Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone memang perlu diketahui, apabila kamu pengguna baru iPhone mungkin cara ini belum kamu ketahui. Nah jika ingin tahu caranya, silahkan simak artikel ini.

Android dan iPhone merupakan salah satu sistem operasi yang berbeda. Perbedaan yang mencolok dari Android dan iPhone adalah UI nya.

Perangkat Android memiliki UI yang lebih mudah disesuaikan, sedangkan iPhone memiliki UI yang lebih seragam dan ruang lebih terbatas untuk penyesuaian.

Banyak sekali keunggulan disetiap sistem operasi ini, salah satunya adalah kita dapat melakukan transfer apapun mulai dari file, foto, video, bahkan kontak.

cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone 3

Untuk melakukan hal tersebut, sekarang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Nah jika kamu masih bingung, kali ini Metodegames akan membantu kamu untuk memindahkan kontak dari Android ke iPhone.

Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk memindahkan kontak dari Android ke iPhone. Nah berikut langkah-langkah yang kamu coba.

1. Melakukan Sinkronisasi Gmail

Salah satu langkah awal dalam mentransfer kontak dari Android ke iPhone adalah dengan menggunakan sinkronisasi melalui Gmail.

Ketika akun Gmail diintegrasikan pada iPhone, kontak dari perangkat Android dapat dengan mudah tersinkronisasi dan tersimpan langsung di perangkat baru.

Langkah pertama yang diperlukan adalah memastikan kontak yang tersimpan di perangkat Android disinkronkan dengan akun Gmail. Dengan demikian, kontak-kontak ini akan tersedia untuk diimpor ke perangkat iPhone.

Untuk melakukan langkah ini, mulailah dengan menyimpan kontak yang ada di perangkat Android ke akun Gmail. Caranya cukup mudah, masuk ke pengaturan perangkat Android, kemudian pilih opsi untuk menyinkronkan kontak ke akun Gmail yang terhubung.

Baca Juga:  Cara Memanggil Wither di Minecraft

Setelah kontak tersimpan di Gmail, langkah berikutnya adalah mengakses perangkat iPhone dan melakukan integrasi dengan akun Gmail yang sama.

Untuk melakukannya, buka pengaturan iPhone, lalu pilih opsi “Mail, Contacts, and Calendar”. Selanjutnya, tambahkan akun Gmail dengan mengklik opsi Gmail dan masukkan informasi akun yang sesuai.

2. Membuat File VCF

Ketika beralih dari Android ke iPhone, ada beberapa cara untuk memindahkan kontak. Selain menggunakan sinkronisasi Gmail, satu opsi yang dapat dipertimbangkan adalah metode manual yang melibatkan file VCF.

Ini memungkinkan impor dan ekspor kontak dengan mengubah data ke dalam format file yang dapat diunggah ke iPhone. Meskipun lebih memakan waktu karena dilakukan secara manual, proses ini memastikan pemindahan seluruh kontak ke iPhone kamu.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi kontak di Android kemudian klik menu titik tiga di bagian atas.
  2. Klik menu import/export.
  3. Pilih export to .vcf file. Maka, semua data akan langsung tersimpan di perangkat Android.
  4. Setelah tersimpan, kirim data tersebut ke iPhone. Kemudian, buka file .vcf tersebut di iphone.
  5. Selesai.

3. Menggunakan Kartu SIM

Untuk mentransfer kontak dari Android ke iPhone, salah satu cara yang mungkin terlewat adalah melalui kartu SIM yang saat ini kamu gunakan.

Mengapa ini menjadi opsi yang layak? Saat kamu menyimpan kontak pada kartu SIM saat menggunakan Android, secara umum, semua informasi kontak akan tersimpan di kartu SIM tersebut. Hal ini mempermudah proses transfer saat kamu beralih ke iPhone.

Langkah pertama dalam proses ini adalah memastikan kontak yang ingin kamu pindahkan disimpan pada kartu SIM saat menggunakan perangkat Android.

Kontak yang tersimpan di kartu SIM akan secara otomatis tersedia ketika kartu SIM tersebut dipasang ke perangkat iPhone yang baru.

Baca Juga:  Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP

Proses mentransfer kontak dari Android ke iPhone melalui kartu SIM tidak memakan waktu yang lama karena data kontak sudah tersedia secara langsung pada kartu SIM.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti keterbatasan pada jumlah kontak yang dapat disimpan pada kartu SIM.

4. Menggunakan Aplikasi Move To iOS

Apple menyediakan solusi praktis bagi para pengguna produknya yang ingin beralih dari perangkat Android ke iPhone melalui aplikasi bernama Move to iOS.

cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone 2

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer seluruh data, termasuk kontak, dari dua jenis perangkat yang berbeda dengan mudah.

Prosesnya cukup sederhana dan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Move to iOS di perangkat Android kamu.
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi tersebut. Pada iPhone, buka menu “Apps & Data” dan pilih opsi “Move Data From Android”.
  3. Setelah muncul persyaratan dan perjanjian, setujui dengan mengklik “Agree”.
  4. Di layar “Find Your Code”, klik “Next and continue” untuk melanjutkan.
  5. Akan muncul kode unik berupa enam digit. Masukkan kode ini ke aplikasi Move to iOS yang terbuka di perangkat Android kamu.
  6. Tunggu proses transfer data, termasuk kontak, hingga selesai.
  7. Setelah proses selesai, data telah berhasil dipindahkan ke perangkat iPhone.

Itulah penjelasan mengenai cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone. Dengan membaca artikel diatas kamu sekarang bisa dengan mudah memindahkan kontak dari Android ke iphone.