Cara Menghapus Page di Word

Bagaimana cara menghapus page di Word? Buat seorang pemula yang baru mengenal Microsoft Word, pasti sangat kesulitan jika ingin menghapus page yang tidak penting di Word. Supaya tahu caranya, simak penjelasan berikut ini.

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang wajib di perangkat PC atau laptop. Aplikasi ini berguna untuk mengolah kata dan membuat dokumen yang menjadikan aplikasi ini cukup penting dan harus ada.

Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah kemudahan cara menghapus page di Word. Hal ini penting, mengingat kerapian adalah hal yang sangat penting ketika membuat dokumen.

cara menghapus page di Word 2

Jika ada halaman lebih atau tidak berguna dan tidak dihapus, maka hal ini akan membuat dokumen tersebut menjadi tidak rapi dan berantakan. Berikut adalah beberapa cara untuk menghapus halaman di Microsoft Word dengan mudah dan cepat.

Cara Menghapus Page di Word

Ketika kamu membuat sebuah dokumen di Microsoft Word, pasti kamu pernah menemukan page atau halaman yang kosong di bagian tengah atau akhir halaman. Hal ini tentu saja sangat mengganggu sehingga perlu dihapus atau dihilangkan agar dokumen yang dibuat menjadi lebih rapi.

Ada beberapa cara untuk menghapus page atau halaman yang kosong di Word. Kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut ini.

1. Menghapus Page Menggunakan Navigation Pane

Cara pertama, kamu bisa menggunakan fitur Navigation Pane yang disediakan oleh Microsoft Word untuk menghapus page atau halaman kosong. Berikut adalah cara mengunakan fitur tersebut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer, kemudian buka dokumen yang dihapus page atau halamannya.
  2. Klik tab View yang ada di atas tampilan aplikasi tersebut.
  3. Pada kelompok Show, beri tanda ceklis di menu Navigation Pane.
  4. Setelah itu, menu Navigation Pane ini akan muncul di sisi kiri layar, dan akan menunjukkan seluruh thumbnail dari halaman Microsoft Word yang sedang dibuka.
  5. Klik tab Page dan gunakan menu slider untuk menemukan halaman yang kosong.
  6. Pilih halaman kosong dan tekan tombol Delete untuk menghapus.
Baca Juga:  Cara Download Sakura School Simulator

2. Menghapus Page yang Sudah di-Page Break

Salah satu fitur menarik yang diberikan Microsoft Word adalah Page Break. Fitur ini biasanya akan digunakan orang untuk membuat halaman kosong yang baru.

Sebenarnya fitur ini merupakan fitur yang tersembunyi, namun kamu bisa melihatnya dengan menekan atau mengaktifkan Paragraph Mark. Untuk mengetahuinya klik ikon paragraph mark yang ada di tab home, kelompok paragraph.

Lalu bagaimana cara menghapus halaman di Word yang sudah terlanjur di-page break? Berikut caranya:

  1. Buka dokumen word yang akan dihapus, kemudian klik dua kali pada halaman yang sudah di page break.
  2. Setelah itu, halaman akan terseleksi dengan otomatis.
  3. -Jika sudah terseleksi, anda bisa langsung klik tombol Delete yang ada di keyboard.
  4. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan menu Find and Replace untuk menghapus halaman yang sudah di page break. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  5. Buka menu Find anda Replace yang ada di tab Home. Atau bisa juga dengan tekan tombol kombinasi CTRL + H.
  6. Setelah menu Find and Replace tersebut muncul pastikan bahwa tab Replace aktif.
  7. Pada kolom Find what anda bisa mengisi ^m sementara pada kotak Replace with dibiarkan kosong.
  8. Selanjutnya klik Replace All.
  9. Kemudian anda bisa klik OK pada menu pop up yang muncul di layar.
  10. Dan kini halaman page break sudah terhapus.

3. Menghapus Page Pada Bagian Akhir Dokumen

Terkadang kita sering menemukan halaman yang kosong pada akhir dokumen. Untuk menghapus halaman kosong tersebut bisa menggunakan cara sebagai berikut:

  1. Buka dokumen yang ingin dihapus halaman kosongnya.
  2. Tampilkan terlebih dahulu halaman kosong yang ada di bagian akhir akhir dokumen dengan menggunakan fitur Paragraph Mark.
  3. Blok semua karakter yang ada dihalaman kosong tersebut, kemudian tekan tombol Delete di keyboard.
Baca Juga:  Cara Cek No HP Axis dengan Mudah dan Cepat

4. Menghapus Semua Page di Word

Jika penjelasan sebelumnya mengenai cara menghapus page atau halaman yang kosong saja, pada bagian ini kamu akan belajar bagaimana menghapus seluruh page atau halaman di Word.

cara menghapus page di Word 3

Cara menghapus seluruh sangat mudah, kamu bisa langsung melakukan select atau blok seluruh halaman word atau dengan tekan tombol kombinasi CTRL + A.

Setelah semua ke blok, selanjutnya tekan tombol Delete atau klik kanan pada mouse kemudian pilih Delete. Maka secara otomatis seluruh page atau halaman akan terhapus secara otomatis.

5. Menghapus Nomor Halaman di Seluruh Page

Selain cara menghapus seluruh page atau halaman di Word, kamu juga bisa menghapus seluruh nomor halaman di page. Menghapus nomor halaman page sangatlah mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka dokumen word, dan klik tab Insert.
  2. Klik menu Page Number.
  3. Pilih opsi Remove page numbers.
  4. Dan nomor halaman diseluruh page pada dokumen tersebut akan secara otomatis terhapus.

Nah itulah penjelasan mengenai cara menghapus page di Word. Bagaimana mudah buka? Buat seorang pemula cara ini sangat membantu sekali jika ingin menghapus page atau halaman di Word. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima Kasih dan Selamat Mencoba!