Cara Mengembalikan HP ke Setelan Pabrik dengan Mudah

Apakah kamu ingin melakukan factory reset atau setelan pabrik? Apabila kamu ingin melakukan hal tersebut namun tidak tahu caranya, silahkan simak cara mengembalikan HP ke setelan pabrik sampai selesai.

Setelan pabrik atau factory reset merupakan istilah untuk mengembalikan settingan HP ke setelan awal. Hal ini menyebab data yang tersimpan di HP akan otomatis ikut terhapus.

Semua data tersebut seperti, video, foto, file penting, bahkan aplikasi yang kamu download akan ikut terhapus. Jadi Sebelum melakukan reset HP, pastikan untuk membackup semua data penting di HP.

cara mengembalikan HP ke setelan pabrik 2

Nah apabila kamu ingin melakukan factory reset, kali ini Metodegames akan membantu kamu bagaimana cara mengembalikan HP ke setelan pabrik berikut ini.

Cara Mengembalikan HP ke Setelan Pabrik

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan HP ke selesai pabrik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti:

Menggunakan Aplikasi Factory Reset

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan reset ulang adalah menggunakan aplikasi khusus factory reset. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Unduh Aplikasi Phone Factory Reset

Untuk memulai proses reset, pertama-tama, kunjungi tautan ini untuk mengunduh aplikasi Phone Factory Reset. Pastikan untuk mendapatkan aplikasi ini dari sumber yang terpercaya.

2. Instal dan Buka Aplikasi

Setelah berhasil diunduh, instal aplikasi tersebut di ponselmu. Setelah terpasang, buka aplikasi Phone Factory Reset.

3. Pilih Menu “Reset Phone”

Di dalam aplikasi, cari dan pilih menu yang bertuliskan “Reset Phone.” Langkah ini akan membuka proses reset pada ponsel Android.

Baca Juga:  Cara Melihat Pesanan di TikTok

4. Aktivasi Administrator

Tunggu beberapa saat hingga muncul permintaan pengaktifan Administrator. Berikan izin yang diperlukan agar aplikasi dapat melanjutkan proses reset.

5. Berikan Izin untuk Memformat Data

Aplikasi kemudian akan meminta izin untuk memformat data ponselmu. Pastikan untuk memberikan izin yang diperlukan agar proses reset dapat dilanjutkan.

6. Masuk ke Aplikasi Phone Factory Reset

Setelah memberikan izin, masuk ke dalam aplikasi Phone Factory Reset untuk melanjutkan proses reset.

7. Reboot Ponsel

Untuk memproses pemformatan data, ponsel perlu di-reboot. Lakukan restart pada perangkat Android kamu.

8. Tunggu Hingga Selesai

Setelah proses restart selesai, tunggu hingga seluruh proses reset selesai. Pada akhirnya, ponsel Android kamu akan kembali ke pengaturan pabrik.

Menggunakan Akun Google

Cara berikutnya, kamu bisa melakukan reset dengan mudah hanya menggunakan akun Google. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

1. Masuk ke Situs Android Find

Untuk memulai proses reset, akses situs android.com/find melalui perangkat apa pun, seperti komputer atau perangkat seluler lainnya. Selanjutnya, login menggunakan akun Google yang terkait dengan ponsel Android yang akan di-reset.

2. Pilih Opsi “Hapus”

Setelah berhasil login, kamu akan melihat beberapa opsi, seperti Putar Suara, Kunci, dan Hapus. Pilih opsi “Hapus” untuk memulai proses penghapusan data.

3. Proses Penghapusan Otomatis

Setelah memilih opsi “Hapus,” sistem akan secara otomatis menghapus semua data yang terkait dengan ponsel Android, kecuali data yang berada di penyimpanan kartu SD (jika ada). Pastikan untuk memahami bahwa proses ini akan menghapus semua data yang ada di ponsel.

4. Reboot HP

Setelah proses penghapusan selesai, ponsel Android akan memulai ulang. Setelah kembali aktif, kamu akan diminta untuk melakukan login kembali menggunakan akun Google yang terkait.

Baca Juga:  Cara Redeem Code ML dengan Mudah

Melalui Pengaturan

cara mengembalikan HP ke setelan pabrik 3

Proses terakhir untuk mereset HP adalah melalui pengaturan bawaan, sebuah metode yang umum dilakukan dan tidak memerlukan pengunduhan aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Menu Pengaturan

Mulai dengan mengakses menu pengaturan pada HP Android kamu. Kamu dapat melakukannya dengan cara menggulir layar toolbar di bagian atas dan masuk ke menu pengaturan.

2. Pilih Menu “Backup & Reset” atau “Cadangan & Setel Ulang”

Setelah berada di menu pengaturan, cari dan pilih opsi yang mungkin berlabel “Backup & Reset” atau “Cadangan & Setel Ulang”. Langkah ini membuka akses ke berbagai opsi terkait reset dan pengaturan ulang.

3. Klik “Factory Data Reset” atau “Hapus Isi yang Tersimpan”

Di dalam menu yang dipilih, cari dan pilih opsi “Factory Data Reset” atau “Hapus Isi yang Tersimpan”. Pilihan ini akan memulai proses reset pabrik pada HP kamu.

4. Tunggu Proses Selesai

Setelah memilih opsi reset, tunggu beberapa menit sampai proses reset HP selesai. Selama proses ini, semua data dan pengaturan yang ada pada perangkat akan dihapus.

5. Restart Otomatis

Setelah proses reset selesai, HP Android kamu akan secara otomatis melakukan restart. Saat perangkat hidup kembali, kamu akan menemukan bahwa HP berada dalam kondisi setelan pabrik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan HP ke setelan pabrik. Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang ingin melakukan reset ulang HP kesetelan ulang pabrik.