Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 – Season 11)

Turnamen Mobile Legends paling bergengsi di Indonesia, yaitu MPL ID telah memasuki Season 12. pada juli kemarin, regular season saat ini sangat ketat agar tim dapat mendapat tiket play-off dari turnamen tersebut. Turnamen ini akan memasuki babak play-off. Babak tersebut merupakan babak final yang akan menentukan tim mana yang akan menjadi juara dari edisi kesembilan turnamen ini.

Tim yang lolos ke babak play-off dari turnamen MPL Season 12 sendiri akan ditentukan melalui babak regular season. ONIC Esports dan RRQ Hoshi di gadang gadang tim yang menjadi kandidat kuat dalam MPL musim ini.

Sementara itu Geek Fams, AURA Fire, Dan Alter Ego menduduki 3 terbawah klasemen saat ini.

Alter Ego menjadi sorotan dengan tidak meraih point kemenangan dari week 1 hingga match kemarin pada week 2 dan kehadiran REKT pada bursa transfer pramusim belum mampu menopang performa tim besar dengan logo 3 Wajah ini membuat para fans sangat kecewa.

Menjelang babak play-off,  kami akan membamu untuk kembali mengulas tim-tim yang pernah menjuarai turnamen ini sebelumnya. Beberapa tim ada yang pernah menjuarai turnamen ini lebih dari sekali, namun juga terdapat tim yang hanya pernah mengangkat trofi MPL hanya sekali saja hingga sejauh ini.

Deretan tim yang pernah jadi juara MPL dari Season 1 hingga Season 11 

Mobile legends saat ini sangat populer diindonesia, hampir semua orang tahu mengenai game yang satu ini dan mungkin memainkannya. MPL (Mobile legend Pro League) turnamen besar yang di gelar dalam rangka mengetauhui siapa tim yang terkuat. lantas tim mana saja yang pernah menjuarai turnamen bergensi ini? simak dibawah ini !

Baca Juga:  Kunci Jawaban Brain Test Level 23, Tolong Wanita Itu!

1. MPL Indonesia Season 1 – NXL

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

Turnamen ini pertama kali digelar pada tahun 2018. Saat itu kepopuleran turnamen tersebut belum sebesar sekarang. Hal tersebut terlihat dari total hadiah yang dapat dimenangkan dari turnamen ini. Saat itu total hadiahnya masih sebesar US$ 100 ribu saja.

NXL berhasil mencatatkan nama mereka dalam sejarah, sebagai tim yang menjuarai turnamen ini untuk pertama kalinya. Mereka berhasil menggulingkan EVOS Legends yang menjadi favorit juara di babak grand final, dengan skor 3-2 dan membawa pulang trofi serta hadiah uang sebesar US$ 36 ribu.

Kemenangan NXL ditambah manis dengan keberhasilan salah seorang pemainnya, yaitu Watt yang menyabet gelar MVP di babak play-off.

Namun sayangnya tidak lama setelah keluar sebagai juara, tim ini sudah bubar pada tahun 2019 dan tidak lagi berkompetisi di ajang Mobile Legends.

2. MPL Indonesia Season 2 – RRQ.O2

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber Laman Resmi MPL ID

Kepopuleran tim yang satu tim Esports terbesar di Indonesia ini, mungkin berawal dari keberhasilan mereka menjuarai turnamen MPL. RRQ berhasil meraih gelar juara MPL pertama mereka dalam gelaran kedua turnamen ini di tahun 2019.

EVOS Legends kembali harus takluk di babak grand final. Kali ini mereka harus mengakui keunggulan tim RRQ.02 dengan skor telak yaitu 3-0. AyamJAGO, salah satu punggawa tim RRQ juga berhasil terpilih sebagai MVP di babak play-off.

3. MPL Indonesia Season 3 – ONIC Esports

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

ONIC Esports bisa dibilang merupakan tim yang sangat disegani dalam kancah kompetitif Mobile Legends pada tahun 2019. Hal tersebut dikarenakan keberhasilan mereka menjuarai MPL Season 3 dengan rekor sempurna alias tidak pernah terkalahkan sama sekali.

Semenjak babak regular season hingga play-off, Udil dan kawan-kawan terus meraup berbagai kemenangan. Puncaknya mereka berhasil mengalahkan Louvre Esports di babak grand final dengan skor telak 3-0.

Keberhasilan tersebut ditambah dengan terpilihnya dua pemain mereka sebagai pemenang gelar individu. Udil terpilih sebagai MVP di babak play-off, sedangkan Psychoo berhasil memenangkan gelar sebagai MVP di babak regular season.

Baca Juga:  Download Robbery Bob 3 Mod Apk (Unlimited Money)

4. MPL Indonesia Season 4 – EVOS Legends

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

Kepopuleran turnamen ini semaking tinggi, dan membuat edisi keempat dari turnamen ini memiliki hadiah total sebesar US$ 300 ribu! Jumlah tersebut meningkat tiga kali lipat dari total hadiah yang dapat dimenangkan di edis pertama turnamen ini.

EVOS Legends akhirnya berhasil keluar sebagai juara dari MPL, setelah sebelumnya dua kali menelan kekalahan di babak grand final. Tampil untuk pertama kalinya tanpa pemain bintang mereka JessNoLimit yang pensiun, EVOS Legends justru bisa memecahkan puasa gelar mereka.

Mereka berhasil mengalahkan RRQ Hoshi di babak final dengan skor 3-1, dan membawa pulang trofi dan uang tunai sebesar US$ 140 ribu!

5. MPL Indonesia Season 5 – RRQ Hoshi

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

MPL Indonesia Season 5 merupakan turnamen pertama yang harus digelar secara online, akibat pandemi COVID-19. Bermain dari GH masing-masing, tidak membuat tim-tim merasa gentar.

RRQ juga menorehkan sejarah sebagai tim pertama yang berhasil memenangkan turnamen MPL lebih dari sekali. Trofi kedua mereka, berhasil mereka raih setelah mengalahkan tim yang juara musim lalu yaitu EVOS Legends dengan skor 3-2.

Pertemuan tersebut juga dianggap menjadi awal dari rivalitas sengit antara RRQ Hoshi dan EVOS Legends. Ini merupakan kedua kalinya kedua tim tersebut bertemu di babak grand final, dan masing-masing tim berhasil mengalahkan satu sama lain.

6. MPL Indonesia Season 6 – RRQ Hoshi

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

Sejarah baru kembali tercipta di gelaran keenam dari turnamen ini. Kembali, RRQ Hoshi merupakan tim yang menorehkan sejarah sebagai tim pertama yang berhasil menjuarai turnamen ini secara berturut-turut.

Sebelumnya tidak ada tim yang mampu melakukan hal tersebut. RRQ Hoshi berhasil meraih gelar juara ketiga mereka dengan mengalahkan Alter Ego di babak grand final dengan skor 3-2.

7. MPL Indonesia Season 7 – EVOS Legends

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

Seolah termotivasi oleh keberhasilan RRQ Hoshi menjadi juara di musim sebelumnya, EVOS Legends juga berhasil menjadi tim yang menjuarai turnamen ini lebih dari sekali. Trofi kedua mereka diraih dalam gelaran musim ketujuh dari turnamen ini pada tahun 2021 yang lalu.

Baca Juga:  Hero Cyclops ML: Skill, Build, Emblem, Combo dan Kombinasi Hero

Rekt dan kawan-kawan juga tampil cukup dominan. Mereka berhasil menembus dua besar di babak regular season, dan diakhiri dengan mengalahkan Bigetron Alpha dengan skor 4-2 di babak grand final.

Salah satu anggota tim mereka, yaitu Luminaire juga berhasil memenangkan gelar individu dengan menyabet gelar sebagai MVP di babak play-off.

8. MPL Indonesia Season 8 – ONIC Esports

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

Turnamen ini bisa dibilang menjadi ajang bagi tim-tim besar di Indonesia untuk unjuk gigi. Dalam gelaran kedelapan dari turnamen ini, masih belum ada tim yang bisa meraih gelar juara untuk pertama kali.

Hal tersebut karena di season 8, ONIC Esports berhasil meraih trofi kedua mereka. Kemenangan tersebut sekaligus mengakhiri puasa gelar mereka, setelah terakhir kali menjuarai turnamen ini pada tahun 2019 di Season 3.

ONIC Esports berhasil mengalahkan EVOS Legends di babak grand final dengan skor sengit 4-3. Hal tersebut menunjukkan dominasi mereka, mengingat mereka juga berhasil memuncaki klasemen akhir di babak regular season.

9. MPL Indonesia Season 9 – RRQ Hoshi

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

Kembali mengukir sejarah, tim dengan performa stabil ini menjadi juara kembali pada season 9 dengan line-up yang tidak begitu banyak perubahan dan mampu meraih kemenangan kembali setelah puasa gelar selama 2 season lamanya rrq kembali menduduki tahta rajanya.

R7 dan kawan kawan sangat tampil dominan dengan Clay sebagai MVP pada Final Match, dan meraih total kemenangan 12 dan hanya kalah 2 kali dalam satu musim ini merupakan perolehan yang sangat hebat, tak heran tim ini selalu digandrungi banyak fans.

10. MPL Indonesia Season 10 – ONIC Esports

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

Persaingan Onic dan RRQ semakin menjadi kalanya pada season 10 ONIC merebut tahta sang raja RRQ dengan tampil gemilang sans dan kawan kawan memawa tropi kemenangan pada season ini, Kairi sebagai jungler yang didatangkan dari Philipina mampu menjadi transfer paling sukses pada saat itu.

11. MPL Indonesia Season 11 – ONIC Esports

Daftar Tim Juara MPL Indonesia (Season 1 - Season 11)
Sumber laman resmi MPL ID

Kembali menjadi juara pada Season 11 dengan total kemenangan 13 dan hanya mengalami 1 kekalahan menjadikan Sang Raja langit menduduki tahta tertinggi lagi dan lagi. Menumbangkan tim rival nya yaitu RRQ menduduki Runner up pada season ini.

Berbarengan dengan adanya turnamen international M4 ONIC dan RRQ mewakili negara Indonesia dalam laga perebutan tim terkuat didunia.

namun kedua tim tersebut gugur di babak play-off M4 dengan tim philipina yang berhasil meraih kemangan.

Penutup

Itulah seluruh tim yang berhasil menjuarai MPL dari Season 1 hingga Season 11. Menarik untuk dinanti, tim mana yang akan mengangkat trofi bergengsi tersebut pada Season 12 kali ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa dipembahasan lain !