Cara Membuat CV di HP

Bagaimana cara membuat CV yang mudah dan simple? Membuat CV bisa kamu lakukan baik di laptop maupun HP. Namun pada kesempatan ini, kita hanya akan membahas cara membuat CV di HP. Simak sampai selesai, ya!

CV atau Curriculum vitae merupakan sebuah berkas yang harus dilampirkan saat seseorang melamar pekerjaan. Maka tak heran jika sekarang banyak orang kesulitan membuat CV yang menarik.

CV biasanya berisi informasi yang beragam tergantung pada kebutuhan, selain itu para cara calon pekerja harus membuat CV dengan cara yang benar dan menarik agar perusahaan tertarik membaca CV kamu.

cara membuat CV di HP 2

Berikut adalah beberapa cara membuat CV yang mudah dan menarik agar diterima oleh perusahaan, berikut pembahasan yang sudah Metodegames rangkum dalam pembahasan berikut ini.

Cara Membuat CV di HP

Berkat kemajuan teknologi yang semakin maju, sekarang membuat CV bisa lakukan hanya lewat HP saja. Ada 2 cara yang bisa kamu pakai, yaitu menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Penasaran bagaimana cara membuat CV di HP? Berikut adalah beberapa cara mudah membuat CV hanya bermodalkan HP.

Membuat CV di HP dengan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV. Berikut adalah daftar aplikasi untuk membuat CV yang menarik:

Baca Juga:  Plat Nomor W dari Daerah Mana? Simak Asal Dan Cara Ceknya

1. Canva

Cara pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi Canva untuk membuat CV yang menarik. Aplikasi ini cukup terkenal di kalangan kalangan masyarakat untuk mengedit foto atau dokumen.

Canva sendiri adalah sebuah aplikasi desain yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini bisa kamu gunakan melalui aplikasi maupun website.

Berikut adalah cara membuat CV dengan aplikasi Canva:

  1. Silahkan buka aplikasi Canva, kemudian masuk atau daftar dan masukkan “restart” di tab pencarian. Pilih tata letak ringkasan sederhana.
  2. Sesuaikan tata letak dan sisipkan gambar yang sesuai untuk resume. Kemudian salin informasi dari catatan ke dalam template ringkasan
  3. Setelah selesai, unduh template resume yang telah dirancang.

2. Aplikasi Resume Builder

Cara kedua, kamu bisa menggunakan aplikasi Resume Builder untuk membuat CV. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai template yang menarik seperti aplikasi Canva.

Aplikasi Resume Builder menyediakan berbagai template seperti resume, surat pengantar, dan tanda tangan digital.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi Resume Builder:

  1. Silahkan unduh aplikasi resume terlebih dahulu.
  2. Kemudian login atau daftar kemudian masuk informasi yang dibutuhkan.
  3. Selanjutnya, pilih template yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.
  4. Terakhir, unggah resume yang dirancang dengan Resume Builder.

3. Aplikasi Resume Builder & CV Maker by VisualCV

Berikutnya untuk membuat CV di HP, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Resume Builder & CV Maker by VisualCV. Selain itu aplikasi ini juga kamu bisa manfaatkan untuk membuat resume dan surat pengantar.

Didalam aplikasi ini, kamu dapat menambah dan mengedit informasi pribadi secara langsung. Setelah semua informasi pribadi diisi, kamu dapat memilih model yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

4. Aplikasi CV Creator

Selanjutnya ada aplikasi CV Creator, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengatur semua informasi pribadi. Kemudian informasi pribadi tersebut diatur dengan cara yang jelas, sederhana, dan profesional, sehingga mudah dibaca.

Baca Juga:  Mudah Banget! Cara Ganti Background Zoom di HP & Laptop

Membuat CV di HP tanpa Aplikasi

Jika kamu tidak ingin membuat CV menggunakan aplikasi, kamu bisa mencoba cara membuat CV hanya menggunakan Microsoft Word. Berikut adalah langkah-langkahnya.

cara membuat CV di HP 3

1. Masukkan Bio Data Pribadi

Cara pertama, silahkan masukkan semua informasi pribadi mulai dari nama lengkap, kota, media sosial, nomor telepon, alamat email yang dapat dihubungi dengan benar dan lengkap.

Masukkan alamat tempat tinggal kamu, dalam hal ini kamu cukup memasukkan nama kota dan kode pos untuk menghindari pencurian data yang berpotensi untuk menimbulkan kejahatan.

2. Masukkan riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari CV. Pada bagian ini, kamu cukup mengisinya dengan pendidikan SMA/SMK hingga perguruan tinggi.

3. Masukkan pengalaman kerja

Jangan lupa untuk memasukkan pengalaman sebelum mencari pekerjaan, kamu bisa memasukkan pengalaman magang. Tulisa pengalaman ini secara singkat, padat, dan jelas.

Untuk pengalaman magang kamu bisa menyebutkan nama perusahaan, lokasi perusahaan, lama kegiatan, tempat kerja terakhir dan deskripsi kegiatan yang dilakukan di sana.

4. Masukkan keahlian kamu

Selain semua identitas, pendidikan dan pengalaman, kamu juga bisa memasukkan beberapa keahlian yang dapat mendukung posisi yang kamu lamar, seperti desain grafis, digital marketing, search engine optimization, SQL dan lain-lain.

5. Jangan lupa masukkan pencapaian

Apabila kamu pernah melakukan sebuah pencapaian, jangan lupa untuk menjelaskannya secara singkat dan padat, mulai dari nama, waktu, dan tempat layanan.

Nah itulah penjelasan mengenai cara membuat CV di HP dengan simple dan mudah. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk membuat CV agar terlihat lebih keren dan profesional.

Bagaimana mudah bukan? Kamu bisa mencobanya sekarang untuk melamar pekerjaan. Terima kasih sudah membaca dan Selamat Mencoba!

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam