Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Apakah kamu tidak sengaja menghapus kontak di HP? Lalu bagaimana cara mengembalikan kontak yang terhapus? Nah buat kalian yang belum tahu caranya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Kontak merupakan salah satu data penting yang ada di HP, kontak mencakup beberapa hal seperti nama dan nomor telepon. Maka jika tidak sengaja terhapus akan sangat menjengkelkan.

Namun jangan khawatir, sekarang kamu bisa memulihkan kontak yang terhapus dengan mudah dan cepat. Kamu bisa menggunakan berbagai cara, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

cara mengembalikan kontak yang terhapus 3

Lalu apa saja cara-cara tersebut? Nah kali ini Metodegames akan membahas khusus buat kalian cara mengembalikan kontak yang terhapus berikut ini.

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kontak yang terhapus. Cara ini bisa kamu lakukan baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

1. Cara Mengembalikan Lewat Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah lewat aplikasi. Dengan cara ini kamu bisa mengembalikan kontak tanpa mengunduh aplikasi lainnya, kamu hanya perlu menggunakan pengaturan Google.

Berikut cara yang bisa kamu ikuti:

  1. Buka menu Pengaturan atau “Settings”
  2. Cari Google lalu klik
  3. Pilih “Set Up and Restore”
  4. Pilih “Restore Contact”
  5. Pilih akun Google yang digunakan untuk menyimpan kontak
  6. Pilih nomor kontak yang terhapus lalu klik “Restore”

2. Cara Mengembalikan Lewat Google Contact

Cara berikutnya untuk mengembalikan kontak yang terhapus adalah lewat Google Contact. Kamu harus mengunduh dahulu aplikasi ini karena biasanya HP belum dilengkapi aplikasi ini, atau kamu bisa membuka Google Contact di website contacts.google.com.

Baca Juga:  Cara Membuat Email Baru di HP

Cara ini hanya bisa dilakukan untuk memulihkan kontak yang terhapus dalam waktu 30 hari terakhir. Simak langkah-langkah dibawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi atau website Google Contact
  2. Login Google Contact menggunakan akun Gmail yang biasa kamu pakai untuk menyimpan kontak
  3. Pilih “Trash” di bagian kiri
  4. Pilih kontak yang ingin dikembalikan, klik “Restore” di bagian kanan kontak. Atau centang beberapa kontak sekaligus lalu pilih “Restore”

3. Cara Mengembalikan Lewat Aplikasi Restore Contact

Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk memulihkan kontak yang terhapus, salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Restore Contact: Recover Deleted Contact.

Untuk menggunakannya, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Restore Contact: Recover Deleted Contact
  2. Buka aplikasi tersebut di HP, lalu ketikkan nama kontak yang kamu cari di kolom pencarian
  3. Muncul nama kontak yang hilang tersebut
  4. Pilih “Restore” untuk mengembalikan kontak

4. Cara Mengembalikan Lewat Gmail

cara mengembalikan kontak yang terhapus 2

Gmail merupakan layanan surat elektronik milik Google yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan kontak yang terhapus. Untuk caranya simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka akun Gmail
  2. Masuk ke “Inbox”
  3. Pilih menu dropdown yang bertuliskan “More”.
  4. Klik pada bagian tersebut kemudian pilih “Restore Contact”
  5. Tunggu hingga muncul kontak HP yang pernah kamu simpan, baik itu yang baru saja, kemarin, bahkan hingga 30 hari yang lalu.

5. Cara Mengembalikan Lewat WhatsApp

Terakhir kamu bisa memulihkan melalui WhatsApp atau WA. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan kontak yang terhapus:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp dan pilih obrolan grup.
  2. Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih salah satu obrolan grup yang ada di WhatsApp.
  3. Kemudian, klik info grup yang ada di bagian atas.
  4. Kemudian gulir ke bawah dan kamu akan menemukan nomor HP anggota grup WhatsApp tersebut.
  5. Pilih nomor yang ingin disimpan.
  6. Ketuk lama di nomor yang ingin kamu simpan.
  7. Kemudian, akan muncul kotak jendela baru, lalu klik “Tambah kontak”. Masukkan nama pemilik kontak, lalu tekan “Save”.
Baca Juga:  Cara Membersihkan Kamera Depan yang Berdebu di Dalam

Itulah penjelasan mengenai cara mengembalikan kontak yang terhapus. Kamu bisa menggunakan beberapa cara diatas dan dengan mudah mengembalikan kontak yang tidak sengaja terhapus.

Sekarang kamu sudah tidak khawatir lagi jika tidak sengaja menghapus kontak. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup kontak agar jika suatu saat terjadi lagi kamu bisa dengan mudah memulihkannya.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian dan jangan lupa share kepada teman-teman kalian siapa tahu mereka butuh. Terima Kasih dan Selamat Mencoba.