Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP

Apakah kamu ingin mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus di HP? Nah jika kamu ingin tahu caranya, silahkan baca cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP berikut ini.

Foto yang tidak sengaja terhapus dihapus memang bisa membut kita pusing, apalagi foto tersebut merupakan sebuah moment yang tidak bisa diulang kembali.

Meskipun sudah terhapus, kamu tetap bisa mengembalikannya kok. HP zaman sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat memback up otomatis data yang terhapus.

Meskipun dapat dipulihkan sebelum 30 hari, namun terkadang kejadian berkas yang tak sengaja hilang permanen terkadang tak dapat dihindari.

cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP 2

Nah untuk mengatasi hal tersebut, Metodegames akan membagikan kepada kalian cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus secara permanen di HP. Beriku beberapa cara yang sudah kami rangkum berikut ini.

1. Melalui Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP adalah menggunakan aplikasi yang ada di internet. Caranya berikut ini.

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi pemulihan foto yang tersedia di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

Cari kata kunci “Pemulihan Foto” atau “Photo Recovery” dalam toko aplikasi tersebut. Kemudian, pilih aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan kamu.

Sebaiknya, pilih aplikasi yang memiliki penilaian dan rating yang baik dari pengguna sebelumnya, karena ini menkamukan kekamulan aplikasi tersebut.

Baca Juga:  Cara Menyadap WA Tanpa Brandcode

Setelah mengunduh aplikasi yang dipilih, buka dan jalankan aplikasinya sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Biasanya, aplikasi akan meminta izin akses ke penyimpanan HP kamu.

Hal ini diperlukan agar aplikasi dapat memindai dan mengembalikan foto yang terhapus. Pastikan untuk mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh aplikasi.

Ketika pemulihan foto selesai, gambar-gambar yang terhapus akan otomatis dikembalikan ke dalam folder galeri HP kamu. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua berkas yang terhapus mungkin bisa dipulihkan sepenuhnya.

Terkadang, hanya sebagian dari berkas-berkas tersebut yang dapat dipulihkan. Untuk memastikan foto yang berhasil dipulihkan, sebaiknya kamu memeriksa isi galeri atau folder yang bersangkutan.

2. Menggunakan Komputer

Cara berikutnya, kamu bisa mencoba untuk mengembalikan foto-foto ini dengan bantuan komputer atau laptop kamu. Di bawah ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya.

1. Persiapan Awal

Sebelum kamu mulai proses pemulihan foto, pastikan kamu telah menyiapkan USB atau kabel penghubung yang diperlukan untuk menghubungkan ponsel kamu ke komputer.

Selanjutnya, kamu perlu mengaktifkan opsi USB debugging di ponsel kamu. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan (Settings) pada ponsel kamu.
  2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Developer options” (Opsi Pengembang).
  3. Di dalam “Developer options,” cari dan aktifkan “USB debugging”.
  4. Aktivasi USB debugging sangat penting karena ini akan memungkinkan komputer kamu untuk berkomunikasi dengan ponsel kamu secara efektif selama proses pemulihan.

2. Instal Aplikasi Pemulihan Berkas

Selanjutnya, kamu perlu menginstal aplikasi pemulihan berkas (file recovery) pada perangkat komputer atau laptop kamu.

Terdapat berbagai aplikasi pemulihan yang tersedia di internet, seperti Dr.Fone, EaseUS MobiSaver, atau Wondershare Recoverit.

Pilih salah satu aplikasi yang kamu anggap paling cocok untuk kebutuhan kamu dan instal di komputer kamu.

Baca Juga:  Cara Agar HP Tidak Lemot dengan Mudah

3. Operasikan Aplikasi Pemulihan di Komputer

Setelah kamu berhasil menginstal aplikasi pemulihan berkas, saatnya untuk menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan foto yang terhapus:

  1. Sambungkan ponsel kamu ke komputer menggunakan kabel USB yang telah disiapkan.
  2. Buka aplikasi pemulihan berkas yang telah kamu instal di komputer.
  3. Aplikasi akan mendeteksi perangkat kamu dan memberi kamu pilihan untuk memulai pemulihan. Pilih opsi perangkat ponsel yang sesuai.

Aplikasi akan memulai proses pemindaian (scanning) pada ponsel kamu untuk mencari berkas yang terhapus. Proses ini mungkin memakan beberapa waktu tergantung pada jumlah dan ukuran berkas yang harus dipulihkan.

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar berkas yang dapat dipulihkan, termasuk foto-foto yang terhapus.

Kamu dapat memilih foto-foto yang ingin kamu pulihkan dan simpan kembali ke komputer kamu.

3. Melalui Google Photos

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus secara permanen di HP adalah menggunakan Google Photos.

cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP 3

Google Photos adalah aplikasi bawaan yang efektif dalam mencadangkan berkas media dan dapat menjadi solusi praktis untuk masalah ini.

Selain menyediakan cadangan yang aman, Google Photos juga memungkinkan kamu untuk menghemat ruang memori di ponsel kamu dengan cara yang sederhana.

Aplikasi ini tidak hanya mengelola foto, tetapi juga dapat menampung video dengan audio. Untuk mengembalikan foto yang terhapus, ikuti panduan berikut ini:

1. Unduh Google Photos

Pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal Google Photos pada ponsel kamu melalui Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah berhasil menginstal aplikasi, pastikan kamu masuk ke dalam akun Google kamu.

2. Navigasi ke Google Photos

Baca Juga:  Cara Dapat Saldo DANA Gratis

Buka aplikasi Google Photos di ponsel kamu. kamu akan melihat beberapa opsi di layar, termasuk “Photos” (Foto), “Search” (Cari), “Library” (Perpustakaan), dan lain-lain. Pilih “Library” atau “Perpustakaan” di bagian bawah layar.

3. Akses Folder “Trash”

Di dalam perpustakaan (Library), kamu akan menemukan berbagai folder dan opsi. Salah satunya adalah “Trash” atau “Tempat Sampah.” Klik pada folder ini untuk melihat semua foto dan video yang telah kamu hapus.

4. Pilih Foto yang Ingin Dikembalikan

Selanjutnya, tentukan foto dan/atau video yang ingin kamu kembalikan dari folder “Trash.” kamu dapat melihat daftar berkas yang tersedia dan memilih yang ingin dipulihkan.

5. Pulihkan Foto dan/atau Video

Setelah memilih berkas yang ingin dikembalikan, kamu akan menemukan opsi “Restore” atau “Pulihkan.” Klik opsi ini, dan Google Photos akan mengembalikan berkas tersebut ke galeri foto kamu.

Itulah penjelasan mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang ingin mengembalikan foto yang terhapus di HP.