Begini Cara Cek Plat Nomor Bali

metodegames.com – Apakah anda mencari cara cek plat nomor Bali? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya yang akan bagikan pada artikel kami kali ini.

Memiliki Plat nomor kendaraan merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi setiap kendaraan yang beroperasi di dunia termasuk di Indonesia, dimana setiap negara memiliki peraturan masing-masing mengenai pengaturan plat kendaraan yang beroperasi di negaranya.

Di Indonesia sendiri, plat kendaraan memiliki aturan dan ketentuannya baik itu untuk plat kendaraan roda dua dan roda empat dimana setiap kendaraan yang telah di atur di Undang-undang wajib menggunakan plat kendaraan dimana plat nomor sejatinya berfungsi sebagai identitas kendaraan untuk bisa membedakan kendaraan satu dengan lainnya. Selain itu, plat nomor juga penting untuk melacak kendaraan ketika terjadi masalah di jalan seperti insiden tabrakan, melanggar lalu lintas, pencurian dan lain sebagainya.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 68, tercantum jika pelat nomor wajib memuat kode wilayah, nomor registrasi dan masa berlaku, serta harus memenuhi syarat spesifikasi yang sudah diatur.

Peraturan perundangan tersebut diperkuat dengan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Dalam pasal 39 disebutkan mengenai unsur pengaman sebagai penjamin legalitas pelat nomor. Salah satunya adalah “Logo Lantas”.

Tidak hanya itu, terdapat juga Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 yang turut mencantumkan aturan mengenai pemasangan pelat nomor kendaraan yang menyebutkan kendaraan harus memiliki lampu penerangan untuk pelat nomor agar bisa dibaca pada jarak paling sedikit 50 meter dari belakang.

Adapun soal sanksi pelanggar pelat nomor kendaraan, kembali pada UU LLAJ Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 280 yang menyebutkan, bagi kendaraan yang tidak dilengkapi pelat nomor akan dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Baca Juga:  Cara Mendownload Video Dari YouTube

Cara Cek Plat Nomor Bali

Cara Cek Plat Nomor Bali

Seperti yang ditetapkan pada undang-undang diatas dimana plat kendaraan memuat kode wilayah tertentu maka seperti halnya di wilayah Bali dan sekitarnya juga memiliki kode khusus yakni menggunakan nomor plat nomor DK untuk seluruh kendaraan bermotor yang terdaftar di kepolisian daerah (Polda) provinsi Bali dimana hal ini bertujuan untuk memudahkan administrasi dengan memiliki kode tersendiri sesuai dengan wilayahnya.

Tidak hanya Bali yang memiliki kode plat khusus DK sebab setiap kota dengan wilayah administari berbeda, masing-masing memiliki kode plat khususnya masing-masing untuk mempermudah identifikasi dan administrasi kendaraan bermotor. Selain itu, hanya dengan melihat plat nomor kendaraan, akan mudah mengetahui asal lokasi kendaraan tersebut dan bisa digunakan untuk keperluan tertentu seperti perhitungan pajak atau ketika terdapat masalah atau kriminalitas di jalan.

Plat Daerah Bali

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana Plat nomor DK digunakan untuk seluruh kendaraan bermotor yang terdaftar di kepolisian daerah (Polda) provinsi Bali. Mengingat luasnya pulau Bali, untuk memudahkan administrasi maka setiap kendaraan bermotor di pulau dewata diberikan kode tersendiri sesuai dengan wilayahnya. Secara umum, administrasi pulau Bali terbagi menjadi wilayah meliputi Denpasar, Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, dan Tabanan.

Untuk kabupaten Badung, plat nomor DK diberikan kode belakang F**/J*/O*). Kabupaten Gianyar mendapatkan plat nomor DK dengan kode belakang K**/L*). Kabupaten Tabanan menerima plat nomor DK dengan kode belakang G**/H*). Kabupaten Klungkung diberi plat nomor DK dengan kode belakang M**/N*).

Kabupaten Bangli (DK dengan kode belakang P**/R**). Kabupaten Karangasem (DK dengan kode belakang S**/T*). Kabupaten Buleleng (DK dengan kode belakang W**/Z*). Kabupaten Jembrana (DK dengan kode belakang U**/V**). Dan untuk kabupaten Denpasar (DK dengan kode belakang A**/B*/C*/D*/E*/I*/Q*/X*).

Baca Juga:  Cara Nuyul Aplikasi Tiktok Lite

Demikian informasi mengenai cara cek plat nomor Bali dan informasi lainnya yang perlu anda ketahui mengenai plat nomor. Semoga berguna dan bermanfaat.