Cara Belajar dan Translate Sandi Morse

metodegames.com – Anda ingin mengetahui cara belajar dan translate sandi morse? Maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak panduannya dibawah ini.

Bagi anda yang pernah atau sedang mengikuti kegiatan pramuka, pastinya anda sudah tidak asing dengan istilah kode morse ini dimana sandi ini merupakan salah satu hal pokok yang diajarkan pada kegiatan pramuka. Kode morse sendiri bukanlah sekedar kode untuk “gaya-gayaan” di pramuka, tetapi pada kehidupan dan pekerjaan orang dewasa, kode morse ini tetap digunakan khususnya pekerjaan lapangan atau berhubungan dengan survival seperti TNI, POlRI, para pelaut, dan lain sebagainya.

Adapun Sandi atau kode morse merupakan sistem representasi huruf, angka, tanda baca, dan sinyal menggunakan simbol titik dan garis dimana kode ini biasanya dipakai untuk mengirim pesan-pesan rahasia dalam situasi tertentu seperti situasi darurat. Kode morse sendiri bisa disampaikan tanpa harus berbicara dan bisa disampaikan dengan kode peluit, kode lampu, siaran radion dan lain sebagainya.

Akan tetapi syaratnya pengirim kode morse dan yang melihat kode morse harus mengetahui dasar arti kode morse tersebut, tanpa hal tersebut maka kode yang dikirimkan pun akan terlihat seperti hal yang normal saja. Sandi morse berupa titik-titik (..) dan setrip (–) memiliki makna berupa huruf dan angka. Agar lebih menambah pemahaman anda mengenai sandi morse, berikut beberapa contoh penulisannya.

  • … / . / .-.. / .- / — / .- / – = Selamat
  • .–. / .- / –. / .. = Pagi

Menerjemahkan sandi morse dapat dimulai dengan memahami struktur penulisan sandi morse yang tersusun atas titik dan setrip. Dari contoh yang sudah dipaparkan sebelumnya, setiap susunan sandi morse untuk satu huruf dipisahkan garis miring (/).

Baca Juga:  Cara Beli Pulsa di BCA Mobile dengan Mudah

Cara Belajar dan Translate Sandi Morse

Cara Belajar dan Translate Sandi Morse

Seirng dengan kemajuan teknologi seperti saat uni, untuk belajar dan translate kode morse pun bukan merupakan hal yang sulit lagi dimana saat ini terdapat berbagai website gratis yag memungkinkan anda untuk menerjemahkan sandi morse secara mudah dan cepat, salah satunya adlaah laman Scout Life. Simak panduannya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa kunjungi laman Scout Life di scoutlife.org/hobbies-projects/funstuff/575/morse-code-translator/
  • Salin dan tempelkan sandi morse yang akan anda terjemahkan ke kolom ‘Input’.
  • Anda juga dapat mengetikkan sandi morse secara manual sesuai kebutuhan.
  • Setiap huruf morse harus dipisahkan satu spasi. Sementara setiap kata menggunakan sandi morse harus dipisahkan dengan 3 spasi atau lebih.
  • Sertakan garis miring (/) bila diperlukan untuk memisahkan setiap huruf atau kata yang akan diterjemahkan.
  • Setelah sandi morse sudah dimasukkan, klik ‘Translate’.
  • Secara otomatis, arti sandi morse akan muncul di kolom ‘Output’.

Cara Menghafal Sandi Morse

Apabila anda ingin melatih kemampuan untuk memahami sandi morse, maka anda bisa menghafal setiap huruf dan angka yang ada di dalamnya. Berikut cara praktis untuk menghafal sandi morse yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara menghafal sandi morse dengan mudah adalah memulai dengan mengingat simbol huruf vokalnya, seperti A, I, U, E, O. Jika huruf vokal A, I, U, dan E berarti melambangkan titik, sedangkan O adalah garis. Kemudian, anda juga harus menghafal kata-kata unik di bawah ini, di mana huruf awalnya melambangkan huruf yang akan diubah ke dalam sandi morse:

A: Ano ._
B: Bonaparte -…
C: Coba-coba -.-.
D: Dominan -..
E: Egg .
F: Father Johan ..-.
G: Golongan –.
H: Himalaya ….
I: Islam ..
J: Jago Loro .—
K: Komando -.-
L: Lemonade .- ..
M: Motor —
N: Notes -.
O: Otomo —
P: Pertolongan .–.
Q: Qomokaro –.-
R: Rasohe .-.
S: Sahara …
T: Tong –
U: Unesco ..-
V: Versikaro …-
W:Winoto .–
X: Xoxendero -..-
Y: Yosimoto -.–
Z: Zoroaster –.

Baca Juga:  Plat AG dari Daerah Mana? Cek Asalnya Disini

Demikian informasi mengenai cara belajar dan translate sandi morse. Semoga berguna dan bermanfaat dalam menambah wawasan anda mengenai kode dan sandi yang dikenal dan digunakan di seluruh dunia ini.