Kode Plat Nomor Bengkulu dan Kode Belakang Wilayah

metodegames.com – Bagi anda yang mencari kode plat nomor Bengkulu, maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak informasi lengkap mengenai kode plat di wilayah Bengkulu dan sekitarnya.

Sebagai warga negara yang memiliki kendaraan bermotor baik itu beroda dua maupun beroda empat, maka sudah menjadi kewajiban setiap pemilik kendaraan memiliki plat kendaraan legal dan berijin resmi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun dasar hukum dan ketentuan khusus pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 (Perkapolri 5/2012) tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Pelat nomor ini berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor, yang diterbitkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada kendaraan bermotor.

Warna plat pada kendaraan pun bisa berbeda-beda tergantung dengan peruntukkan kendaraan. Simak spesifikasi warna pelat nomor sebagai berikut.

  • Dasar hitam, tulisan putih untuk perseorangan dan kendaraan bermotor sewa. Namun sekarang peraturan telah ini diperbaharui dimana plat dasar plat menjadi putih dan tulisan hitam. Peraturan baru diberlakukan secara bertahap bagi pemilik kendaraan yang membuat plat kendaraan pertama kali atau memperbaharui masa pakai plat kendaraan.
  • Dasar kuning, tulisan hitam untuk umum
  • Dasar merah, tulisan putih untuk dinas pemerintahan
  • Dasar putih, tulisan biru untuk Korps Diplomatik negara asing

Sementara itu, dasar hijau, tulisan hitam, untuk kawasan perdagangan bebas atau (Free Trade Zone) yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan. Selain itu, tidak boleh dioperasionalkan atau dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Menghapus Akun Mobile Legends

Berdasarkan Pasal 70 ayat 2 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, jangka waktu berlaku TNKB yakni selama 5 tahun dan harus dimintakan pengesahan setiap tahunnya.

Sekedar informasi dimana setiap provinsi dan kota besar di Indonesia pada umumnya memiliki kode plat khusus untuk membedakan asal wilayah kendaraan tersebut dimana kode wilayah akan tertera pada huruf pertama pada plat kendaraan. Tetapi tidak hanya itu, sebab kode angka dan huruf terakhir pada plat kendaraan juga memiliki arti dan makna tersendiri.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak arti dari kombinasi huruf dan angka pada plat kendaraan memiliki arti sebagai berikut.

  • Kode huruf yang depan sebagai wilayah asal rayon
  • Kode angka yang tengah sebagai urutan nomor polisi saat kendaraan didaftarkan
  • Kode huruf yang akhir sebagai asal wilayah Kota dan Kabupaten
  • Dan pada baris terakhir terdapat susunan bulan dan tahun kapan plat kendaraan berakhir masa berlakunya dan harus diperpanjang kembali.

Kode Plat Nomor Bengkulu

Kode Plat Nomor Bengkulu

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana plat kendaraan berisikan kode wilayah asal kendaraan dimana setiap wilayah di Indonesia memiliki awalan kode plat yang berbeda-beda untuk mempermudah proses identifikasi kendaraan. Adapun untuk kode plat nomor Bengkulu di awali dengan huruf BD yang mewakili wilayah Bengkulu dan sekitarnya. Sementara kota dan kabupaten di sekitar Bengkulu tetap menggunakan plat awalan BD tetapi dibedakan dengan kode wilayah pada bagian plat belakang.

Simak arti kode wilayah di Bengkulu beserta dengan kode plat belakangnya.

Kota Bengkulu: BD, kode belakang A*, C*, E*, dan L*
Kabupaten Bengkulu Selatan: BD, kode belakang B* dan M*
Kabupaten Bengkulu Utara: BD, kode belakang D* dan S*
Kabupaten Kepahiang: BD, kode belakang G*
Kabupaten Lebong: BD, kode belakang H*
Kabupaten Rejang Lebong: BD, kode belakang K*
Kabupaten MukoMuko: BD, kode belakang N*
Kabupaten Seluma: BD, kode belakang P*
Kabupaten Kaur: BD, kode belakang W*
Kabupaten Bengkulu Tengah: BD, kode belakang Y*

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Dengan kode huruf pada bagian belakang plat kendaraan, kendaraan akan mudah dikenali asal daerahnya secara lebih spesifik seperti asal kabupaten dari daerah Bengkulu dan sekitarnya.

Demikian informasi mengenai kode plat nomor Bengkulu lengkap dengan asal wilayah kota/kabupaten wilayah Bengkulu dan sekitarnya yang dibedakan dengan huruf di belakang plat kendaraan. Semoga berguna dan bermanfaat.