Cara Cek Pajak Motor Lewat HP dengan Mudah dan Cepat

Setelah kemarin kita membahas cara cek pajak kendaraan online, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara cek pajak motor lewat HP. Mau tahu caranya? Silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Kemajuan teknologi yang sudah berkembang pesat, membuat semua hal bisa dilakukan dengan mudah melalui HP. Kamu bisa mengakses berbagai informasi di internet hanya dengan menggunakan sebuah perangkat mungil bernama HP.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan cek pajak motor lewat HP. Pajak kendaraan motor merupakan sebuah iuaran uang yang wajib dibayarkan oleh pemilik motor setiap tahunnya.

Kamu wajib mengetahui biaya yang harus dikeluarkan setiap orang pemilik kendaraan baik itu motor maupun mobil. Hal ini harus diketahui, karena biaya pajak pertahun nya berbeda.

Jika pemilik kendaraan lupa membayar pajak, maka akan dikenakan denda. Jangan khawatir, kamu sekarang bisa mengecek pajak motor hanya melalui HP.

cara cek pajak motor lewat HP 2

Hal ini sangat mudah, karena kamu tidak perlu datang ke kantor samsat dan harus mengantre karena menunggu di panggil oleh petugas. Nah apakah kamu sudah tahu caranya cek pajak motor lewat HP?

Jika belum, kali ini Metodegames akan membagikan ke kalian cara mudah melakukan pengecekan pajak kendaraan motor yang bisa kamu lakukan dirumah menggunakan HP.

Cara Cek Pajak Motor Lewat HP

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek pajak motor lewat HP. Kamu bisa mengecek lewat website atau situs resminya, lewat SMS, dan Aplikasi.

Berikut adalah langkah-langkah di setiap cara tersebut:

Baca Juga:  Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

1. Cara Cek Melalui Website

Cara pertama untuk mengecek pajak kendaraan motor adalah melalui Website. Caranya cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Akses laman resmi Samsat (https://e-samsat.id).
  2. Setelah itu, isilah formulir yang berada pada halaman tersebut seperti (Plat, Nomor, Seri, No rangka dan Provinsi).
  3. Jika sudah, klik “Cari Sekarang”.
  4. Kemudian akan muncul informasi nominal yang harus kamu bayar. Di halaman ini juga menyajikan informasi kendaraan seperti: merk, model, tahun, warna, nomor rangka, dan juga nomor mesin.
  5. Lalu, informasi pajak kendaraan dari PNBP dengan rincian: PKB POK, PKB DEN, SWDKLLJ POK, SWDKLLJ DEN, PNBP STNK, PNBP TNKB, dan total yang harus dibayar dilengkapi dengan tanggal pajak serta tanggal STNK dan keterangan lainnya.

Jika kamu ingin mengecek pajak melalui website, kamu harus tahu bahwa kantor samsat di setiap provinsi memiliki alamat situs atau website yang berbeda-beda.

Misalnya saja Jawa Tengah, kamu bisa melakukan pengecekan dengan mengunjungi situs e-samsat.id/jawa-tengah. Selain itu itu untuk daerah lain, kamu bisa mengganti sesuai dengan nama daerah kalian masing-masing.

2. Cara Cek Melalui Aplikasi

Cara kedua untuk mengecek pajak kendaraan motor adalah melalui aplikasi SIGNAL. Dikutip dari situs resmi samsatdigital.id, SIGNAL merupakan samsat digital nasional yang bisa memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor secara aman dan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Install aplikasi SIGNAL di Google Play Store.
  2. Jika sudah terinstall, pilih wilayah kendaraan bermotor kamu.
  3. Masukkan nomor kendaraan.
  4. Setelah itu, di situ akan muncul tampilan informasi lengkap mengenai biaya hingga tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kamu.

3. Cara Cek Melalui SMS

Jika kamu tidak telalu minat menggunakan cara diatas seperti menggunakan aplikasi atau website, kamu bisa mencoba mengecek pajak kendaraan motor melalui SMS

Baca Juga:  Cara Membuat Stiker WA Tanpa Aplikasi

cara cek pajak motor lewat HP 3

Untuk caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi pesan di HP kamu.
  2. Kemudian, ketik: Info (spasi) nomor polisi/kode plat nomor/kode seri plat motor/warna motor.
  3. Jika sudah, silakan kamu kirim ke nomor 08112119211.
  4. Sebagai contoh: Info/P5666/XF/Merah.
  5. Setelah terkirim, tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi balasan SMS di HP kamu yang isinya merupakan kode bayar informasi kendaraan serta besar nominal yang harus dibayarkan.

Itulah penjelasan mengenai cara cek pajak motor lewat HP. Kamu bisa menggunakan salah satu cara diata untuk mengecek atau membayar pajak kendaraan bermotor dengan mudah tanpa harus datang kentor samsat dan antre lama.

Dengan memanfaatkan teknologi yang samakin maju, kamu bisa melakukan semua hal dengan mudah misalnya mengecek atau membayar pajak. Nah itulah penjalasan dari mimin semoga informasi ini bermanfaat, Terima kasih dan Selamat Mencoba.