Cara Menggunakan Voice Typing Google Docs

metodegames.com – Bagi anda yang mencari cara menggunakan voice typing google docs maka anda tepat menemukan artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan panduannya lengkapnya pada kesempatan kali ini.

Namun sebelum kita membahas mengenai cara menggunakannya, maka ada baiknya anda mengetahui apa itu voice typing google docs. Sekedar informasi, sesuai dengan namanya tools ini merupakan fitur dari google yang merupakan software pengolah kata yang berfungsi sepertinya halnya Microsoft Word yang sudah sangat populer.

Akan tetapi walaupun fungsinya mirip, tetapi google docs ini memiliki beberapa kelebihan dibanding Microsoft Word dimana Google Docs memiliki beberapa fitur menarik seperti fitur voice typing, dengan fitur ini aktivitas mengetik dokumen akan lebih mudah dan cepat diselesaikan. Selain itu, Google Docs memiliki akses yang lebih fleksibel karena aplikasi dan dokumennya berada di cloud alias online.

Adapun dengan fitur voice typing dari google docs ini, anda bisa mengubah suara menjadi teks dimana anda cukup berbicara didepan speaker perangkat yang anda gunakan dan nantinya tools ini akan secara otomatis menjadi teks. Hal ini tentu lebih efisien dan cepat bagi anda yang tidak memiliki waktu mengetik atau sedang tidak bisa mengetik karena kesibukan tertentu.

Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan fitur voice typing di google docs, maka anda bisa menyimak panduannya sebagai berikut.

Cara Menggunakan Voice Typing di Google Docs

Cara Menggunakan Voice Typing Google Docs

  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka Google Docs
  • Kemudian anda bisa pilih menu Tools.
  • Klik pilihan Voice Typing. Setelah itu akan keluar panel voice typing yang berbentuk seperti microphone.
  • Aktifkan microphone dan izinkan Google Docs untuk mengakses microphone.
  • Selanjutnya pastikan bahasa yang digunakan sudah sesuai.
  • Sekarang anda bisa mencoba fitur voice typing dengan mengucapkan beberapa kata.
Baca Juga:  Tutorial Sound of Text WA Iphone Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebagai catatan, umumnya setelah panel voice typing di klik, akan muncul notifikasi meminta izin mengakses mic. Apabila tidak muncul, anda bisa klik panel bergambar kamera di kolom situs dan izinkan Google Docs untuk menggunakan microphone. Apabila anda memiliki laptop atau smartphone yang memiliki mic yang kurang baik, maka anda bisa menggunakan earphone dilengkapi mic atau pakai mic eksternal.

Solusi Masalah Voice Typing Tidak Muncul

Masalah yang kerap muncul ketika menggunakan voice typing ini adalah banyak pengguna yang tidak dapat menemukan opsi tersebutsaat membuka Google Docs. Adapun salah satu penyebab tidak semua orang berhasil mengaktifkan fitur Voice Typing pada Google Docs karena opsi voice typing terkadang tidak muncul jika akun Google anda masih menggunakan bahasa Indonesia. Maka solusinya adalah dengan mengubah bahasa akun Google anda dengan menggunakan Bahasa Inggris apabila anda ingin memanfaatkan fitur Voice Typing ini.

Berikut panduan cara mengubah bahasa di akun google agar fitur voice typing ini bisa digunakan yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Pertama, silahkan buka pengaturan akun Google anda dengan masuk ke myaccount.google.com, kemudian masuk pada opsi Info Pribadi
  • Scroll ke bagian bawah hingga muncul Preferensi umum untuk web, kemudian Bahasa
  • Selanjutnya Ganti bahasa yang kamu gunakan menjadi Inggris dengan lokasi US (United States).
  • Setelah itu, anda bisa membuka kembali Google Docs dan buat dokumen baru, maka fitur voice typing pada Google Docs (Word) sudah bisa anda gunakan.

Demikian informasi mengenai cara menggunakan voice typing google docs. Semoga berguna dan bermanfaat. Kini sekarang anda sudah dapat menggunakan fitur Voice Typing yang bisa anda manfaatkan untuk menulis tanpa perlu mengetik pada keyboard. Anda cukup berbicara dengan jelas, dan nantinya apa yang anda ucapkan akan ditransfer menjadi sebuah tulisan.

Baca Juga:  Cara Top Up FF Pakai Pulsa