Cara Cek Sisa Kuota Smartfren dengan Mudah

Apakah kamu ingin mengecek sisa kuota namun tidak tahu caranya? Apabila kamu ingin tahu caranya mengecek dengan mudah, silahkan simak cara cek sisa kuota Smartfren sampai selesai.

Kuota internet merupakan salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat ini untuk mengakses sebuah informasi baik itu video, gambar, bahkan tulisan di internet.

Salah satu penyedia kuota internet adalah Smartfren. Siapa sih yang tidak kenal dengan provider ini? Smartfren merupakan salah satu penyedia layanan internet di Indonesia, yang penggunanya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, cara cek sisa kuota Smartfren harus diketahui oleh para penggunanya. Karena hal ini cukup penting apabila ingin mengakses internet.

cara cek sisa kuota Smartfren 2

Nah apabila kamu pengguna baru Smartfren, mungkin cara ini belum kamu ketahui. Jika kamu ingin tahu caranya, kali ini Metodegames akan membantu kamu untuk mengeceknya.

Cara Cek Sisa Kuota Smartfren

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeek sih kuota Smartfren kamu. Dikutip dari situs resmi Smartfren, berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Cek Melalui SMS

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah melalui SMS. Layanan ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah tidak dipungut biaya.

Apabila kamu ingin tahu caranya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi “Pesan” pada HP kamu.
  2. Masukkan nomor tujuan 955.
  3. Ketikkan kata “CEK” di kolom pesan dan kirim.
  4. Balasan SMS dari operator Smartfren akan segera muncul, memberikan informasi lengkap termasuk nomor telepon, rincian paket, sisa kuota, dan masa berlaku kartu.
Baca Juga:  Anti Jengkel! 4 Cara Mengatasi Hp Lemot Terbaru

2. Cek Melalui Dial Up *995#

Langkah selanjutnya untuk melakukan pengecekan kuota Smartfren adalah melalui fitur dial up atau panggilan telepon.

Metode ini dapat diakses secara gratis dan kapan saja. Berikut adalah cara untuk melakukan pengecekan:

  1. Buka fitur “Telepon” pada HP kamu.
  2. Ketik 995 di layar dial, lalu tekan ikon “Call” atau panggil.
  3. Sisa kuota kamu akan segera muncul pada layar HP bersama dengan informasi tentang nama paket dan masa aktif paket Smartfren yang sedang digunakan.

3. Cek Melalui Dial Up *123#

Langkah-langkah untuk melakukan pengecekan kuota Smartfren ini mirip dengan metode sebelumnya, namun menggunakan kode USSD yang berbeda. Berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi menu telepon pada perangkat HP kamu.
  2. Tekan tombol *123# pada layar dial.
  3. Setelah itu, klik “Call” atau “Panggil”.
  4. Tunggu beberapa saat, informasi mengenai sisa kuota dan masa aktif kamu akan ditampilkan dalam menu bar.

4. Cek Melalui Aplikasi MySF

Proses pengecekan kuota Smartfren juga dapat dilakukan melalui aplikasi MySF atau MySmartfren. Aplikasi ini tersedia secara gratis bagi pelanggan Smartfren dan dapat diunduh melalui Play Store atau App Store.

Aplikasi ini menyediakan informasi rinci mengenai kartu, termasuk pulsa, sisa kuota, masa aktif kartu, serta data nomor pelanggan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi MySmartfren melalui Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Buka aplikasi, dan lakukan login menggunakan nomor telepon Smartfren kamu.
  3. Pilih opsi “Paket Saya” untuk menampilkan informasi sisa kuota dan masa aktif paket yang sedang digunakan.

5. Cek Melalui Website

Pengecekan kuota Smartfren selanjutnya dapat dilakukan melalui website resmi Smartfren. Kamu dapat mengakses situs my.smartfren.com melalui browser pada HP atau laptop.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs my.smartfren.com melalui browser pada perangkat kamu.
  2. Masukkan User ID atau alamat email yang terdaftar beserta password untuk masuk, atau klik tombol “Daftar” untuk membuat akun baru jika belum memiliki.
  3. Klik tombol “Detail” untuk melihat informasi sisa kuota Smartfren. Informasi mengenai paket dan masa aktif, termasuk sisa kuota, akan ditampilkan dalam pop-up yang muncul.

6. Cek Kuota Melalui Customer Service

cara cek sisa kuota Smartfren 3

Langkah terakhir untuk mengecek kuota Smartfren adalah melalui layanan customer service. Untuk menghubungi customer service Smartfren, kamu hanya perlu menekan nomor 995 pada layar dial up ponsel. Setelah itu, kamu akan terhubung dengan customer service yang siap membantu.

Setelah tersambung, sampaikan langsung maksud dan tujuan kamu kepada customer service. Kamu dapat menanyakan informasi secara langsung mengenai sisa kuota Smartfren dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Layanan customer service dapat memberikan pelayanan yang informatif dan membantu pengguna dalam memahami detail mengenai kuota yang dimiliki.

Penutup

Provider Smartfren biasanya memberikan bonus kuota sebagai insentif setelah pengguna melakukan pengisian pulsa, tetapi promo bonus ini hanya berlaku untuk kartu prabayar.

Nomor prabayar Smartfren mengadopsi sistem pembayaran sebelum penggunaan pulsa atau data internet.

Bonus kuota yang diberikan sesuai dengan jumlah pengisian pulsa dan berlaku sebagai berikut:

  1. Mendapatkan bonus kuota 2 GB diberikan setiap kali pengisian pulsa sebesar Rp 150 ribu.
  2. Kemudian bonus kuota 3 GB diberikan setiap kali pengisian pulsa dalam kisaran Rp 200-300 ribu.
  3. Bonus kuota 5 GB diberikan setiap kali pengisian pulsa sebesar Rp 300 ribu.

Perlu diingat bahwa bonus kuota ini tidak berlaku untuk pengisian pulsa Smartfren berulang. Minimal pengisian pulsa yang memenuhi syarat harus mencapai Rp 150 ribu dan dilakukan dalam satu kali pengisian.

Baca Juga:  Plat Nomor Kendaraan AA dari Mana? Cek Asal Daerahnya dan Arti Kode Belakangnya

Selain itu, bonus kuota memiliki masa berlaku selama 7 hari. Pengguna dapat memeriksa bonus kuota Smartfren yang diperoleh melalui aplikasi MySmartfren atau dengan melakukan panggilan ke nomor *999#.

Itulah penjelasan mengenai cara cek sisa kuota Smartfren. Dengan mengikuti salah satu cara diatas, maka kamu bisa dengan mudah mengecek sisa kuota Smartfren kamu.