Cara Cek IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak

Apakah kamu ingin mengecek IMEI iPhone kamu sudah terdaftar atau tidak? Jika kamu belum tahu caranya, silahkan baca cara cek IMEI iPhone terdaftar atau tidak berikut ini sampai selesai.

Akhir-akhir ini banyak orang ingin mengecek IMEI HP mereka apakah sudah terdaftar atau belum, karena pemerintah Indonesia telah menerapkan peraturan ketat.

Peraturan tersebut terkait dengan pengendalian alat dan/atau perangkat telekomunikasi yang tersambung ke jaringan bergerak seluler melalui International Mobile Equipment Identity (IMEI).

IMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan nomor identitas internasional.

Nomor IMEI terdiri dari kumpulan angka yang berjumlah 15 digit. Angka ini berfungsi untuk untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi yang terhubung ke jaringan bergerak seluler.

Apabila nomor IMEI sudah terdaftar, maka perangkat tersebut bisa digunakan di Indonesia. Sehingga perangkat tersebut bisa menerima sinyal yang dapat digunakan untuk internet.

cara cek IMEI iPhone terdaftar atau tidak 2

Lalu bagaimana cara mengecek IMEI yang sudah terdaftar atau belum? Apabila kamu belum tahu caranya, kali ini Metodegames akan memberikan tutorial kepada kamu cara mengecek IMEI iPhone maupun Android.

Cara Cek IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek IMEI iPhone kamu sudah terdaftar atau belum. Berikut beberapa yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui IMEI aman dari pemblokiran:

Baca Juga:  Ciptakan Chat yang Estetik! Begini Cara Ganti Tema DM IG dengan Mudah

1. Cara Mengecek di Website Bea Cukai

Untuk memeriksa status registrasi IMEI di Bea Cukai, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi Situs Web: Akses situs web resmi Bea Cukai melalui tautan berikut: https://www.beacukai.go.id/cek-imei.html.
  2. Masukkan Nomor IMEI: Di situs tersebut, cari kolom yang disediakan untuk memasukkan nomor IMEI iPhone yang ingin kamu periksa.
  3. Verifikasi Kode: Setelah memasukkan nomor IMEI, kemungkinan kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang tertera di situs web tersebut. Hal ini untuk memastikan validitas permintaan kamu.
  4. Kirim Permintaan: Setelah kamu memasukkan nomor IMEI dan kode verifikasi, cari tombol atau opsi “Send” atau “Cek” untuk memulai proses pengecekan.
  5. Hasil Pengecekan: Setelah proses pengecekan selesai, situs akan menampilkan informasi mengenai status registrasi IMEI iPhone yang kamu cek. kamu akan melihat apakah nomor IMEI tersebut sudah terdaftar atau belum di Bea Cukai.

2. Cara Mengecek di Website Kemenperin

Jika kamu ingin memeriksa legalitas iPhone kamu, langkah-langkahnya bisa dilakukan sebagai berikut melalui website Kementerian Perindustrian (Kemenperin):

cara cek IMEI iPhone terdaftar atau tidak 3

  1. Akses Situs Resmi: Buka situs web resmi Kemenperin dengan mengunjungi https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Input Nomor IMEI: Temukan area atau kolom yang disediakan untuk memasukkan nomor IMEI iPhone yang ingin kamu cek.
  3. Kode Verifikasi: Biasanya, situs akan meminta kamu memasukkan kode verifikasi yang tertera untuk memastikan keabsahan permintaan kamu.
  4. Kirim Permintaan: Setelah memasukkan nomor IMEI dan kode verifikasi, cari tombol atau opsi “Send” atau “Cek” untuk memulai proses pengecekan.
  5. Hasil Pengecekan: Setelah proses selesai, situs akan menampilkan informasi mengenai status registrasi IMEI iPhone yang kamu cek. kamu akan melihat apakah nomor IMEI tersebut sudah terdaftar atau belum di database Kemenperin.
  6. Penting untuk dicatat bahwa IMEI yang terdaftar di database Kemenperin atau Bea Cukai menunjukkan bahwa iPhone didistribusikan secara legal.
Baca Juga:  Begini Cara Menggunakan Voice Spice, Aplikasi Pengubah Suara

Perbedaan Mengecek Lewat Bea Cukai dan Kemenperin

Menurut informasi dari sumber resmi yang dijelaskan dalam pertanyaan dan jawaban di laman Kemenperin, terdapat perbedaan mendasar dalam pendaftaran nomor IMEI di database Bea Cukai dan Kemenperin.

1. Pendaftaran di Kemenperin

  • Nomor IMEI yang terdaftar di database Kemenperin berasal dari pelaku usaha, seperti produsen atau importir.
  • Pendaftaran IMEI di sini merupakan bagian dari regulasi yang dijalankan oleh pelaku usaha terkait perangkat yang mereka hasilkan atau impor.

2. Pendaftaran di Bea Cukai

  • Sebaliknya, IMEI yang terdaftar di database Bea Cukai berasal dari registrasi para penumpang yang membawa perangkat gadget dari luar negeri.
  • Registrasi dilakukan saat barang tersebut masuk ke wilayah negara, dan IMEI perangkat terdaftar sebagai bagian dari proses bea cukai.

Manfaat Peraturan Tentang IMEI

Regulasi IMEI memiliki manfaat penting dalam industri HP, membawa beragam dampak positif dalam ekosistem perangkat telekomunikasi. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Pencegahan Perdagangan Barang Curian

Regulasi IMEI membantu mencegah perdagangan HP hasil kejahatan, karena setiap perangkat memiliki nomor identifikasi unik. Hal ini dapat mengurangi jumlah perangkat curian yang diperjualbelikan di pasaran.

2. Perlindungan Potensi Pajak

Regulasi IMEI membantu memastikan bahwa perangkat yang masuk ke pasar resmi terdaftar secara legal. Dengan demikian, potensi pajak dari penjualan resmi perangkat dapat dipertahankan.

3. Pengurangan Penjualan HP Ilegal

Dengan regulasi IMEI, penjualan HP ilegal yang mungkin tidak memenuhi standar keamanan atau kualitas dapat diminimalisir. Ini membantu dalam menjaga standar keamanan konsumen.

4. Pencegahan Persaingan Tidak Sehat

Regulasi IMEI membantu mencegah persaingan tidak sehat di pasar, karena perangkat yang dijual secara ilegal tidak akan dapat bersaing dengan perangkat yang masuk secara sah ke dalam pasar resmi.

Baca Juga:  Cara Top Up FF Pakai Pulsa

Itulah penjelasan mengenai cara cek IMEI iPhone terdaftar atau tidak. Pastikan untuk mengecek dahulu IMEI HP ketika membeli baru. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih.