Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Pernahkan kamu memesan sesuatu di Lazada namun ingin membatalkannya? Jika pernah, bagaimana cara membatalkan pesanan di Lazada. Jika kamu mencari informasi tersebut, baca artikel ini sampai selesai, ya!

Belanja online, sekarang sangat digemari disemua kalangan baik anak muda maupun orang tua. Selain lebih praktis tentunya akan mendapat harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan toko offline.

Selain itu pilihan barangnya jauh lebih banyak dengan berbagai toko yang menyediakan berbagai pilihan. Salah satu toko online yang cukup terkenal dikalangan masyarakat adalah Lazada.

Lazada menjadi e-commerce yang sering dikamulkan masyarakat Indonesia untuk berbelanja online. Karena didalam Lazada sering mengadakan berbagai promo yang menarik, seperti potongan harga dan gratis ongkir.

cara membatalkan pesanan di Lazada 2

Lalu apakah kamu pernah kepikiran untuk membatalkan pesanan di Lazada? Bagaimana cara membatalkannya? Buat kamu yang ingin tahu, Metodegames akan memberikan cara dan syarat membatalkan pesanan di Lazada.

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membatalkan pesanan di Lazada. Jika ingin tahu caranya, simak penjelasan dibawah ini.

1. Membatalkan Lewat Aplikasi Lazada

Kamu dapat melakukan pembatalan pesanan lewat aplikasi Lazada dan ara ini terbilang cukup mudah dilakukan. Namun demikian, agar proses pembatalan ini berjalan dengan lancar, pesanan barangnya harus kamu lakukan lewat aplikasi demi memudahkan pelacakan transaksi.

  1. Langkah pertama, silahkan login dulu ke akun aplikasi Lazada kamu dan masuk ke menu “Pesanan Saya” yang berbentuk keranjang.
  2. Klik opsi “Lihat Semua” dalam menu tersebut dan pilih nomor barang pesanan yang hendak kamu batalkan.
  3. Di bagian bawah informasi barang orderan ada tombol “Batal”, klik tombol itu.
  4. Kamu akan diberikan beberapa alasan pembatalan orderan, maka pilihlah satu alasan yang muncul di layar HP.
  5. Jika sudah, otomatis aplikasi Lazada akan menunjukkan kebijakan pembatalan transaksi dan klik tombol “Submit” yang terletak di bawahnya.
  6. Langkah terakhir adalah menentukan metode pengembalian uang. Namun jika kamu memesan barang via COD, kamu tak bisa meminta uang kembali.
Baca Juga:  Cara Membuat Google Form di HP

2. Membatalkan Sebelum Uang Ditransfer

Ada sebuah kesempatan, sebuah toko sudah menyetujui pesanan kamu, namun uang untuk membeli barang belum kamu bayarkan. Cara pembatalan pesanan ini sebaiknya kamu lakukan sebelum tenggat waktu pembayaran, supaya nanti kamu tak terkena denda dari Lazada.

  1. Pertama, silahkan login ke akun kamu di aplikasi Lazada, kemudian kamu masuk ke menu “Pesanan Saya”.
  2. Pilih barang pesanan yang ingin kamu batalkan, biasanya ada tulisan “Pesanan COD” pada barang tersebut.
  3. Selanjutnya, klik tombol “Batal” pada bagian bawah informasi barang orderan yang telah kamu pilih.
  4. Lazada akan meminta alasan pembatalan pesanan dari kamu, maka pilihlah salah satu dari beberapa alasan yang Lazada tawarkan.
  5. Kirimkan permintaan pembatalan itu kemudian tunggu beberapa saat. jika berhasil, maka Lazada akan memberitahu kamu bahwa transaksi telah dibatalkan.

3. Membatalkan Setelah Uang Terbayarkan

Jika kamu terlanjur mentransfer uang kepada toko setelah menentukan barang pilihan, bisa saja kamu minta kembali ketika proses pembatalan terjadi. Untuk tahap ini kamu harus segera melakukannya, karena barang bisa jadi dalam proses pengemasan.

  1. Kamu bisa login dulu ke akun kamu di aplikasi Lazada, kemudian masuk ke menu “Pesanan Saya”.
  2. Cari barang yang ingin kamu batalkan pesanannya, lalu klik nomor barangnya dan pilih tombol “Batal”.
  3. Selanjutnya kamu pilih alasan pembatalan orderan yang Lazada sediakan untuk kamu, lalu klik tombol “Kirim”.
  4. Apabila berhasil, aplikasi Lazada akan mengirimkan notifikasi, kemudian mengarahkan kamu ke halaman khusus untuk memproses pengembalian uang.

4. Membatalkan Apabila Barang Sudah Dikemas

Ini merupakan kesempatan terakhir kamu untuk membatalkan pesanan di Lazada. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

cara membatalkan pesanan di Lazada 3

  1. Langkah pertama yang bisa kamu coba adalah menghubungi toko, apakah barang pesanan kamu sudah masuk peti kemas atau belum.
  2. Jika belum, maka segera lakukan salah satu cara pembatalan yang tertera di bagian sebelumnya.
  3. Namun, apabila barang sudah dikemas, segera kamu negosiasikan alasan kamu ingin membatalkan transaksi beserta kemungkinan pengembalian uang.
  4. Apabila pengiriman barang sudah terlanjur dan tak bisa di batalkan, maka kamu perlu melakukan opsi pengembalian barang ke tokonya.
Baca Juga:  Cara Isi ShopeePay Lewat BRImo dengan Mudah dan Cepat

5. Membatalkan COD di Lazada

Berikutnya kamu bisa membatalkan pesanan buat kamu yang belanja menggunakan metode COD (Cash-on-Delivery). Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba:

  1. Masuklah ke akun kamu di aplikasi Lazada dan pilih menu “Pesanan Saya”.
  2. Pada menu tersebut, buka opsi “Dalam Proses” untuk melihat mana saja pesanan kamu yang jenisnya COD.
  3. Pilihlah barang yang akan kamu batalkan, kemudian klik tombol “Batal” di bawahnya.
  4. Tentukan alasan pembatalan transaksi kamu, lalu klik tombol “Kirim”. Apabila berhasil, maka pesanan COD kamu akan segera dibatalkan.
  5. Jika barang sudah keburu sampai, maka kamu harus menulis alasan pembatalan dan tanda tangan pada nota resi yang kurir bawakan.

Bagaimana mudah bukan cara membatalkan pesanan di Lazada? Kamu bisa memilih salah satu kondisi diatas apabila ingin membatalkan pesanan di Lazada. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat mencoba.