Cara Mengatasi Laptop Black Screen dengan Mudah

Apakah laptop kamu mengalami black screen atau layar hitam? Dalam kondisi seperti jangan panik, silahkan simak cara mengatasi laptop black screen berikut ini.

Black screen merupakan suatu kondisi laptop dengan tampilan layar hitam polos dan tidak menampilkan gambar apapun selain warna hitam.

Hal ini merupakan salah satu masalah kerusakan laptop yang sering dialami oleh pengguna laptop, kondisi ini bisa terjadi ketika laptop masih menyala.

Black screen bisa terjadi kerena adanya kerusakan pada layar LCD, kerusakan pada VGA laptop, dan kabel laptop yang bermasalah.

cara mengatasi laptop black screen 2

Nah untuk mengatasi hal ini, Metodegames telah merangkum dari beberapa sumber bagaimana cara mengatasi laptop black screen dengan mudah.

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Black screen bisa membuat pekerjaan kita menjadi terhambat, nah untuk itu kita harus mengatasi hal tersebut agar laptop kembali normal.

Nah berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop black screen yang bisa kamu lakukan ketika laptop yang kamu gunakan mengalami black screen.

1. Menggunakan Safe Mode

Dalam menghadapi masalah layar laptop teks screen, salah satu solusi yang dapat kamu terapkan adalah menggunakan safe mode.

Penggunaan safe mode terbukti efektif dalam mengatasi gangguan pada layar laptop dan dapat menjadi solusi yang cepat dan mudah.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghidupkan laptop kamu dan kemudian menekan kombinasi tombol Windows bersamaan dengan F8. Setelah melakukannya, layar akan menampilkan daftar program dan sistem yang tersedia.

Baca Juga:  Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis

Dari daftar tersebut, kamu dapat memilih opsi safe mode dan menekan tombol enter. Dengan melakukan langkah ini, laptop kamu akan secara otomatis memulai proses booting dalam safe mode. Setelah berhasil masuk ke safe mode, lanjutkan dengan memilih menu system restore.

2. Menggunakan Task Manager

Untuk mengatasi masalah laptop yang tiba-tiba mengalami black screen, salah satu solusinya adalah menggunakan Task Manager. Prosedurnya cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan laptop seperti biasa. Jika saat proses booting tiba-tiba muncul layar hitam, tekan kombinasi tombol ctrl+alt+delete.
  2. Akan muncul sebuah layar, pilih opsi Task Manager dari menu yang tersedia.
  3. Setelah Task Manager terbuka, pilih opsi “Add new task” dan ketik “explorer.exe” pada kolom yang tersedia.
  4. Selanjutnya, pilih aplikasi “Explorer” dan laptop secara otomatis akan memulai prosesnya.

3. Mengubah Pengaturan Default BIOS

Mengembalikan pengaturan BIOS ke default dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah black screen yang tiba-tiba muncul pada laptop.

BIOS, sebagai kunci utama dalam mengatasi layar hitam, dapat diakses melalui menu BIOS pada laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Nyalakan laptop dan akses menu BIOS. Ini dapat dilakukan dengan menekan tombol khusus saat laptop booting. Biasanya, tombol ini adalah “Esc,” “F2,” “F10,” atau “Del,” tergantung pada merek dan model laptop.
  2. Setelah masuk ke menu BIOS, navigasikan ke opsi “Exit.”
  3. Pilih opsi “Load Setup Defaults” atau serupa, tergantung pada antarmuka BIOS laptop kamu.
  4. Konfirmasikan pemulihan pengaturan default dengan memilih “Yes” atau opsi serupa.

4. Mengecek Kondisi RAM

Random Access Memory (RAM) memegang peran krusial dalam kinerja perangkat, dan jika terjadi kerusakan pada RAM, bisa menyebabkan layar laptop menjadi hitam.

Baca Juga:  Cara Membuat Garis di Word

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mencoba melepas RAM dari laptop. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  1. Matikan laptop dan pastikan untuk melepaskan daya serta melepaskan baterai jika mungkin.
  2. Akses bagian di mana RAM terletak, biasanya terdapat di bagian bawah laptop. Buka penutup atau panel yang melindungi RAM.
  3. Lepaskan RAM dengan hati-hati dari slotnya. Perhatikan arah dan cara melepaskan RAM sesuai petunjuk yang terdapat di laptop atau manual pengguna.
  4. Periksa kondisi fisik RAM, pastikan tidak ada kerusakan pada pin atau bagian lainnya. Bersihkan RAM dari debu atau kotoran yang mungkin menempel padanya.
  5. Pastikan RAM dalam keadaan baik dan bersih sebelum memasangnya kembali. Perhatikan arah dan letak slot RAM yang benar saat memasangnya.
  6. Pasang RAM kembali ke slotnya dengan hati-hati, pastikan terpasang dengan benar dan kencang.
  7. Tutup kembali penutup atau panel yang melindungi RAM, lalu nyalakan laptop.

5. Melakukan Install Ulang

Untuk mengatasi permasalahan layar laptop yang tiba-tiba hitam, salah satu solusinya adalah dengan melakukan instalasi ulang Windows.

cara mengatasi laptop black screen 3

Tindakan ini bertujuan untuk memperbaiki perangkat lunak pada laptop. Meskipun demikian, sebelum melangkah ke tahap ini, sangat dianjurkan untuk melakukan cadangan data penting.

Langkah pertama yang perlu diambil adalah membackup data yang dianggap penting, karena proses instalasi ulang Windows dapat mengakibatkan hilangnya data. Setelah selesai membackup data, Anda dapat melanjutkan dengan melakukan instalasi ulang Windows.

Selama proses instalasi ulang, kemungkinan besar dokumen atau file penting pada laptop akan terhapus. Namun, setelah instalasi ulang Windows berhasil dilakukan, diharapkan performa laptop dapat pulih dan kembali normal.

6. Melakukan Service Laptop

Jika layar laptop mengalami masalah terus-menerus dan menunjukkan tampilan hitam blank, salah satu solusi terakhir yang dapat diambil adalah melakukan servis laptop.

Baca Juga:  Membuat Notif WA Korea Viral dan Trending

Kondisi layar yang hitam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti masalah pada VGA laptop, LCD, gangguan pada RAM, atau komponen hardware lainnya.

Keadaan laptop dengan layar hitam dapat mengindikasikan adanya masalah pada komponen-komponen tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, langkah terbaik adalah membawa laptop ke pusat servis terpercaya.

Di sana, teknisi profesional dapat melakukan diagnosis menyeluruh untuk menemukan penyebab pasti dari layar hitam dan meresponsnya sesuai kebutuhan.

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi laptop black screen. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang mengalami masalah pada layar laptop.