Cara Check In Online Citilink

Buat kalian yang belum tahu bagaimana cara check in online Citilink, perlu mambaca artikel ini sampai selesai agar mengerti cara yang benar check in Citilink secara online. Simak ulasannya berikut ini.

Sebenarnya cara check in online Citilink dapat dilakukan dengan berbagai cara, kamu bisa check in melalui aplikasi maupun websitenya. Untuk check in Citilink melalui website resminya, kamu bisa lewat book.citilink.co.id.

Sementara cara check in Citilink melalui aplikasi bisa di betterFly Citilink yang dapat diunduh lewat Google Play Store atau AppStore pada smartphone kalian.

Layanan check in online Citilink berlaku untuk tiket pesawat dengan status confirmed, sudah dibayar penuh, atau tidak memiliki tunggakan pembayaran. Jadi, sebelum mencoba check in online, pastikan tiket kamu telah terkonfirmasi dan sudah dibayar sepenuhnya.

Proses ini akan membantu memastikan bahwa semua penumpang yang melakukan check in online adalah penumpang yang memenuhi syarat untuk terbang.

cara check in online Citilink 2

Waktu pembukaan layanan check in online cukup luas, yaitu mulai dari saat pembelian tiket hingga 2 jam 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

Jadi, kamu memiliki cukup waktu untuk melakukan check in online tanpa terburu buru. Namun, disarankan agar kamu melakukannya dengan waktu yang cukup untuk menghindari potensi masalah teknis atau keterlambatan.

Daripada penasaran, berikut adalah ulasan mengenai cara check in online Citilink lewat aplikasi dan website resminya yang telah dirangkum oleh Metodegames dari berbagai sumber.

Cara Check In Online Citilink

Agar proses berjalan dengan lancar, kamu harus mengetahui syarat dan ketentuannya.

Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan yang dilansir dari situs resminya yang bisa kamu ikuti:

Baca Juga:  Cara Merekam Layar di Laptop

Syarat dan Ketentuan Check In Citilink

  1. Website check in Citilink dibuka setiap hari mulai pembelian hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan.
  2. Website check in atau aplikasi check in hanya diperbolehkan untuk tiket dengan status Confirmed / Terbayar Penuh / Tidak ada tunggakan pembayaran.
  3. Untuk proses validasi, Web check in dan aplikasi check in memerlukan Kode Booking (6 digit) dan Nama terakhir penumpang. Silahkan periksa kembali nama penumpang yang tertulis di tiket kamu.
  4. Penumpang diharuskan berada di ruang tunggu 40 menit sebelum waktu keberangkatan (seperti yang tertera pada boarding pass)

Melalui Website Resmi

Berikut ini cara check in online Citilink melalui website websitenya, yaitu:

  1. Siapkan tiket pesawat Citilink sesuai nama penumpang dan kode pemesanan yang berisi enam digit kode.
  2. Masuk ke laman book.citilink.co.id/searchwebcheckin.aspx
  3. Setelah masuk laman itu masukkan enam digit kode pemesanan dan nama belakang penumpang yang tertera pada tiket di kolom yang tersedia, lalu klik dan pilih “Find booking,”
  4. Selanjutnya ada kolom “check in”, centang kolom tersebut lalu pilih “continue”.
  5. Centang juga kolom konfirmasi yang menyatakan bahwa kamu telah membaca dan memahami informasi keamanan yang diberikan. Sebagai catatan ada baiknya baca dan pahami dulu informasi tersebut.
  6. Setelah itu klik “continue”.
  7. Selanjutnya ada pilihan “check in now,” dan klik tombol tersebut.
  8. Akan ada halaman selanjutnya yang memuat boarding pass dengan nomor tempat duduk yang telah dipilih acak oleh sistem. Boarding pass ini wajib dicetak pada hari keberangkatan.

Melalui Aplikasi

Sebenarnya cara ini juga sama mudahnya ketika menggunakan website resminya. Namun, dicara ini kamu perlu mengunduh aplikasi Citilink di Google Play Store atau AppStore terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cara Cek Password WiFi di Laptop dengan Mudah

cara check in online Citilink 3

Cara ini dianggap cukup simple karena penumpang tidak pelu mengetikkan alamat website di mesin pencari, para penumpang cukup membuka aplikasinya saja.

Berikut cara check in online Citilink melalui aplikasi:

  1. Unduh aplikasi kemudian, kemudian buka aplikasi Citilink.
  2. Masukkan nomor konfirmasi atau kode booking.
  3. Selanjutnya masukkan nama belakang dan alamat e-mail.
  4. Lalu klik “Find My Booking”.
  5. Baca kembali seluruh ketentuan, kemudia klik “Next” untuk melanjutkan.
  6. Pastikan nama penumpang yang tertera sudah sesuai dan klik tkamu centang, setelah itu klik “Selesai”.
  7. Proses check in kamu telah berhasil. Selanjutnya klik untuk mengakses E-Boarding Pass kamu.
  8. Pilih nama penumpang, klik tkamu panah untuk menampilkan E-Boarding Pass.
  9. Scan E-Boarding Pass pada alat yang telah disediakan saat boarding atau bisa juga dengan mencetaknya.

Melalui Traveloka

Tak hanya melalui web dan aplikasi, ternyata cara check in online Citilink juga bisa dilakukan di Traveloka. Berikut cara check in online Citilink melalui Traveloka, yaitu:

  1. Kunjungi website resmi Traveloka atau buka aplikasi Traveloka yang ada di HP kamu. Jika belum memiliki akun, daftar sekarang dengan email yang digunakan pada saat memesan.
  2. Buka e-tiket kamu melalui menu Pesanan atau Check In Online pada halaman utama, buka e-tiket dan klik Check In Online.
  3. Isi data Check In kamu. Jika sudah selesai, klik Check In.
  4. Terima konfirmasi Check In. Jika Check In berhasil, boarding pass Citilink kamu dapat dilihat melalui e-tiket. Boarding pass juga akan dikirimkan ke email kamu.
  5. Terakhir, melalui e-tiket, kamu bisa melihat, mengunduh, atau mengirim boarding pass Citilink ke penumpang lain dalam pesanan kamu.

Itulah penjelasan mengenai cara check in online Citilink, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca dan Selamat Mencoba.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Free Fire Tidak Bisa Login Facebook