Cara Menghidupkan HP yang Mati Total dengan Mudah

Cara menghidupkan HP yang mati total memang perlu diketahui, hal ini sangat penting apabila hal tersebut terjadi kepada HP kalian. Apabila kamu ingin mengetahui caranya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Zaman sekarang yang serba canggih dan moderen ini, hampir semua aktivitas yang kita kerjakan hampir semua berkaitan dengan HP. Apalagi kamu yang bekerja di kantor atau penjual barang online pasti sangat membutuhkan HP.

Apabila HP yang kita gunakan tersebut mengalami kerusakan pasti akan menghambat semua pekerjaan kita. Ada beberapa masalah yang menyebabkan HP tersebut mengalami mati total, mulai dari baterai rusak, virus, salah instal aplikasi, HP yang terlalu tua, atau rusaknya IC power.

Ada yang masih bisa dihindari, namun ada juga yang tidak bis dihindari. Sehingga kamu harus tahu cara menghidupkan HP yang mati total.

cara menghidupkan HP yang mati total 2

Buat kalian yang ingin menghidupkan HP yang mati total, Kali ini Metodegames akan membagikan caranya kepada kalian. Untuk itu, simak baik-baik cara berikut ini:

Cara Menghidupkan HP yang Mati Total

Ada beberapa hal yang menyebabkan HP tersebut mati total sehingga tidak dapat dihidupkan kembali. Hal ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada software atau hardware.

Nah berikut beberapa penyebab yang membuat HP tersebut mengalami mati total:

  • Ada bug dalam sistem operasi.
  • HP sudah terlalu lama.
  • Terjadi overheat.
  • Serangan virus.
  • Salah instal aplikasi maupun software.
  • Salah tindakan saat service.
  • Ada kerusakan fisik (komponen).
  • Baterai habis atau rusak.
  • Konektor pada baterai bermasalah.
  • IC Power HP rusak.
  • Charger tidak kompatibel.
Baca Juga:  Cara Membuat Kop Surat di Word

Namun meskipun begitu, ada beberapa cara menghidupkan HP yang mati total yang bisa kamu coba tanpa harus dibawa ketempat service.

1. Melakukan Wiping File Data dan Cache

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan wiping file data serta cache pada recovery mode. Hal ini bertujuan untuk menghapus file data serta cache yang ada pada HP.

Data cache memang terkadang bisa membuat HP kita menjadi lemot bahkan mati total. Untuk melakukan ini, kamu bisa mencobanya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Recovery Mode.
  2. Pilih menu Wipe.
  3. Pilih Wipe Data dan Wipe Cache.
  4. Matikan HP kamu lewat mode Recovery.
  5. Hidupkan kembali HP kamu.

2. Melakukan Factory Reset

Kemudian cara kedua, kamu bia melakukan Factory Reset. Cara ini bisa kamu coba apabila HP kamu masih bias dipakai untuk mengakses menu Recovery Mode. Kamu bisa melakukan Bootloop pada menu tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan factory reset yang bisa kamu ikuti:

  1. Pastikan daya baterai tersedia dengan cukup.
  2. Masuk ke menu Recovery Mode pada HP kamu.
  3. Tekan tombol kombinasi Tombol Power + Volume secara bersamaan dan tahan sejenak hingga kamu masuk ke menu Recovery.
  4. Pilih opsi “Factory Reset” atau “Wipe Data/Factory Reset”.
  5. Pilih “Yes” atau “Delete All User Data” untuk mengonfirmasi tindakan reset pabrik.
  6. Setelah proses selesai, pilih opsi “Reboot System Now” untuk me-restart HP kamu.

3. Mengisi Daya Baterai

Penting untuk memastikan bahwa HP kamu tidak mengalami mati total akibat kehabisan baterai. Bagi mereka yang sering menggunakan HP meskipun baterainya hampir habis, tips ini bisa sangat bermanfaat.

Proses pengisian daya pada HP yang telah benar-benar mati akibat kehabisan baterai memang memerlukan waktu tertentu. kamu perlu beberapa menit untuk mengisi dayanya dari nol persen.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Cache di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Jika HP kamu mati total karena baterai habis, kamu sebenarnya hanya perlu mengisi ulang menggunakan charger. Pastikan untuk menggunakan charger yang kompatibel dan asli dari merek HP kamu. Meskipun membutuhkan waktu beberapa menit, proses ini dapat membantu HP kamu bangkit kembali.

4. Melakukan Flashing

Salah satu cara lain yang dapat kamu coba untuk menghidupkan ponsel yang mati total (matot) adalah dengan melakukan flashing ulang sistem HP.

Cara ini berguna jika ponsel kamu mengalami kegagalan dalam memuat sistem operasinya, yang biasanya terjadi selama proses pembaruan.

Untuk melaksanakan flashing ulang sistem HP, kamu memerlukan bantuan perangkat komputer atau laptop. Selain itu, kamu juga perlu memiliki file sistem yang akan digunakan untuk menggantikan sistem pada ponsel yang mati total.

Prosedur flashing ulang sistem HP dapat bervariasi tergantung pada merek HP masing-masing. Untuk panduan yang lebih rinci, kamu dapat mencari tutorial di Google atau YouTube dengan kata kunci “cara flashing ulang sistem HP”.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan cermat dan memastikan bahwa file sistem yang digunakan sesuai dengan merek dan tipe ponsel kamu.

5. Bawa Ketempat Servis

Jika segala upaya untuk menghidupkan kembali HP kamu telah mencapai titik terakhir, langkah terakhir yang dapat diambil adalah membawa HP ke tempat servis.

cara menghidupkan HP yang mati total 3

Ini tentu menjadi opsi terakhir setelah semua langkah di atas tidak berhasil mengembalikan fungsi HP kamu.

Disarankan untuk memilih tempat servis resmi yang ditunjuk oleh perusahaan pembuat smartphone kamu. Hal ini memungkinkan kamu memanfaatkan garansi jika masih berlaku, yang dapat mengurangi biaya perbaikan atau bahkan membuatnya gratis.

Biaya servis bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi pada HP kamu. Selain itu, waktu perbaikan juga akan berbeda-beda tergantung pada tingkat kepadatan antrian perbaikan di tempat servis tersebut.

Baca Juga:  Cara Melihat Arsip Cerita di FB

Itulah penjelasan mengenai cara menghidupkan HP yang mati total. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang mengalami HP mati total.