juga mengalihkan lalu lintas melalui server mereka sendiri. Namun ada beberapa perbedaan.

Perbedaannya adalah Proxy tidak mengenkripsi data seperti yang dilakukan VPN. Namun resikonya, semau lalu lintasmu bisa dilihat oleh pihak ketiga sepenuhnya, yang bisa menimbulkan banyak risiko.

Kamu harus lebih berhati-hati ketika ingin mengetik password atau mengirim informasi lain ketika menggunakan proxy. Selain itu Proxy juga menyediakan lebih sedikit server dibandingkan dengan penyedia VPN.

3. Menggunakan Browser Extension

Berikutnya kamu bisa memanfaatkan ekstensi di browser untuk membuka situs yang diblokir. Cara ini cukup mudah digunakan tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Ada banyak sekali pilihan browser yang bisa kamu pilih,seperti UltraSurf, ProxMate, Hola, dll. Untuk menggunakan kamu bisa masuk kebagian extension yang ada di browser, kamudian pilih salah satu ekstensi yang sesuai.

4. Menggunakan Server DNS

Jika kamu menggunakan laptop atau PC, kamu bisa membuka situs yang diblokir dengan menggunakan Server DNS. Berikut adalah langkah-langkah menggunakannya:

  1. Temukan pengaturan jaringan dalam Control Panel.
  2. Buka Network & Internet > Network & Sharing Center.
  3. Klik kanan pada connection dan pilih Properties.
  4. Pilih Properties TCP/IPv4.
  5. Pilih “Use the Following DNS Servers”.
  6. Masukkan Server DNS Google secara manual (8.8.8.8 : 8.8.4.4).
  7. Klik OK untuk menyimpan dan keluar.
  8. Kamu sekarang menggunakan server DNS Google.
  9. Situs yang diblokir oleh penyedia layanan internet kamu sekarang dapat dilihat.
Baca Juga:  Cara Menghapus Akun DANA Premium dengan Mudah dan Cepat

5. Menggunakan Wayback Machine

Kemudian kamu bisa menggunakan Wayback Machine. Apa itu Wayback Machine? Wayback Machine merupakan Arsip digital yang menyimpan berbagai versi situs sebelumnya dan menyajikannya kepada pengguna.

cara membuka situs yang diblokir 3

Kamu dapat mengunjungi versi situs favorit sebelumnya yang tersedia sebelum diblokir, kamu dapat melihat video, dan mendengarkan audio, yang saat ini tidak tersedia tapi telah disimpan oleh Wayback Machine.

6. Menggunakan Browser Opera

Terakhir jika kamu tidak ingin ribet, kamu bisa mendownload aplikasi browser Opera. Browser ini menyediakan VPN gratis bawaan, sehingga sangat mudah, cepat, dan simple untuk membuka situs yang diblokir.

Namun kamu harus berhati-hati ketika mengakses situs berbayar, karena menurut beberapa pendapat ini bukan pilihan terbaik untuk mejaga privasi kamu tetap aman.

Penutup

Nah itulah penjelasan mengenai cara membuka situs yang diblokir. Bagaimana mudah bukan? Kamu dapat memilih salah satu untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah.

Namun ada beberpa hal yang perlu kamu perhatikan adalah keamanan data privasi kamu. Setiap membuka situs yang dilarang, pasti memiliki banyak resiko salah satunya adalah keamanan data.

Cara diatas tidak bisa menjamin data kamu selalu aman, maka sebab itu diperlukan kehati-hatian. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih dan Selamat Mencoba.