Asal Kode Wilayah Plat Nomor F dan Dan Asal Huruf Belakang Plat

metodegames.com – Bagi anda yang penasaran akan asal kode wilayah plat nomor F pada kendaraan? maka anda bisa menyimak informasi lengkap mengenai plat nomor F beserta dengan asal huruf belakang plat.

Pemandangan kendaraan berlalu lalang di jalan raya dengan menggunaka plat kendaraan pastinya sudah umum anda lihat dimana apabila anda perhatikan, setiap nomor plat kendaraan akan berbeda dengan plat nomor kendaran lainnya serta jika anda perhatikan lebih dalam lagi, maka setiap penggunaan huruf dan angka pada plat kendaraan memiliki arti dan makna tersendiri dimana semuanya telah diatur dalam Undang-undang.

Dalam pasal 68 ayat 1 dituliskan bahwa “Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan surat TNKB dan TNKB“. Bagi yang anda yang belum mengetahui apa itu TNKB, maka sekedar informasi, dimana surat TNKB umumnya memuat identitas pemilik kendaraan, nomor registrasi, serta masa berlaku.

Penggunaan plat juga diatur pada pasal 68 ayat 3 yang menyebutkan bahwa TNKB memuat nomor registrasi dan masa berlaku, serta kode wilayah. Untuk TNKB ini, wajib memenuhi syarat ukuran, bentuk, hingga cara pemasangan. Untuk pemasangannya sendiri terdapat aturan khusus tersendiri yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 tahun 2012 yang disebutkan di peraturan tersebut bahwa kendaraan harus mempunyai lampu penerangan untuk plat nomor dengan tujuan agar dapat dibaca pada jarak minimal 50 meter dari belakang.

Sedangkan aturan dan larangan tentang modifikasi plat kendaraan tercantum dalam Dalam Undang-Undang (UU) No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang mana ditegaskan dimana setiap kendaraan wajib dipasang plat nomor, Tidak hanya itu, tertulis plat nomor kendaraan dilarang dimodifikasi, seperti mengubah warna, tulisan, bentuk ataupun ditempeli logo dan stiker yang tidak resmi alias ilegal yang semuanya diatur dalam Undang-undang ini.

Baca Juga:  Ukuran Papan GRC Dan Harga Per Lembar Terbaru

Asal Kode Wilayah Plat Nomor F

Kode Wilayah Plat Nomor F

Perlu anda ketahui bahwa setiap huruf angka pada plat nomor kendaraan memiliki artinya tersendiri dan bukan hanya kombinasi nomor unik sembarangan. Adapun arti dari huruf dan angka dari plat nomor kendaraan adalah sebagai berikut.

  • Kode huruf depan menunjukkan wilayah
  • Kode angka
  • Kode huruf belakang untuk menunjukkan kota atau kabupaten asal kendaraan
  • Dan terakhir bulan dan tahun kapan plat nomor harus diperpanjang

Untuk anda memiliki pertanyaan asal kode wilayah plat nomor F, maka perlu anda ketahui bahwa plat nomor F merujuk pada plat kendaraan berasal dari wilayah eks karesidenan Kota Bogor dan sekitarnya yang mencakup beberapa daerah lain yang masuk dalam wilayah tersebut, termasuk Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Adapun asal daerah yang lebih spesifikasi bisa anda lihat dari huruf terakhir dibelakang plat yang mana artinya bisa anda simak sebagai berikut.

  • Kota Bogor F, Kode plat belakang A*/B*/D*/C*/E*
  • Kota Sukabumi F, Kode plat belakang T*/S*
  • Kabupaten Bogor F, Kode plat belakang F**/G*/H*/I*/K*/J*/L*N*/M*/O*/P*/R*
  • Kabupaten Sukabumi F, Kode plat belakang U**/Q*/V*
  • Kabupaten Cianjur F, Kode plat belakang X*/W*/Y*/Z*

Demikian informasi mengenai informasi lengkap mengenai plat nomor F beserta mengenal asal plat dari huruf belakang plat. Semoga berguna dan bermanfaat.