5 Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air Dengan Tepat!

Saat sedang asyik menggunakan smartphone atau hp terus terkena masalah yaitu kemasukan air. Justru hal tersebut harus kamu tangani dengan segera dan tidak perlu terburu-buru untuk dibawa ke tempat servis. Karena terdapat berbagai cara mengatasi hp kemasukan air.

Untuk Sebagian hp atau handphone yang sudah dilengkapi teknologi canggih sudah memiliki fitur tahan terhadap air. Namun disamping hal tersebut masih banyak handphone yang belum dilengkapi fitur tersebut sehingga kamu harus mengetahuinya.

Bagi kamu yang penasaran mengenai cara mengatasi hp kemasukan air akan kami bahas secara lengkap. yuk simak penjelasannya dibawah ini hingga selesai!

Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air

Ketika Hp kemasukan air tentu akan menjadi bahaya loh dan harus kamu tangani dengan serius karena dapat merusak komponen didalamnya. Yang lebih parah lagi saat kemasukan air hp kamu tidak dapat berfungsi dengan normal loh.

Karena pada dasarnya ketika air mengalir atau masuk kebagian Hp seperti konduktor yang membaw arus kemudian membebani ponsel dengan energi. Terkadang saat kemasukan air pada hp tidak terjadi apapun namun setelah keesokan harinya mati total.

Jika hal tersebut terjadi tentu akan menghambat aktivitas pada hp atau handphone kamu sehingga perlu penanganan yang tepat sebelum dibawa ke tempat servis. Nah Adapun berbagai cara mengatasi hp kemasukan air yang bisa kamu lakukan dibawah ini:

1. Matikan Hp & Keringkan

Cara mengatasi hp kemasukan air pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mematikan hp sesegera mungkin. Dengan melakukan hal tersebut tentu dapat menghambat dan menghindari penyebaran kerusakan karena korsleting Listrik.

Baca Juga:  Cara Cek Saldo BRI Lewat SMS dengan Mudah

Kemudian keringkan dan bersihkan handphone pada seluruh bagian seperti halnya membuka casing, mengelap layar dengan kain yang lemut atau tisu dan tak lupa untuk cek bagian slot USB C atau Micro USB.

2. Melepaskan Komponen Hp

Kedua, cara mengatasi hp kemasukan air yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melepaskan komponen Hp seperti baterai, memori, SIM dan casing. Hal tersebut tentu dapat mencegah komponen penting dalam Hp atau Handphone mengalami kerusakan yang parah.

Sangat dianjurkan saat mengalami kemasukan air pada hp jangan digoyangkan karena dapat membuat air semakin masuk kedalam komponen penting. Kamu cukup melepaskan komponen yang sekiranya dapat membantu air tidak mengalir kedalam.

3. Gunakan Lap Kering & Lembut

Ketiga, cara mengatasi hp kemasukan air selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu menggunakan lap kering & lembut untuk mengeringkan hp dibagian layar LCD karen menjadi hal pertama yang harus keringkan.

Pasalnya jika kamu meremahkan bagian layar LCD dan membuat permukaan layar lembab serta lama ditindak dngan waktu yang lama dapat menyebabkan flek hitam dibagian LCD. Maka dari itu kamu bisa menggunakan lap kering dan lembut untuk segera mengeringkan bagian layar pada hp.

Sangatp penting juga menggunakan lap kering & lembut agar bagian hp yang kamu lap tidak mengalami bercakan yang disebabkan dari lap yang kasar. Kemudian hindari mengelap permukaan layar dengan terburu-buru dan dibawah sinar matahari karena berpotensi merusak komponen yang lainnya.

4. Gunakan Silica Gel Untuk Mengeringkan Hp

Keempat, cara mengatasi hp kemasukan air berikutnya yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menggunakan silica gel untuk mengeringkan Hp. Dengan menggunakan silica gel tentu dapat menyerap kelembapan sehingga dapat mencegah terjadinya pengembunan diperangkat smarthone kamu.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Kamu bisa mengumpulkan silica gel disuatu wadah setelah itu simpan hp yang kemasukan air. Setelah itu diamkan selama satu hingga dua hari agar komponen hp benar-benar kering dan siap digunakan kembali.

5. Gunakan Penyedot Debu

Kelima, cara mengatasi hp kemasukan air selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu menggunakan penyedot debu. Dengan menggunakan penyedot debu kamu dapat memastikan bahwasannya air tidak masuk lebih dalam dan tersedot.

Kamu hanya perlu menyalakan penyedot debu kemudian arahkan kebagian sela-sela kecil yang dirasa air dapat masuk. Sela-sela kecil tersebut bisa seperti port USB, lubang speaker, jack atau audio dan slot kartu perdana kemudian segera proses penyedotannya.

Tips Mencegah HP Terendam Air di Masa Depan

Tips Mencegah HP Terendam Air di Masa Depan

Jika Anda ingin mencegah HP terendam air di masa depan, ada beberapa langkah yang dapat ambil. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu menjaga perangkat tetap aman dan terhindar dari kerusakan akibat air:

  1. Pastikan menggunakan casing atau perlindungan tambahan untuk HP yang tahan air atau anti air. Ini dapat membantu mencegah air masuk ke dalam perangkat jika terjadi kebocoran atau insiden yang tidak terduga.
  2. Hindari penggunaan HP di sekitar air, terutama di dekat kolam renang, kamar mandi, atau dapur yang berisiko tinggi terhadap cipratan air.
  3. Periksa keadaan sekitar sebelum menggunakan HP di area yang berisiko seperti pantai atau area dengan kemungkinan terjadi kontak dengan air.
  4. Tutup rapat bagian baterai, slot SIM, dan port lainnya pada HP kamu untuk mencegah air masuk ke dalam perangkat melalui celah-celah yang ada.
  5. Bersihkan HP secara rutin dengan kain lembut dan kering untuk menghilangkan kotoran dan debu yang dapat menyumbat celah dan pori-pori perangkat. Selalu pastikan HP kamu dalam kondisi bersih dan kering.
  6. Jika kamu menggunakan HP di cuaca hujan, pastikan untuk melindunginya dengan payung atau perlindungan tambahan yang dapat mencegah air langsung mengenai perangkat.
  7. Jika terjadi kebocoran air atau terjadi insiden dimana HP kamu terkena air, matikan perangkat segera dan jangan mencoba menghidupkannya sebelum benar-benar kering.
Baca Juga:  Cara Mendownload Aplikasi di Laptop

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat meningkatkan kemungkinan mencegah HP terendam air di masa depan. Selalu berhati-hati dan pertimbangkan lingkungan sekitar ketika menggunakan perangkat agar dapat tetap terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh air. Jaga kebersihan dan kondisi perangkat kamu agar dapat berfungsi dengan baik dalam jangka panjang.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi hp kemasukan air yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang disampaikan dapat membantu dan bermanfaat, Terimakasih!