6 Dampak Positif Game Online

Apakah kamu tahu dampak positif game online? Bermain game online memang merupakan kegiatan yang menyenangkan, bahkan ketika sudah bermain game bisa membuat lupa waktu dan kecanduan. Maka tak heran jika bermain game online banyak efek negatif nya dibanding positif.

Padahal bermain game online juga mempunyai dampak positif, lho! Terdapat banyak manfaat bermain game online, bahkan sampai Presiden Joko Widodo juga mendorong perkembangan industri game, supaya Indonesia bisa bersaing dengan negara lain di dunia khususnya industri game.

Namun banyak orang tua yang melarang anaknya untuk bermain game karena melihat satu sisi saja, sehingga kegiatan bermain game terlihat negatif. Padahal pada dasarnya, dampak bermain game tidak selalu jelek hanya saja orang tau perlu melihat dari sisi yang berbeda dari biasanya.

Lalu, apakah bermain game memiliki dampak positif? Berkut adalah penjelasan mengenai dampak positif yang di timbulkan ketika bermain game online yang sudah Metodegames rangkum untuk kamu. Berkut penjelasannya:

Dampak Positif Game Online

1. Menghilangkan Stress

dampak positif game online 2

Terlalu sibuk dengan pekerjaan yang tidak habisnya merupakan hal yang sangat membosankan, kamu perlu melakukan menyegarkan pikiran sejenak untuk menikmati kegiatan yang disukai seperti bermain game online. Seperti yang kita tahu, game online dapat menghilangkan stress walaupun hanya sebentar.

Karena bermain game online dapat merangsang produksi hormon dopamin di dalam tubuh, sehingga membuat suasana hati lebih senang dan kamu merasa lebih bahagia daripada sebelumnya.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Selain menghilangkan stress, bermain game online ternyata juga bisa meningkatkan konsentrasi, lho! Bukan hanya anak-anak, ternyata manfaat ini juga bisa dirasakan oleh orang dewasa dan lansia yang membutuhkan latihnan otak, agar menurunkan resiko terkena demensia.

Baca Juga:  Cara Cheat Homescapes

Bahkan ada beberapa game yang dibuat khusus untuk melatih otak dan meningkatkan konsentrasi. Contohnya game Puzzle, Sudoku, Peak, Elevate, Lumosity, Fit Brain Trainer, dan semacamnya. Game tersebut sangat cocok buat kamu yang sangat mudah lupa dan suah konsentrasi.

3. Melatih Mengendalikan Emosi

Dampak positif dari game online berikutnya adalah dapat melatih diri untuk mengendalikan emosi. Ketika bermain game online kita akan dihadapkan dengan tantangan yang membuat kita jadi emosi. Kemenangan dan kekalahan akan sering dialami, dalam kondisi inilah kesabaran dalam menahan emosi sangat dibutuhkan.

Hal ini bisa berdampak pada anak-anak yang bermain game online, karena mereka cenderung lebih stabil tidak emosian dalam menghadapi masalah di dunia nyata. Sehingga bisa dilihat dari respon yang diberikan, akan terlihat lebih rileks dan tidak mudah cemas ketika ada masalah.

4. Meningkatkan Kreativitas

Dampak positif berikutnya ketika bermain game online adalah meningkatkan kreativitas. Orang yang terbiasa bermain game online pasti orang nya cenderung lebih kreatif, karena didalam game kamu akan dituntut menyusun strategi untuk memenangkan game tersebut. Jika kamu orang yang kreatif kamu akan sangat mudah memenangkan game tersebut.

Ada banyak sekali game online yang dibuat khusus kamu yang ingin mengasah kreativitas pada pikiran, seperti game menggambar, mewarnai, game membangun perkotaan lengkap dengan segala fasilitasnya, dan masih banyak lagi. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk melatih otak agar lebih berpikir kreatif.

5. Melatih Komunikasi dan Pengambilan Keputusan

Game online dapat kamu manfaatkan mendapatkan teman baru dan berkomunikasi dengan teman tersebut di dalam game, kamu dapat membuat strategi yang matang untuk mengalahkan musuh. Strategi yang baik dan kerjasama tim yang kompak, dapat membuat kamu memenangkan permainan tersebut.

Baca Juga:  6 Hero Counter Miya Mobile Legends Terbaik

Pengambilan keputusan yang cepat juga merupakan dampak positif dari bermain game online. Jika kamu sudah terbiasa bermain game online, maka kamu juga akan terbiasa mengambil keputusan yang cepat bahkan cara ini bisa kamu terapkan di kehidupan nyata. Karena dalam hidup, kita dituntut untuk cepat mengambil keputusan.

6. Menghasilkan Uang

Apakah game online bisa menghasilkan uang? Tentu saja bisa, sekarang untuk masuk ke ranah yang lebih profesional, kamu bisa saja berkarir di dalam industri game seperti game designer, game programmer, game tester, creative editor, atlet esports, dan lain-lain.

dampak positif game online 3

Selain itu kamu juga dapat menjadikan game online sebagai sumber penghasilan tambahan. Ada beberapa game yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang seperti Top Rich, Lucky Popstar, Merge Gems, Clip Claps, Isul, Hago, Spin the Wheel, Island King dan masih banyak game online lainnya.

Kamu juga dapat menjadi seorang Youtuber atau Streamer game, sekarang ada banyak orang yang mencoba masuk di bidang ini dan sudah terbukti dapat menghasilkan uang hingga milyaran rupiah. Untuk game yang bisa kamu mainkan adalah Mobile Legends, Free Fire, PUBG, COD Mobile, dan masih banyak lagi game online yang bisa kamu mainkan.

Nah, itulah 6 dampak positif bermain game online. Kalau di pikir-pikir ternyata bermain game online tidak selalu berdampak negatif, bahkan jika kamu bisa memanfaatkan game tersebut, maka kamu akan mendapatkan sisi positifnya juga. Sekian dari saya, Terima kasih sudah membaca.