Kendaraan Plat F Daerah Mana? Cek Informasi Kode Nomor Kendaraan

metodegames.com – Apakah anda memiliki pertanyaan kendaraan plat F daerah mana? Sebab seperti yang kita ketahui bersama dimana setiap daerah memiliki kode plat nomor kendaraan yang berbeda. Anda bisa temukan jawabannya dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) menjadi identitas bagi setiap kendaraan yang diregistrasikan di Indonesia. Nomor plat kendaraan pun tidak dibuat acak dari huruf dan angka dimana masing-masing memiliki artinya sendiri yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis serta asal wilayah kendaraan.

Sekedar informasi, Setiap kendaraan bermotor di Indonesia wajib memiliki plat kendaraan nomor polisi atau nopol dimana plat kendaraan telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 TNKB beserta STNK dan juga BPKB. Plat nomor kendaraan di Indonesia dikeluarkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) memiliki lambang dan juga tulisan ‘Korlantas Polri’ sebagai tanda pengaman.

TNKB membuat Nomor Registrasi Kendaran Bermotor (NRKB) yang umumnya terdiri dari satu atau dua huruf di awal yang berarti kode wilayah, satu hingga empat angka di tengah yang berarti nomor urut registrasi, dan satu hingga tiga huruf di akhir yang berarti seri huruf. Selain itu ada juga kode masa berlaku dari TNKB yang berisikan kode bulan dan tahun akhir masa berlaku.

Apabila huruf pertama yang terletak di TNKB adalah huruf F, maka wilayah registrasi kendaraan penanda kode plat ini dimiliki kendaraan yang berasal dari wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Jadi bagi anda yang memiliki pertanyaan plat F berasal dari mana, maka anda telah menemukan jawabannya.

Sebagai informasi lebih lanjut, berikut ini adalah kode huruf belakang wilayah Bogor dan sekitarnya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Baca Juga:  Cara Dapat Uang Dari HP dengan Mudah dan Cepat

Kendaraan Plat F

  • Kota Bogor
  • Huruf belakang: A/B/C/D/E. Contoh: F 1234 AL
  • Kota Sukabumi
  • Huruf belakang: S/T. Contoh: F 1234 S
  • Kab. Bogor
  • Huruf belakang: F/G/H/I/J/K/L/M/N/O/P/R. Contoh: F 1234 GA
  • Kab. Cianjur
  • Huruf belakang: W/X/Y/Z. Contoh: F 1234 WU
  • Kab. Sukabumi
  • Huruf belakang: Q/U/V. Contoh: F 1234 VI

Plat sendiri tidak hanya kode huruf didepannya, tetapi juga terdapat nomor urut registrasi yang berupa angka dan terdiri dari satu hingga empat angka dimana angk-angka ini bukan hanya acak, namun juga secara umum memiliki arti. Adapun paling umum, terdapat empat kategori sesuai dengan jenis kendaraannya yang bisa anda simak penjelasannya sebagai berikut.

  • Nomor 1 sampai 1999 merupakan alokasi nomor urut registrasi untuk jenis mobil penumpang.
  • Nomor 2000 hingga 6999 merupakan alokasi nomor urut registrasi untuk jenis sepeda motor.
  • Nomor 7000 hingga 7999 merupakan alokasi nomor urut registrasi untuk jenis bus.
  • Nomor 8000 hingga 8999 merupakan alokasi nomor urut registrasi untuk jenis mobil barang.
  • Nomor 9000 hingga 9999 merupakan alokasi nomor urut registrasi untuk jenis kendaraan khusus.

Cara Membuat Plat Nomor Cantik di Samsat dan Online

Penggunaan plat nomor cantik di mobil atau motor pastinya bukan hal yang baru bukan? dimana plat nomor cantik ini mungkin sedikit “spesial” dari ketentuan plat nomor yang kami sebutkan diatas. Hal ini bukanlah hal yang baru, dimana pemilik kendaraan bisa memesan dan membuat plat nomor favorit secara resmi di kantor Samsat.

Namun tentunya ada “harga” yang tinggi dibalik pembiayaan nomor “spesial”. Maka tidak heran apabila diperhatikan, kebanyakan mobil atau motor yang memajang plat nomor cantik adalah “tunggangan” mewah, seperti Porsche, Lamborghini, Alphard, Vellfire, Mercedes Benz, BMW, Toyota Fortuner, dan sebagainya. Walaupun tidak semua juga, sebab terdapat juga kendaraan kategori non-mewah memasang plat nomor cantik.

Baca Juga:  Cara Melihat Foto Profil Instagram dengan Mudah

Tetapi intinyan adalah anda harus siap merogoh kocek lebih dalam dimana harganya bisa mencapai Rp20 juta per sekali penerbitan. Bandingkan dengan pembuatan plat nomor biasa yang dikenakan biaya Rp60 ribu-100 ribu per pasang. Bagaimana, anda tertarik?

Demikian informasi mengenai menjawab pertanyaan mengenai pertanyaan kendaraan plat F daerah mana? Kini anda sudah tahu jawabannya dan juga informasi penting lainnya yang perlu anda ketahui tentang plat kendaraan. Semoga berguna dan bermanfaat.