Plat AG dari Daerah Mana? Cek Asalnya Disini

metodegames.com – Apakah anda penasaran dengan plat AG dari daerah mana? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak petunjuk dan jawaban dari pertanyaan anda dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, plat nomor kendaraan atau nomor kendaraan bermotor (TNK) merupakan salah satu syarat wajib yang harus dimiliki setiap kendaraan bermotor baik itu roda dua dan roda empat yang beroperasi di tanah air.

Plat nomor kendaraan juga bukan asal kombinasi nomor dan angka tetapi masing-masing huruf dan angka yang tertera di kendaraan adalah sebuah plat unik yang tidak boleh dimiliki dua kendaraan dengan plat nomor yang sama. Selain itu plat nomor juga berbeda-beda untuk masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Adapun plat nomor kendaraan berfungsi untuk mengidentifikasi kendaraan maka dari itu plat nomor tiap kendaraan beda dan tidak boleh sama dimana seperti yang kita ketahui bersama, plat nomor ini berbentuk dari plat logam atau plastik yang dipasang pada kendaraan bermotor yang memiliki kode berupa huruf dan angka. Kode ini huruf dan angka ini menjelaskan tentang asal kendaraan, nomor pendaftaran dan lainnya.

Cara Membedakan Wilayah Asal Plat Nomor

Plat AG dari Daerah Mana

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana setiap plat nomor di Indonesia tentunya memiliki susunan huruf dan angka dimana huruf yang pertama merupakan kode dari wilayah. contohnya huruf utama dalam plat nomor kendaraan berkode B, berarti mobil tersebut merupakan kendaraan yang berasal dari Jakarta. Tetapi plat nomor kendaraan B tidak hanya dipakai di Jakarta saja, tetapi bisa juga digunakan kendaraan dari Depok, Bekasi, Tangerang, dan sekitarnya.

Baca Juga:  Cara Daftar Shopee Food

Plat AG dari Daerah Mana?

Bagi anda yang memiliki pertanyaan atau penasaran plat AG dari mana seperti akan membeli kendaraan bekas, atau memilih masalah atau problem dengan kendaraan menggunakan plat AG atau sekedar ingin tahu saja, maka perlu anda ketahui bahwa plat AG merupakan plat nomor kendaraan yang yang berasal dari daerah Karesidenan Kediri dimana terdapat 7 wilayah di eks karesidenan Kediri yang memiliki plat nomor AG di depannya yakni Kota dan Kabupaten Kediri, Kota dan Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Nganjuk.

Untuk lebih jelasnya, simak daftar wilayah yang memiliki kode huruf tersendiri di belakang kode huruf AG sebagai berikut.

  • Kota Kediri (AG diikuti huruf belakang A**/B*/C*)
  • Kabupaten Kediri (AG diikuti huruf belakang D**/E*/F*/G*/H*/J*)
  • Kota Blitar (AG diikuti huruf belakang P**/Q*)
  • Kabupaten Nganjuk (AG diikuti huruf belakang U*/V**/W*/X*)
  • Kabupaten Blitar (AG diikuti huruf belakang I*/K**/L*/M*)
  • Kabupaten Trenggalek (AG diikuti huruf belakang Y**/Z*)
  • Kabupaten Tulungagung (AG diikuti huruf belakang O*/R**/S*/T*)

Kode huruf ini akan paten dan tidak akan berganti anda apabila jumlah pemilik kendaraan semakin bertambah banyak, maka akan ditambahkan satu huruf lagi di dua belakang huruf penanda wilayah.

Plat Nomor Mobil Dinas

Sebagai tambahan informasi dan menambah referensi anda mengenai plat kendaraan maka anda juga harus mengetahui kode plat kendaraan dinas pemerintah berbeda dengan kode plat kendaraan mobil pribadi serta dengan angkutan umum.

Simak beberapa daftar kode huruf bagian belakang mobil dinas sebagai berikut.

  • RFS – Plat nomor kendaraan yang diperuntukkan bagi pejabat sipil.
  • RFD – Plat nomor kendaraan khusus pejabat Angkatan Darat
  • RFL – Plat nomor kendaraan khusus pejabat Angkatan Laut
  • RFU – Plat nomor kendaraan khusus pejabat Angkatan Udara
  • RFP – Plat nomor kendaraan khusus pejabat Kepolisian Republik Indonesia
Baca Juga:  Alamat Service Center Cosmos Resmi Seluruh Indonesia

Tidak hanya mobil dinas yang memiliki kode plat khusus, ada juga plat nomor sendiri yang disediakan untuk mobil kedutaan yang juga memiliki kode khusus. Umumnya plat nomor ini diawali dengan huruf depan CD atau CC. CD sendiri merupakan singkatan Corps Dilomatique, sedangkan CC merupakan singkatan dari Corps Consulaire. Format mobil kedutaan tentunya berbeda dengan plat nomor kendaraan lainnya. Contoh Plat ini seperti : CD/CC 12345 12. Angka tengah (12345) merupakan nomor pendaftaran mobil, sedangkan angka yang dibelakang (12) merupakan kode negara.

Demikian informasi mengenai jawaban dan penjelasan mengenai pertanyaan plat AG dari daerah mana yang semoga berguna dan bermanfaat. Semoga berguna dan bermanfaat.