Cara Mendinginkan HP yang Panas

Ketika memakai HP secara berlebihan, maka akan membuat HP tersebut semakin panas. Untuk itu ada beberapa cara mendinginkan HP yang panas yang bisa kamu coba.

HP yang panas memang memberikan rasa tidak nyaman ketika digenggam di tangan. Selain itu panas yang berlebihan juga bisa membuat HP mudah cepat rusak.

Karena panas yang berlebihan dapat merusak komponen Hardware dan itu sangat berbahaya. Jika kamu sering menggunakan HP dalam kondisi panas berlebih, maka akan sangat beresiko.

Banyak sekali yang menyebabkan HP tersebut mudah panas, salah satunya adalah penggunaan yang berlebihan. Biasanya hal ini disebabkan karena sering digunakan untuk bermain game.

Selain itu aplikasi yang aktif di latar belakang juga bisa menyebabkan HP panas, karena aplikasi tersebut yang menyebabkan HP terus bekerja walaupun layar HP mati.

cara mendinginkan HP yang panas 2

Aplikasi seperti game yang memiliki grafis tinggi, streaming video, atau aplikasi yang membutuhkan banyak daya pemrosesan dapat membuat prosesor HP bekerja keras, menyebabkan HP menjadi panas.

Nah jika kamu mencari cara mendinginkan HP yang panas, Metodegames kali memilik tips yang ampuh untuk mendinginkan HP yang panas. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Mendinginkan HP yang Panas

Meskipun HP tersebut mudah panas, namun HP sekarang memiliki fitur yang bisa membuat HP cepat dingin. Baik Hardware maupun Software dapat membantu untuk mendinginkan HP tersebut.

Dengan teknologi pendingin yang sudah terpasang di dalam HP, seharusnya kita sudah tidak khawatir lagi. Namun buat kalian yang ingin berjaga-jaga, kalian tetap harus mendinginkan HP yang panas berlebihan.

Baca Juga:  Cara Unbind Akun Moonton dengan Mudah

Berikut adalah langkah-langkah mendinginkan HP yang panas dibawah ini:

1. Tutup Semua Aplikasi Berjalan

Solusi pertama yang perlu kamu coba adalah menutup semua aplikasi dan game yang sedang berjalan. Ini dapat membantu mengurangi beban kerja pada perangkat kamu yang mungkin menyebabkan panas berlebih.

Pada HP Android, kamu dapat melakukan ini dengan membuka menu “Recent” dan memilih opsi “Close all” untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

Jika masih ada aplikasi atau layanan yang tetap memakan sumber daya dan memproduksi panas, kamu dapat memaksanya untuk berhenti.

Langkah-langkahnya bisa berbeda tergantung pada model perangkat kamu, namun, secara umum, kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  • Buka menu “Settings” di perangkat kamu.
  • Pilih “Apps” atau “Applications,” tergantung pada istilah yang digunakan oleh perangkat kamu.
  • Cari aplikasi yang ingin kamu hentikan dan ketuk.
  • Di halaman info aplikasi, cari dan ketuk opsi “Force Stop” atau “Stop” untuk memberhentikannya secara paksa.

Beberapa aplikasi dapat terus berjalan di latar belakang dan menyebabkan panas berlebih. kamu dapat memeriksa aplikasi mana yang berjalan di latar belakang dan mematikannya.

Biasanya, kamu dapat melakukan ini melalui pengaturan perangkat kamu di bawah opsi “Background Apps” atau “Running Apps”.

2. Mematikan HP Sementara

Terkadang, dalam situasi tertentu, mematikan perangkat kamu untuk sementara waktu adalah langkah yang bijak yang dapat membantu mencegah masalah yang lebih serius.

Ini karena beban kerja yang ditangani oleh chipset perangkat kamu tidak hanya berasal dari aplikasi yang sedang berjalan, tetapi juga berbagai tugas yang beroperasi di latar belakang.

Selain itu, mematikan daya perangkat untuk sementara waktu juga dapat memberikan manfaat tambahan untuk meningkatkan kinerja perangkat kamu secara keseluruhan.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Video yang Terhapus

Saat kamu mematikan perangkat dan kemudian menghidupkannya kembali, sistem akan mulai menjalankan hanya layanan atau tugas yang esensial.

Ini berarti perangkat kamu tidak akan terlalu terbebani dengan aplikasi dan proses latar belakang yang mungkin mempengaruhi kinerja.

3. Jangan Mengguanak HP Ketika Mengisi Daya

Peningkatan suhu pada HP selama pengisian daya dapat menjadi masalah yang umum terjadi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan suhu perangkat meningkat, dan salah satu faktor utama adalah proses pengisian daya itu sendiri.

Ketika kita menggunakan perangkat sambil mengisi baterai, produksi panasnya dapat menjadi berkali-kali lipat, terutama jika kita menggunakan teknologi fast charging dengan kecepatan tinggi.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencabut pengisian daya dari perangkat jika kamu merasa suhunya sudah terlalu tinggi.

Ini akan membantu mengurangi produksi panas yang mungkin terjadi selama pengisian daya. Dengan demikian, suhu perangkat akan lebih cepat kembali normal, dan kamu dapat menggunakan perangkat dengan lebih nyaman.

4. Menggunakan Aksesoris Pendingin

Mengatasi perangkat HP yang panas bisa menjadi tugas yang lebih mudah dengan memanfaatkan berbagai aksesori pendingin tambahan yang tersedia di pasaran.

cara mendinginkan HP yang panas 3

Saat ini, terdapat beragam jenis dan model aksesori pendingin yang dapat kamu pilih, dengan rentang harga yang beragam dari yang terjangkau hingga mahal.

Aksesori pendingin tambahan ini sangat cocok bagi mereka yang sering bermain game berat di HP, di mana produksi panas dapat menjadi lebih tinggi dibandingkan saat menggunakan aplikasi biasa.

Namun, penting untuk diingat bahwa efektivitas aksesori pendingin dapat bervariasi tergantung pada model dan mereknya.

Beberapa HP khusus, seperti ASUS ROG Phone, bahkan telah dilengkapi dengan aksesori pendingin eksternal yang dirancang khusus untuk menjaga suhu perangkat tetap stabil selama digunakan.

Baca Juga:  Cara Melacak HP yang Hilang dengan Google Maps

Contohnya adalah AeroActive Cooler yang dapat membantu mendinginkan HP saat bermain game intens.

Nah itulah penjelasan mengenai cara mendinginkan HP yang panas. Kamu bisa memanfaatkan cara diatas untuk mengatasi HP yang memiliki suhu panas berlebihan.

Selain itu penggunaan yang berlebihan juga wajib di hindari, seperti bermain game sepanjang hari bahkan sampai di cas ketika main game.