Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung

Apakah ingin beralih dari TV analog menjadi TV digital menggunakan set top box? Jika kamu masih menggunakan TV tabung, kamu harus membaca cara pasang set top box ke TV tabung berikut ini.

STB atau set top box merupakan sebuah alat tambahan yang memungkinkan kamu tetap bisa menyaksikan siaran TV digital melalui TV tabung atau analog.

Dengan adanya alat ini, kamu tidak perlu membeli perangkat TV canggih lagi karena harganya sangat mahal, bahkan mencapai jutaan rupiah. Namun tidak semua orang bisa memasang set top box ke TV tabung.

cara pasang set top box ke TV tabung 2

Apabila kamu ingin memasang set top box pada TV tabung kalian sendiri, kali ini Metodegames akan memandu kamu agar bisa memasang alat set top box sendiri. Berikut penjelasannya.

Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung dan LED

Set top box (STB), juga sering disebut sebagai receiver, dekoder, converter, atau pengubah sinyal TV, adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengubah sinyal digital menjadi tampilan gambar dan suara yang dapat dinikmati melalui televisi.

Perangkat ini tidak hanya dapat digunakan dengan televisi digital, tetapi juga dengan televisi analog konvensional. Fungsinya yang esensial dalam mengolah sinyal televisi membuatnya menjadi komponen yang penting dalam transformasi teknologi televisi.

Definisi yang paling tepat untuk STB adalah bahwa perangkat ini berfungsi sebagai alat penerima sinyal televisi digital. Oleh karena itu, ketika seseorang ingin menikmati tayangan televisi digital di televisi analog, STB harus dipasang agar proses konversi sinyal dapat berlangsung.

Baca Juga:  Cara Melihat Password Wifi di HP

Tanpa STB, televisi analog saat ini akan menjadi tidak berguna, baik itu televisi analog klasik dengan tabung konde yang tebal maupun model televisi analog yang lebih modern dengan layar datar.

Hal ini dikarenakan siaran televisi analog telah secara resmi dihentikan. Keputusan pemerintah untuk menghentikan siaran televisi analog telah mendorong popularitas STB semakin meningkat.

Meskipun keberadaan STB semakin umum, masyarakat masih sering bertanya-tanya mengenai fungsi sebenarnya dari perangkat ini dan mengapa STB menjadi suatu keharusan untuk menikmati tayangan televisi saat ini.

Dalam prakteknya, STB bertindak sebagai perangkat yang mengonversi sinyal televisi digital menjadi format yang dapat ditampilkan oleh televisi analog. Dengan hadirnya STB, tidak perlu mengganti televisi lama dengan yang baru.

Cukup dengan menambahkan STB ke televisi analog yang sudah ada, penonton dapat tetap menikmati tayangan televisi favorit mereka tanpa harus membeli televisi digital baru.

Jadi, intinya, STB adalah penyelamat bagi televisi analog di era digital ini. Dengan kemampuannya yang sangat penting dalam mengubah sinyal televisi digital menjadi format yang bisa dinikmati oleh televisi analog, STB memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan dunia tayangan televisi modern tanpa perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli perangkat televisi yang lebih mahal.

Dalam perkembangan teknologi televisi saat ini, STB adalah salah satu inovasi yang memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengguna televisi di seluruh dunia.

Berikut cara pasang set top box ke TV tabung dan TV LED, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

cara pasang set top box ke TV tabung 3

1. Cara Pasang di TV Tabung

Cara pasang STB di TV tabung sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan perangkat STB dan TV analog tabung.
  2. Pastikan keadaan TV analog dalam kondisi mati.
  3. Lalu cabut kabel antena pada TV analog.
  4. Kemudian sambung kabel antena ke port ANT IN di STB.
  5. Colokkan kabel HDMI dari STB ke TV pada port-nya. Kalau TV belum ada port HDMI, bisa sambungkan kabel RCA sesuai port-nya.
  6. Sambungkan adaptor ke listrik bila STB dilengkapi adaptor dan tekan tombol power.
  7. Nyalakan TV, lalu pilih menu Pengaturan.
  8. Pilih mode tampilan AV.
  9. Kemudian pilih opsi Pencarian Saluran.
  10. Setelah pencarian otomatis, daftar saluran digital akan muncul.
  11. Lalu pilih Simpan, dan siaran digital bisa dinikmati.
Baca Juga:  Cara Mengganti Password WiFi IndiHome

2. Cara Pasang di TV LED

Cara pasang STB di TV LED sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan perangkat STB dan TV analog LED/LCD.
  2. Siapkan kabel HDMI.
  3. Pastikan TV dalam keadaan mati.
  4. Colokkan kabel antena ke port ANT IN di STB.
  5. Sambungkan kabel HDMI dari STB ke TV sesuai port-nya.
  6. Hubungkan juga STB dengan kabel RCA.
  7. Setelahnya, nyalakan TV LED.
  8. Pilih opsi Source pada remote.
  9. Ganti ke mode tampilan HDMI, lalu nyalakan STB.
  10. Pilih tombol Menu pada remote.
  11. Klik opsi Pencarian Siaran, dan TV akan mencari saluran dengan otomatis.
  12. Setelah muncul daftar saluran, klik Simpan.
  13. Siaran TV digital bisa kamu saksikan.

Itulah penjelasan mengenai cara pasang set top box ke TV tabung. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas untuk memasang STB pada TV analog. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih dan Selamat mencoba.