Cara Menghapus Akun DANA Premium dengan Mudah dan Cepat

Apakah kamu ingin menghapus akun DANA premium? Nah apabila kalian ingin menghapus namun tidak tahu caranya, silahkan baca artikel cara menghapus akun DANA premium sampai selesai.

DANA merupakan sebuah E-wallet atau dompet digital yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi non-tunai dan non-kartu secara digital.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna, seperti fitur transfer gratis hingga integrasi pembayaran online.

Namun, terkadang kita sudah tidak membutuhkan aplikasi tersebut dan ingin menghapus akun DANA kita. Lalu bagaimana cara menghapus akun DANA premium?

cara menghapus akun DANA premium 2

Apabila kamu ingin menghapus akun DANA premium dengan alasan untuk menjaga keamanan agar lebih terjamin, kali ini Metodegames akan membagikan caranya kepada kalian berikut ini.

Cara Menghapus Akun DANA Premium

Sebelum menghapus akun DANA kalian, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Berikut beberapa hal yang kalian wajib perhatikan sebelum melakukan penghapusan.

  • Pastikan akun DANA tidak memiliki saldo kosong.
  • Pemilik akun DANA emas tidak bisa menghapus akun DANA.
  • Pastikan akun DANA Paylater sudah lunas.
  • Pastikan e-mail yang terdaftar untuk menghapus akun DANA sudah benar.

Sebernanya aplikasi DANA tidak menyediakan menu penghapusan akun. Oleh karena itu, apabila kalian tidak ingin mengggunakan aplikasi DANA, kalian cukup mencopot atau uninstall aplikasi tersebut dari handphone secara sementara.

Selain melakukan pencopotan aplikasi atau uninstall, pengguna DANA juga bisa melakukan permohonan penghapusan akun DANA melalui layanan customer support secara permanen. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca Juga:  Cara Mengetik dengan Suara atau Voice Typing di Google Docs

1. Meminta Permohonan Melalui Website Resmi

Untuk meminta permohonan penghapusan melalui website atau situs resminya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs website resmi DANA di alamat ini www.dana.id/contact.
  2. Isi data diri pada formulir yang tertera (Nama, Nomor HP dan Email).
  3. Tulis permintaan penghapusan akun DANA dan sertakan alasan yang jelas di kolom “Pesan”.
  4. Cara ini membutuhkan waktu sekitar 7 hari kerja. Dalam proses tersebut, kalian akan mengantri dan menunggu email dari pihak DANA.
  5. Setelah mendapatkan respon dari pihak DANA, biasanya akun akan ditangguhkan dan dihapus dengan proses kurang lebih 30 hari tanpa login ulang.
  6. Jadi apabila kamu sudah mengirim permintaan penghapusan akun, pastikan untuk tidak login ke akun lagi selam lebih dari 30 hari.

2. Meminta Permohonan Melalui Nomor Telepon

Apabila kalian malas membuka website dan mengisi formulir data seperti cara pertama, kamu tetap bisa menghapus akun DANA kalian melalui telepon. Untuk caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Hubungi nomor 1500 445 yang merupakan nomor bagian Customer Service DANA.
  2. Ketika sudah terhubung, CS akan bertanya kepada mengenai tujuan menghubungi nomor CS.
  3. Selanjutnya bisa langsung menjelaskan, sampaikan kepada petugas kalau ingin menghapus akun DANA secara permanen.
  4. Jangan sampai lupa juga menyampaikan tentang semua data diri yang sudah diminta CS. Jangan lupa juga menyampaikan beragam alasan mengapa menghapus akun Dana.
  5. Pihak costomer service akan memberi petunjuk tentang proses yang harus dilalui.
  6. Lakukan langkah demi langkah sebaik mungkin supaya akun Dana anda nantinya bisa dinonaktifkan.

Jangan lupa untuk menyiapkan pulsa karena paket menelpon sesama ISP atau provider tidak berlaku untuk panggilan ke telepon rumah atau kantor.

Baca Juga:  7+ Cara Mengatasi Memori HP Penuh, Efektif dan Ampuh

Jadi pikirkan kembali apabila kamu ingin menggunakan layanan ini untuk menonaktifkan akun DANA. Atau kamu bisa menggunakan layanan website atau email yang sudah disedaikan oleh pihak DANA.

3. Meminta Permohonan Melalui Email

cara menghapus akun DANA premium 3

Cara terakhir untuk melakukan penutupan akun DANA adalah menggunakan email. Menggunakan cara ini cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi e-mail melalui HP android.
  2. Login akun email yang terdaftar sebagai pengguna DANA.
  3. Kirimkan pesan email pengajuan penghapusan akun.
  4. Pada bagian Subject, kamu bisa menuliskan “Pengajuan Penutupan Akun DANA”.
  5. Jelaskan secara rinci alasan kamu ingin menutup akun DANA dengan menyertakan nama pengguna dan nomor HP yang terdaftar di DANA.
  6. Kirimkan email permohonan hapus akun ke alamat [email protected].

Jangan lupa, sebelum melakukan penutupan akun DANA tersebut, pastikan akun tersebut tidak memiliki sida saldo DANA. Karena apabila akun dihapus dengan meninggalkan saldo DANA, maka saldo tersebut akan dianggap hangus pula saat penghapusan akun.

Itulah penjelasan mengenai cara menghapus akun DANA premium. Sekarang kamu bisa melakukan penghapusan akun DANA dengan meminta permohonan penghapusan melalui pihak DANA.