Kode Plat Nomor Aceh Lengkap dengan Cara Cek Plat Secara Online

metodegames.com – Anda sedang mencari kode plat nomor aceh? maka anda bisa menyimak informasinya dibawah ini beserta arti kode plat belakang dan juga cara cek plat secara online.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, penggunaan plat kendaraan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi para pemilik kendaraan baik itu kendaraan roda dua dan juga roda empat. Hal ini berlaku wajib di seluruh wilayah di Indonesia dimana masing-masing wilayah dibedakan dari kode huruf depan pada plat kendaraan. Sebut saja contohnya seperti plat B merupakan plat yang berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya

Adapun kode plat yang berbeda tiap daerah ini bertujuan agar mempermudah mengenali dan identifikasi asal kendaraan. Dengan begitu pihak berwenang dapat dengan mudah melacak dan mengenali kendaraan yang melanggar lalu lintas, atau melakukan tindak kejahatan.

Penempatan plat pun sudah diatur jelas dalam Undang-undang dimana plat kendaraan harus ditempatkan pada bagian depan dan belakang kendaraaan. Selain itu dilarang pula pemilik kendaraan melakukan modifikasi atau perubahan dari plat nomor kendaraan yang standar. Sebab apabila ditemukan pelanggaran tersebut, walaupun plat dan surat tanda kendaraan bermotor anda benar dan lengkap, tetapi anda akan tetap terkena tilang.

Kode Plat Nomor Aceh

Kode Plat Nomor Aceh

Sebagai wilayah di Indonesia yang paling ujung, Aceh yang berada di ujung paling barat Pulau Sumatera juga memiliki kode plat khusus untuk kendaraan asal Aceh dan sekitarnya. Dan untuk awal kode plat kendaraan di Aceh dan disekitarnya dimulai dari huruf BL. Kode plat ini wajib digunakan kendaraan asal Aceh dan kota/kabupaten sekitarnya. Adapun untuk membedakan asal kabupaten dan kota di wilayah aceh, dibedakan dari kode plat belakang yang bisa anda simak sebagai berikut.

Baca Juga:  Cara Cek Resi Shopee Express dengan Mudah

Kabupaten Aceh Utara: BL – kode belakang K** atau Q*
Kabupaten Aceh Tenggara: BL – kode belakang X**
Kota Langsa: BL – kode belakang F**
Kabupaten GayoLues: BL – kode belakang H**
Kabupaten Subulussalam: BL – kode belakang I**
Kota Sabang: BL – kode belakang M**
Lhokseumawe: BL – kode belakang N**
Kabupaten Pidie Jaya: BL – kode belakang O**
Kabupaten Pidie: BL – kode belakang P**
Aceh Timur: BL – kode belakang D**
Kabupaten Aceh Barat: BL – kode belakang E**
Kabupaten Aceh Tengah: BL – kode belakang G**
Aceh Singkil: BL – kode belakang R**
Kabupaten Aceh Selatan: BL – kode belakang T**
Kabupaten Aceh Tamiang: BL – kode belakang U**
Aceh Jaya: BL – kode belakang W**
Simeulue: BL – kode belakang S**
Kabupaten Nagan Raya: BL – kode belakang V**
Bireuen: BL – kode belakang Z**
Kota Banda Aceh: BL – kode belakang A**/J**/L**
Kabupaten Bener Meriah: BL – kode belakang Y**
Kabupaten Aceh Besar: BL – kode belakang B**
Kabupaten Aceh Barat Daya: BL – kode belakang C**

Kode plat nomor Aceh memang tergolong beragam terutama kode belakang plat karenakan banyaknya pembagian wilayah di provinsi Aceh.

Cek Online Kode Plat Nomor Aceh

Tahukah bahwa kini anda bisa megecek online kode plat nomor Aceh yang anda miliki. Nantinya anda bisa mengetahui informasi tentang pajak yang belum dibayarkan, masa aktif plat nomor dan informasi lainnya yang mana semua informasinya valid dari SAMSAT langsung tanpa anda harus repot-repot ke kantor SAMSAT.

Caranya adalah mengakses layanan yang diberi nama e-SAMSAT yang bisa anda akses secara online tanpa harus meninggalkan tempat duduk anda. Berikut langkah-langkah cara mengecek online kode plat nomor aceh yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan klik dan kunjungi website e-SAMSAT provinsi Aceh di halaman https://esamsat.acehprov.go.id/
  • Setelah itu, anda bisa mengisi data plat nomor di form yang sudah disediakan di dalam website
  • Klik tombol pencarian dan tunggu sebentar
  • Nantinya website akan secara otomatis menampilkan beragam informasi seperti jenis kendaraan yang dimiliki, tahun pajak, tanggal jatuh tempo, serta besaran pajak yang harus dibayarkan.
Baca Juga:  Cara Download Suara Google Ada WA Masuk Nama Sendiri

Demikian informasi mengenai kode plat nomor aceh lengkap dengan arti plat belakang dan juga cara mengecek secara online plat kendaraan via e-SAMSAT. Semoga berguna dan bermanfaat.