Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Apakah kartu Telkomsel yang sudah mati bisa diaktifkan kembali? Buat kamu kartu Telkomsel nya sudah mati, silahkan baca artikel mengenai cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati berikut ini.

Kartu Telkomsel mati merupakan suatu kondisi di mana nomor Telkomsel PraBayar telah melewati batas akhir masa tenggang. Hal itu disebabkan, kamu tidak melakukan isi pulsa atau pembelian paket internet di masa tenggang, maka nomor yang digunakan bakal hangus/mati/expired.

Namun, buat kamu yang mengira bahwa kartu yang sudah mati tidak bisa diaktifkan kembali, kamu salah besar. Sebab kartu Telkomsel yang sudah mati bisa diaktifkan, jadi kamu tidak perlu lagi beli kartu dengan nomor baru.

cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati 2

Cara mengaktifkannya juga cukup mudah, kamu bisa melakukannya sendiri lewat HP maupun datang langsung ke pusat layanan Telkomsel bernama GraPARI yang sudah tersedia di sejumlah kota.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati? Metodegames telah merangkum beberapa cara mudah untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati. Simak penjelasan dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Dilansir dari situs resminya Telkomsel, ada tiga cara untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati atau expired. Supaya lebih jelas, simak cara dibawah ini.

1. Mengaktifkan Kartu Melalui Kode *888*89#

Cara Pertama yang paling mudah untuk mengaktifkan kartu Telkomsel adalah dengan menghubungi *888*89# lewat HP kalian. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan terlebih dahulu beberapa dokumen seperti KTP dan KK yang sebelumnya sudah didaftarkan pada nomormu, serta kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan.
  2. Pertam, buka aplikasi Telepone di HP mu.
  3. Kemudian, hubungi *888*89# dengan menggunakan nomor telepon yang sudah mati.
  4. Jika sudah, pilih opsi nomor 1 atau “Reaktivasi kartu”.
  5. Lalu, pilih opsi nomor 1 atau “Setuju” untuk menyetujui sejumlah persyaratan.
  6. Setelah itu, masukkan nomor KTP dan KK yang sudah terdaftar.
  7. Tunggu beberapa saat, nantinya kamu akan menerima SMS pemberitahuan apakah nomormu bisa diaktifkan kembali atau tidak.
Baca Juga:  Cara Memindahkan Foto dari HP ke Laptop

2. Mengaktifkan Kartu Melalui Telkomsel E-care

Selain menggunakan kode dial seperti diatas, kamu juga dapat mengaktifkan kartu Telkomsel yang mati dengan mengirim pesan lewat direct message (DM) ke akun media sosial Twitter atau Instagram resmi milik Telkomsel.

Untuk caranya simak dibawah ini:

  1. Hubungi customer service melalui Instagram atau Twitter dengan mengirim direct message (DM), kemudian kirim pesan “Reaktivasi prepaid”.
  2. Siapkan beberapa dokumen seperti KTP dan KK yang sebelumnya sudah didaftarkan pada nomor tersebut, serta kartu SIM fisik yang ingin diaktifkan.
  3. Setelah itu, pihak Telkomsel akan mengirimkan tautan (link) untuk mengunggah foto KTP, nomor KK, dan foto kartu SIM fisik yang ingin direaktivasi.
  4. Jika sudah, kamu akan tersambung ke antrean video call dengan customer service Telkomsel. Tujuannya adalah untuk validasi data.

3. Mengaktifkan Kartu Melalui GraPARI

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengaktifkan kartu Telkomsel adalah dengan datang langsung ke GraPARI terdekat di kota kamu.

Ketika kesana, jangan lupa untuk membawa sejumlah dokumen penting seperti KTP, KK, dan kartu SIM yang sudah mati atau hangus.

Selain itu, pengajuan aktivasi kartu yang sudah mati ke GraPARI harus dilakukan pemilik kartu itu sendiri. Jadi, tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.

Apa yang Menyebabkan Kartu Telkomsel Mati?

Ada beberapa hal yang menyebabkan kartu Telkomsel mati atau hangus. Dikutip dari situs resminya Telkomsel, penyebab umum kartu Telkomsel mati yaitu:

  1. Pengguna tidak melakukan pengisian pulsa atau paket internet Telkomsel dalam waktu yang cukup lama hingga waktu masa tenggang sudah lewat.
  2. Pengguna sudah menggunakan nomor baru, sehingga nomor lama tidak dipakai lagi.
  3. Nomor tersebut jarang dipakai, sehingga jarang diisi pulsa atau mengaktifkan paket internet.
Baca Juga:  Cara Membuat PowerPoint di HP dengan Cepat

Jika Tidak Mengaktifkan Kembali Nomor yang Mati

Jika kamu tidak mengaktifkan kembali nomor yang mati, maka kamu tidak akan bisa menggunakan kartu Telkomsel itu lagi. Selain itu, semua data yang tercatat di Telkomsel akan terhapus secara otomatis.

Sistem akan secara otomatis menghapus data setelah melewati periode waktu yang telah ditentukan. Jadi kamu akan selamanya tidak bisa menggunakan kartu tersebut.

cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati 3

Oleh sebab itu, sangat penting untuk segera mengaktifkan kartu tersebut jika data nomor yang ada didalamnya sangat penting, seperti nomor aktivasi bank menggunakan nomor tersebut.

Penutup

Nah itulah penjelasan mengenai cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati. Cara diatas diambil dari situs resminya Telkomsel, jadi cara tersebut masih bisa digunakan sampai sekarang.

Mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati ini sangat penting dilakukan, mengingat sekarang membuat nomor kartu yang baru sangat ribet karena memerlukan data diri seperti KTP.

Apabila nomor tersebut sudah terlanjur mati, usahakan untuk mengaktifkan kembali agar kedepannya kamu tidak ribet ketika berganti nomor.

Itu dia yang bisa mimin sampaikan, Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.